Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya Sekolah di SMPN 8 Teluk Keramat Kabupaten Sambas

Hendrik Gustiranda, Syamsuri Syamsuri, Shilmy Purnama

Abstract


Tujuan dari riset ini untuk menemukan permasalahan mengenai implementasi pendidikan karakter dalam budaya sekolah di SMPN 8 Teluk Keramat. Dipilih penelitian kualitatif sebagai bentuk penelitian dan metode deskriptif sebagai metodenya. Sebagai Informan Penelitian dari warga sekolah yakni kepala sekolah, guru dan para peserta didik. Teknik dalam mengumpulkan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam budaya sekolah dilakukan melalui berbagai macam kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Kegiatan rutin berupa: jumat bersih, upacara bendera, membaca Al Quran sebelum belajar, salat dzuhur berjamaah di mushola sekolah, dan berdoa sebelum dan sesudah belajar. Bentuk kegiatan spontan: memberikan bantuan sumbangan terhadap warga sekolah yang membutuhkan, razia kerapian rambut, dan razia handphone. Kegiatan keteladanan berupa: kerapian pakaian tenaga pendidik, dan kedisiplinan tenaga pendidik. Kegiatan pengkondisian berupa: slogan-slogan, ruang kelas bersih dan rapi, lingkungan sekolah yang bersih dan hijau, toilet peseta didik yang bersih, tempat sampah yang tersedia diseluruh lingkungan sekolah, dan keran air yang tersedia disetiap kelas dan penjuru sekolah. Dari keseluruhan kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian maka akan memunculkan integritas, nasionalisme, karakter religius, jiwa gotong royong dan sikap mandiri.

Keywords


Implementasi; Pendidikan Karakter; Budaya Sekolah

Full Text:

PDF

References


Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia. (2019, August 12). Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia. Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia.

Creswell, J. W. (2003). Research design Qualitative quantitative and mixed methods approaches. Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches. https://doi.org/10.3109/08941939.2012.723954

Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(2), 247–255.

Dodd, A. W. (1992). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. By Thomas Lickona. New York: Bantam Books, 1991. NASSP Bulletin, 76(545). https://doi.org/10.1177/019263659207654519

Erlanda, M., Sulistyarini, S., & Syamsuri, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMA Mujahidin Pontianak. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 310–318. https://doi.org/10.26618/EQUILIBRIUM.V9I3.5920

Flora, M. (2019, April 10). Kasus Pengeroyokan Audrey, dari Kronologi hingga Petisi. Liputan 6.

Freeks, F. E. (2015). The influence of role-players on the character-development and character-building of South African college students. South African Journal of Education, 35(3). https://doi.org/10.15700/saje.v35n3a1086

Indrawan, I., Suherman, & Wijoyo, H. (2020). Manajemen Pendidikan Karakter by Dr (C). Irjus Indrawan, S.Pd.I., M.Pd.I., Hadion Wijoyo, S.E.,S.H.,S.Sos.,S.Pd.,M.H.,M.M.,Ak.,CA.,QWP®, Dr. Suherman, S.Kom, M.M., Dr. I Made Arsa Wiguna, SST. Par., M (z-lib.org).

Isnaini, M. (2013). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH. AL-Ta Lim, 20(3), 445. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.41

Kemendikbud. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Kemendikbud.

Kemendiknas. (2018). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. In Jakarta:Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Mawardi, I., Dewi Shalikhah, N., & Baihaqi, A. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Islami Sekolah di MI Muhammadiyah Sidorejo Bandongan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1). https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.5673

Muhammad Nuh, dkk tim. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010. Buku Kementerian Pendidikan Nasional.

Peraturan Presiden Nomor 87. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter.

Rozak, A., & Sayuti, W. (2006). Remaja dan Bahaya Narkoba. Pranata Media Group.

Samani, M., & Haryanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT. REMAJA ROSDAKARYA.

Schein, E. (2017). Organizational Culture and Leadership Organizational Culture and Leadership. Wiley & Sons, Inc., Idd.

Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003. Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Syamsuri, S. (2019). Analisis Konsep Theory of Planned Behavior Terhadap Pembelajaran Wirausaha dan Pendidikan Ekonomi Keluarga Pelaku UMKM. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 101–113. https://doi.org/10.36706/jp.v6i2.9795

Wahono, M., Wahono, M., & Priyanto, A. S. (2018). Implementasi Budaya Sekolah Sebagai Wahana Pengembangan Karakter Pada Diri Siswa. Integralistik, 28(2). https://doi.org/10.15294/integralistik.v28i2.13723

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Экономика Региона.

Zulaikhah, S. (2019). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 BANDAR LAMPUNG. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1). https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3558




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya