Pengembangan Multimedia Interaktif Subener (Sumber Energi) Pada Materi Sumber Energi Kelas IV SD

Dita Ayu Wardyaning Siwi, Sutrisno Sahari, Ilmawati Fahmi Imron

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN 2 Lirboyo guru tidak menggunakan media dan hanya menggunakan metode ceramah, sehingga dilakukan penelitian pengembangan media interaktif subener di kelas IV materi sumber energi. Tujuan penelitian untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan media subener. Model pada penelitian ini adalah model ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa angket  dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian 22 siswa kelas IV SDN 2 Lirboyo. Hasil penelitian pengembangan media subener yaitu: 1) media subener dinyatakan sangat valid dan sangat baik digunakan dengan presetase dari validasi media 92% dan 90% validasi materi; 2) media subener dinyatakan efektif dengan presentase ketuntasan belajar klasikal 80% ; 3) media subener dinyatakan praktis dengan presentase respon guru 90% dan respon siswa 92%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran subener pada materi sumber energi dapat digunakan untuk pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar.


Keywords


Sumber Energi; Multimedia Interaktif Subener; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Akbar, S . 2017. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Arsyad Azhari. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Sekolah Menengah dan Dasar. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan

Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

UU No. 20 tahun 2003 , Sistem Pendidikan Nasional pasal 3. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://luk.staff .ugm.ac.id. Diakses tanggal 15 Mei 2020

Arief S. Sadiman. dkk. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Sadiman , Arief S, dkk . 2007. Media Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Sugiono. 2010. Belajar & Pembelajaran. Kediri: Univ Nusantara PGRI

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta:Kata Pena

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandumg:Alfabeta

Ismawati, Esti. 2012. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Ombak.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Jakarta: Prenada Media Group

.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya