Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Blended Learning Berbasis Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19

Samsi Awal, Sudarwin Kamur, Dewi Novitasari

Abstract


Abstract. Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon siswa geografi kelas X IPS SMA Negeri 1 Wundulako di masa pandemi covid-19 merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan Kuisioner. Teknik pengambilan sampel secara random dengan jumlah sampel 73 responden yang terdiri dari siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Wundulako tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa geografi kelas X IPS SMA Negeri 1 Wundulako terhadap penerapan model pembelajaran blended learning dengan menggunakan platform google classroom di masa pandemi covid-19 ditinjau dari aspek atensi/ketertarikan, relevansi, kepercayaan diri dan kepuasan secara keseluruhan mendapat persentase berkategori positif. Ditinjau dari aspek atensi berkategori sangat positif dengan jumlah persentase 80,05%, aspek relevansi berkategori positif dengan jumlah persentase 68,15%, aspek kepercayaan diri berkategori positif dengan jumlah persentase 66,70%, dan aspek kepuasan berkategori positif dengan jumlah persentase 65,16 %. Dapat disimpulkan secara keseluruhan siswa SMA Negeri 1 Wundulako memberikan respon yang positif.

Keywords


Respon siswa, Blended Learning, Google classroom

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Vol. 5, No. 1, Hal. 64–70. (http://www.jipp.unram.ac.id,).

Amelia, Y., & Darussyamsu, R. 2020. Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online Matapelajaran Biologi Di Masa Pandemi Covid-19. Bioilmi, Vol 6, No. 2, hal. 86–93 (http://jurnal.radenfatah.ac.id., ).

Agustiani, M., Ningsih, S., & Muris, A. A. 2019. Respon Mahasiswa terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Blended Learning Melalui Edmodo di Universitas Baturaja. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.17, No. 2, hal. 108–119. (https://ejournal.upi.edu,).

Budiyono, F. 2020. Implementasi Blended Learning di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Diskusi Daring Tematik Nasional 2020, September, 9–12. (http://ejournal.kopertais4.or.id,).

Durahman. 2018. Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Multimedia Pembelajaran Bagi Guru Madrasah Pada Diklat Di Wilayah Kerja Kemenag Kabupaten Cianjur. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 7, No. 34, Hal. 215–221.(http://bdkbandung.kemenag.go.id,).

Ferdiansyah, H., N, Z., Yakub, R., & H, A. (2021). Penggunaan Model Blended Learning terhadap Hasil Belajar di masa Pandemi Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 329-334. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.2075

Handoko, & Waskito. 2019. Blended Learning : Konsep dan Penerapannya: Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK)

Kirna, I. M., Sudria, I. B. N., & Tegeh, I. M. 2015. Apa Respons Dan Harapan Siswa Sma Tentang Blended Learning?, Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 48, (Online), Vol. 1, No. 3, Hal. 15–26. (http://ejournal.undiksha.ac.id,).

Rachman, A., Sukrawan, Y., & Rohendi, D. 2019. Penerapan Model Blended Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Menggambar Objek 2 Dimensi. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 6, No. 2, Hal. 145–152. (http://ejournal.upi.edu).

Risnawati, & Thahir, M. 2020. Blended Learning Melalui Google Classroom : Studi Kasus Di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Milenial: Journal for Teachers and Learning, Vol. 1, No. 1, Hal. 17–24. (https://ejournal.anotero.org/index.php,).

Rosali, E. S. 2020. Aktivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE). Vol. 1, No. 1. (http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geosee/index).

Rusdiana, A., Sulhan, M., Zaenal, I., & Ahmad, A. U. 2020. Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19, (http://digilib.uinsgd.ac.id,).

Putri, W. D., & Wanto, D. 2020. Persepsi Orang Tua Terhadap Surat Edaran Kemendikbud Tentang Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid 19. AtTa’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. Vol.12, No.2, (http://ejournal.staindirundeg.ac.id).

Muis, A., & Bahri, A. 2018. Respon Guru dan Siswa SMA Terhadap Penggunaan Quipper School dalam Blended Learning pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Biology Teaching and Learning, Vol.1, No. 2, (http://ojs.unm.ac.id,).

Navastara, D. A., dkk. 2020. Pemanfaatan Platform Google Classroom untuk Pembelajaran Daring di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islamy, Bangkalan, Madura. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4, No. 3, Hal. 175–182. (http://iptek.its.ac.id,).

Novitasari, Y., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. 2018. Respons afektif pebelajar terhadap pemberian tugas pada pembelajaran blended learning. JKTP (jurnal kajian teknologi pendidikan), Vol. 1, No. 2, (http://jurnal2.um.ac.id,).

Nur, A.S. 2019. Google Classroom Kelebihan Kelemahan dan Cara Penggunaan, (https://annasafitri09.wordpress.com/2019/05/13/google-classroom-kelebihan-kelemahan-dan-cara-penggunaan/).

Setiawan, T. H., & Aden. 2020. Efektifitas Penerapan Blended Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), Vol. 3, No. 5, (http://journal.ikipsliwangi.ac.id,).

Siahaan, M. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah (Jki), No. 1, Vol. 1, Hal. 1–3. (http://ejurnal.ubharaja.ac.id,).

Sutrisna, D. 2018. Meningkatkan kemampuan literasi mahasiswa menggunakan google classroom. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 13, No. 2, Hal. 69–78. (http://joural.uniku.ac.id,).

Sandi, G. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 45, No. 3, Hal. 241–251. (http://ejournal.undiksha.ac.id,).

Wicaksono, V. D., Dan, & Rachmadyanti, P. 2016. Pembelajaran blended learning melalui google classroom di sekolah dasar. Prosiding Sendika, Vol. 5, No. 1, (http://publikasiilmiah.ums.ac.id,).




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.6649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya