Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab al-Syamail Muhammadiyah

Anita Aprilia, Samsul Azwar, Muhammad Zaid Adnan

Abstract


Artikel ini mencoba membahas tentang kepribadian Nabi saw sehari-hari yang dimana terkandung nilai-nilai moral baik yang bisa dicontoh oleh siapa pun. Misalnya bagaimana beliau mengajarkan hidup mandiri, sederhana dan peduli terhadap orang lain. Nilai-nilai moral tersebut diambilkan dari kitab yang begitu popular di kalangan umat Islam yaitu kitab al-Syamail Muhammadiyah Imam Tirmidzi Tujuannya adalah mengungkap hadis-hadis yang terdapat dalam kitab tersebut dari sudut pandang Pendidikan agar bisa menjadi acuan dalam mendidik generasi yang akan datang menjadi generasi yang lebih bermoral. Metode penelitian yang digunakan adalah memilih hadishadis yang disesuiakan dengan tema yang dirasa perlu untuk dibahas lalu kemudian dianalisis selanjutnya hasil Analisa tadi di deskripsikan.Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya pendidikan karakter bukanlah barang yang baru, karena di dalam sumbersumber ajaran Islam salah satunya al-Qur’an tidak sedikit kisah-kisah orang terdahulu yang menceminkan kepribadian yang baik yang patut dicontoh. Misi Nabi saw sebagai penyampai wahyu adalah menyempurnakan nilai-nilai moral yang rusak pada waktu itu.


Keywords


Pendidikan Karakter, Kitab Al-Syamail Muhammadiyah Tirmidzi, kepribadian Nabi.

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. a. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum .

Desmita. (2009 ). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja.

Eko, H. (2011). Character Buildding for Teens . Yogyakarta: Leutikaprio.

Fitri, A. Z. (2012). Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Be rbasis Nilai & Etika di Sekolah. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Gibbon, E. (1776). History of The Decline and Fall of the Roman Empirer.

Gunawan, I. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung Alfabeta.

Harta. (n.d.). Pengintegrasian Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMP/MTs.

Krippendorf, K. (2004). Content Analysis: an Introduction to Its Methodology. London: Sage Publications.

Lickona. (1996). Eleven Priciples of Effective Character Education. Journal of Moral Education , 93-100.

Malik, H. L. (2008). Pendidikan Anak SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. ejournal.unib.ac.id .

Saurah, A. I. (1986). al-Syamail al-Muhammadiyah . Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan KarakterJurnal Pendidikan Karakter . https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316 .

Sweet, E. D. (n.d.). How to do Character Education.

Tanjung, I. (2017). Pemberian Hadiah Kepada Pegawai: Tinjauan Hukum Islam dan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 . AT-TAFAHUM: Journal of Islamic Law , 72–85.

Wardani, K. ( 2010). Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan KI Hadjar Dewantara. ”proceedings of the 4th international conference on teacher education; join conference UPI & UPSI BANDUNG .

Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Prespektif. Yogyakarta: UNY Press.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya