Hubungan Pengetahuan Kognitif Siswa Tentang Ekologi Terhadap Ecological Footprint

Mahrawi Mahrawi, Usman Usman, Nonik Yuliana

Abstract


Abstract. This study aims to determine the relationship of students' cognitive knowledge about ecology to the Ecological Footprint. The research method used is descriptive research method, with a correlational research design. Test for normality, homogeneity and linearity before testing the hypothesis, by testing the hypothesis using the correlation coefficient, the coefficient of determination, and linear regression. The prerequisite test shows that the data are normal and homogeneous. Hypothesis testing using linear regression and simple correlation, with linear regression results obtained = 0.313-0.002, and correlation obtained a significance value of R (p-value) of 0.000, then reject Ho, so it has a significant correlation coefficient, with the value of r showing the number - 0.697. The coefficient of determination obtained is 0.486, which means that students' knowledge of ecological concepts contributes 48% to the Ecological Footprint. The results of this study conclude that there is a strong and negative relationship between students' cognitive knowledge about ecology and the Ecological Footprint.

 

Keywords : Ecological Footprint, Ecological material, Cognitive Knowledge

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan kognitif siswa tentang ekologi terhadap Ecological Footprint. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif, dengan desain penelitian korelasional. Dilakukan uji normalitas, homogenitas dan linieritas terlebih dahulu sebelum pengujian hipotesis, dengan uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan regresi linier. Uji prasyarat menunjukkan bahwa data normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier dan korelasi sederhana, dengan hasil regresi linier diperoleh = 0,313-0,002, dan korelasi diperoleh nilai signifikansi R (p-value) sebesar 0,000, maka tolak Ho, sehingga memiliki koefisien korelasi yang signifikan, dengan nilai r menunjukkan angka -0,697. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,486 yang berarti bahwa pengetahuan konsep ekologi siswa memberikan kontribusi sebesar 48% terhadap Jejak Ekologis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan bernilai negatif antara pengetahuan kognitif siswa tentang ekologi terhadap Ecological Footprint.

 

Kata Kunci : Jejak Ekologi, Materi Ekologi, Pengetahuan Kognitif


Keywords


Jejak Ekologi; Materi Ekologi; Pengetahuan Kognitif

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agnesa, T. (2016). Correlation Between Student’s Knowledge Of

Ecology Concepts With Ecological Footprint Based On Gender (

Correlation Study Toward Student Of 31 High School Jakarta).

IJEEM: Indonesian Journal of Environmental Education and

Management. 1 (1) : 93-100

Arikunto, S. (2012). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta:

Rineka Cipta.

Dhewantara. (2010). Analisis jejak karbon (Carbon Footprint)

Penggunaan Kendaraan Bermotor Oleh Siswa SMA (Studi Kasus

SMAN 4 Bandung). Tesis. Bandung : Universitas Padjadjaran.

Fauzan., Utomo, K, & Umar. (2017). Daur Ulang Grey water Untuk

Keperluan Siram WC Dan Urinal Pada Rumah Sakit Pendidikan

Universitas TanjungPura. Jurnal Teknologi Lingkungan Tanah

Basah. 5 (1) : 1-10

Gusti. (2017). The Effect Of Enviromental Personality And Gender On

Student Ecological Footprint : An Ex-Post Facto Study at the state

University Of Jakarta. IJEEM: Indonesian Journal of

Environmental Education and Management. 2 (1) : 44-67

Mahfudhi. (2014). Penanggulangan kemacetan dan kebutuhan alat

transportasi di kota Surabaya. Jurnal Paradigma. 2 (3) : 1-10

Mawardi. (2014). Air Dan Masa Depan Kehidupan. Jurnal Tarjih Dan

Pengembangan Pemikiran Islam. 1 (1). 132-142

Noer. (2016). Differences In Ecological Footprint Among Student

Based On Socio-Economic Background And Gender. IJEEM:

Indonesian Journal of Environmental Education and Management.

(1). 36-59

Putrawan. (2016). Pengaruh Kepribadian (Ekstrovert & Introvert )

Terhadap Water Footprint siswa sekolah Menengah Atas Di

Jakarta. Jurnal Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB).

(1) : 1-9

Pratiwi, G. I. (2015). Perilaku Konsumtif dan Bentuk Gaya Hidup

(Studi Fenomenologi pada Anggota Komunitas Motor Bike of

Kawasaki Riders Club (BKRC) Chapter Malang). Jurnal

Mahasiswa Sosiologi, 1(5).

Ruwaida. (2019). Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi :

Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fiqih.

(1): 51-76.

Ruzevicius, J. (2010). Ecological Footprint As An Indicator Of

Sustainable Development. Jurnal Economics An Management.

(1) : 711-718.

Saufika, A., Retnaningsih, A., & Alfiasari, A. (2012). Gaya Hidup dan

Kebiasaan Makan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Keluarga dan

Konsumen, 5(2), 157-165.

Setiawati. (2016). Peningkatan Kecerdasan Ekologis Peserta Didik

Dalam Bertransportasi Hemat BBM Melalui Pembelajaran IPS

Kontekstual. International Journal Pedagogy Of Social Studies.

(2) : 1-14

Sonu. (2011). Jejak Ekologis: Alat untuk mengukur pembangunan

berkelanjutan. Jurnal Internasional Ilmu Lingkungan . 2 (1) :

-144.

Suoth. (2018). Pola Konsumsi Air Pada Perumahan Teratur : Studi

Kasus Konsumsi Air Di Perumahan Griya Serpong Tangerang

Selatan. Jurnal Ecolab. 12 (2). 53-102

Miller. (2020). The Application of Ecological Footprint and Biocapacity

of Enviromental Carrying Assesment : A New Approach For

European Cities. 105 : 56-74.

Vivanti. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Siswa Tentang

Konsep-konsep Ekologi Dengan Ecological Footprint Di

Dasarkan Pada Gender. Jurnal Pendidikan Biologi.

(BIOSFERJPB). 9 (1). 40-46.

Wahidah, N. (2014). Pengaruh Perilaku Konsumtif Terhadap Gaya

Hidup Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip UNTAN. Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2).




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i2.6633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya