Pengembangan Kecerdasan Emosional Melalui Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar

Putri Surya Damayanti, Angga Putra, Ija Srirahmawati

Abstract


Abstrak . Pelaksanaan pendidikan selama ini hanya berfokus pada aspek koginitif peserta didik, sedangkan kecerdasan emosional peserta didik tidak berkembang dengan baik yang berimplikasi terhadap degradasi moral peserta didik. Kecerdasan emosional yaitu kemampuan peserta didik dalam mengelola emosi yang dimiliki sehingga mengarahkan peserta didik dan berprilaku dengan tepat sesuai dengan kondisi yang dialami. Terdapat beberapa ASPEK Kecerdasan emosional diantaranya mengenali Emosi Diri, menglola Emosi, memotivasi Diri Sendiri, Mengenal Emosi Orang Lain (empati) Dan membina Hubungan. Kecerdasan emosional penting untuk di pupuk dan dikembangkan pada peserta didik di sekolah dasar karena pada usia sekolah dasar emosi anak mudah dibentuk. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik adalah dengan menerapkan pendidkan karakter. Dengan pendid i kan karakter peserta didik di sekolah dasar akan cerdas emosi, terbentuk karakter serta hasil belajarakan semakin meningkat.

 

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Pendidikan Karakter


Keywords


Kecerdasan Emosional1; Pendidikan Karakter2.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bariyyah, K & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Jenjang Kelas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 4 (2). 68-75. Goleman, Daniel. 1995. Emotional Intelligence. New York: Bantam Books.

Goleman, D. (2007). Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting Dari IQ. Alih Bahasa: T Hermaya. Jakarta: PT Gramedia Pustakautama.

Indaayu, P. (2017). Peran Pendidikan Karakter Dalam Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. 1 (1). 344-347.

Indriawati, P. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan. Jurnal Pendidikan Edutama. 5 (2). 1- 9.

Kemko Kesra RI. (2010). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta.

Khodijah, Nyanyu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniawan, Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Arruzmedia

Labudasari, E. & Sriastria, W. (2020). Perkembangan Emosi Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Lawrence, R. L. (2017). Understanding Collaborative Leadership in Theory and Pratice. In adult Learning Through Collaborative Leardership (pp.89-96). Wiley Online Library. https://doi.org/10.1002/ace.20262

Lestari, P. (2021). Tingkat Kecerdasan Emosi Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Konseling Koperhensif. 6 (1). 11-20.

Muslich, Masnur. (2014). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Primasari, G, at el. (2019). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Ramdhanti, M. (2019). Pembentukan Karakter Dalam Pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time). Jurnal Educate. 4 (1). 10-17.

Shapiro, Lawrence E. (1997). Menagajarkan Emotional Intellegence Pada Anak (Alih Bahasa Alex Tri Kantjono). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sumantri, S. M. (2015). Pengantar Pendidikan. Hakikat Manusia Dan Pendidikan. MKDK4001/MODUL 1.

Utami, W. S. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan. 4 (1). 63-66.

Zulaikah, S. (2019). Penguatan Pendidikan Pendidikan Agama Islam Di SMPN 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. 10 (1). 83- 93.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya