Resistensi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi

Saidang Saidang, Shermina Oruh, Andi Agustang

Abstract


Pandemi covid-19 telah mengubah struktur dan fungsi masyarakat secara besar-besaran. Pembelajaran yang berlangsung di sekolah atau perguruan tinggi yang sudah terbiasa dengan pola pembelajaran tatap muka langsung. Penggunaan media online berbasis internet bahkan dicurigai membawa masalah, justru pada masa pandemi banyak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk-bentuk resistensi mahasiswa terhadap pembelajaran pada masa pandemi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus daerah Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran online selama masa pandemi melahirkan sikap resisten di kalangan mahasiswa.Resistensi yang ditunjukkan dengan menunjukkan atau mengikuti kuliah online dengan mengajak lainnya untuk tidak mengikuti perkuliahan. Sedangkan resistensi tertutup dengan cara diam-diam yakni dengan tidak melibatkan orang lain mengikuti tindakannya yang menyimpang. Beberapa faktor yang mempengaruhi resistensi mahasiswa tersebut antara lain karena faktor ekonomi, faktor alam (geografi) dan faktor kemampuan mengakses jaringan internet.


Keywords


Resistensi; Pembelajaran Online; Masa Pandemi

Full Text:

PDF

References


Agus Susilo, F. (2013). Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran. MATHEdunesa, 2(1).

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

David, L. E. V., Matulessy, A., & Pratikto, H. (2014). Pola Asuh Demokratis, Kemandirian dan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 65–70. https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.370

Dharma, F. A. (2018). konstruksi realitas sosial.pdf. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1). https://doi.org/10.21070/kanal.v%vi%i.3024

Fanani, Q., & Jainurakhma, J. (2020). kemampuan penyesuaian diri mahasiswa.pdf. Jurnal KomtekInfo, 7(4), 285.

Febriani, A. (2021). Proses Komunikas I Informatif Antara Dosen Dan Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19 Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah. Skripsi.

Fitriasari, A., Septianingrum, Y., & Budury, S. (2020). Stres Pembelajaran Online Berhubungan Dengan Strategi Koping Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 12(4), 985–992.

Hajiah, & Amri, A. (2018). Pola Interaksi Sosial Mahasiswa Luar Aceh dan Mahasiswa Aceh di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 3(1). http://www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP/article/view/6170/2748

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. WACANA, 18(2), 225–233.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Iskandar, A. M., Zainuddin, R., Makassar, U. M., & Bosowa, U. (2019). Interaksi dan Komunikasi Dosen dan Mahasiswa dalam Proses Pendidikan. Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 5(1).

Komang, N., & Astini, S. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. 3(2), 241–255.

Lamanepa, A., Budjang, G., & Salim, I. (2016). Interaksi Sosial Antar Mahasiswi Asrama Putri Kabupaten Kapuas Hulu di Kota Pontianak. Jurnal Penddikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7), 1–13.

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15983/13927

Maisaroh, S., & Ali, M. (2021). Culture Shock Dosen Bahasa Arab di Masa Pandemi Covid-19. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 19(2), 5–24.

Maulana, H. A., & Iswari, R. D. (2020). Analisis Tingkat Stres Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Statistik Bisnis Di Pendidikan Vokasi. Khazanah Pendidikan, 14(1), 17–30. https://doi.org/10.30595/jkp.v14i1.8479

Mitchell, B., May, I., & Geva. (2009). Attitudes student.pdf. JOURNAL OF DIST ANCE EDUCA TION REVUE DE L ’ÉDUCA TION À DIST AN, 23(1), 71–88.

http://www.ijede.ca/index.php/jde/article/view/43/825

Mulawarman, W. G. (2020). Persoalan Dosen dan Mahasiswa Masa Pandemik Covid 19: Dari Gagap Teknologi Hingga Mengeluh Boros Paket Data. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 37–46.

http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/6

Muttaqin, M., Idris, U., KFrank, S., Ilham, I., Akhmad, A., & Tibul, S. (2021). Cultural Shock of College Students on Facing Online Learning System During Pandemic Covid-19 in Papua. March 2020. https://doi.org/10.4108/eai.25-11-2020.2306700

Palinggi, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Mahasiswa PGSD di Universitas Kristen Indonesia Toraja Selama. SEMINAR NASIONAL : Kualitas Sumberdaya Manusia (KUSUMA).

Poloma, M. M. (2003). Sosiologi Kontemporer. PT. Raja Grafindo Perkasa.

Rijal, S. (2021). Nuansa Edukasi Islami Interaksi Sosial Dosen Dan Mahasiswa. Journal of Education Science, 6(2). http://jurnal.uui.ac.id/index.php/jes/article/view/1166

Savira, L. A., Setiawati, O. R., Husna, I., & Pramesti, W. (2021). Hubungan Stres dengan Motivasi Belajar Mahasiswa disaat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 183–188. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i1.577

Scott, J. C. (2020). Senjatanya orang-orang yang kalah bentuk-bentuk perlawanan sehari-hari kaum tani. Yayasan Obor Indonesia.

Setiani, H. dkk. (2021). Faktor Penghambat Maharah.

Simatupang, N., Sitohang, S., Situmorang, A., & Simatupang, I. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203.

Sri kuning, D. (2021). Culture Shock: Online Learning in the Covid-19 Pandemic Phase. Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 55–62

https://doi.org/10.35912/jahidik.v1i1.357

Tangkudung, J. P. M. (2014). Proses Adaptasi Menurut Jenis Kelamin dalam Menunjang Studi Mahasiswa FISIP UNSRAT. Acta Diurna, III(4), 1–11.

Trisnawati, R., Noormawanti, & Sarbini. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Pengaruh Media Sosial (Studi Kasus SMP Negeri 1 Bumi Ratu Nuban). PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 1(2). https://www.scholar.ummetro.ac.id/index.php/profetik/article/view/1490/639

Tsabar, B. (2014). Resistance and imperfection as educational work: Going against the “harmony” of individualistic ideology. Other Education: The Journal of Educational Alternatives, 3(1), 23–40.

Wiley, D., & Hilton III, J. L. (2018). International Review of Research in Open and Distributed Learning. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 32(3), 83–93.

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 286. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya