Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Moral Anak Katolik Pada Era Pandemi Covid-19 di Kota Malang

Lorentius Goa

Abstract


Pendidikan moral menjadi salah satu elemen penting dalam pendidikan di era digital 4.0. tanpa pendidikan moral yang memadai. Anak-anak akan menjadi korban dari kemajuan teknologi informasi yang semakin cepat dan canggih. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, apa peran orang tua dalam pendidikan anak pada masa pandemi covid-19? Selain itu diungkap juga apakah orang tua sudah menjalankan peran tersebut dengan baik atau tidak? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner tertutup kepada 100 orang tua yang memiliki anak-anak yang menempuh pendidikan sekolah dasar di Kota Malang, Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan selama tiga bulan di awal tahun 2021. Pendidikan moral yang dimaksud di dalam penelitian mencakup enam indikator; seksualitas, solidaritas, kemajemukan, keadilan, kejujuran dan cinta lingkungan. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa orang tua di Kota Malang, Jawa Timur memiliki peran dalam pendidikan moral anak. Selain itu para orang tua juga sudah menjalankan peran dalam pendidikan moral dengan baik.

Keywords


Covid-19; pendidikan moral Katolik; seksualitas; kejujuran; cinta lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Adriansyah, M. A., Sofia, L., & Rifayanti, R. (2016). Pengaruh Pelatihan Pendidikan Lingkungan Hidup Terhadap Sikap Peduli Anak Akan Kelestarian Lingkungan. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 5(2), 86–106. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v5i2.2281

Apriati, Y., Azkia, L., & Alfisyah, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kepedulian Siswa MIN 5 Barito Kuala Terhadap Lingkungan Hidup Melalui Edukasi Lingkungan. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 152. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i2.3381

Arum, G. A. (2019). Konsep Keadilan (Iustitia) Perspektif St. Thomas Aquinas Dan Relevansinya Bagi Pemaknaan Sila V Pancasila. Lumen Veritatis: Jurnal Filsafat Dan Teologi, 10(1), 23–44. https://doi.org/10.30822/lumenveritatis.v10i1.207

Ashaari, N. N. S. B. H., Sumadi, S. N. B., Salleh, N. A. B., NIsmail, aziera I. B., Adenan, N. A. H. B., & Husin, M. R. Bin. (2019). Masalah Pergaulan Bebas dalam Kalangan Remaja Sekolah. International Journal of Humanities, Management and Social Science, 2(1), 38–50. https://doi.org/10.36079/lamintang.ij-humass-0201.21

Beck, M. J., & Hensher, D. A. (2021). Australia 6 months after COVID-19 restrictions- part 1: Changes to travel activity and attitude to measures. Transport Policy, June. https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2021.06.006

Bracis, C., Burns, E., Moore, M., Swan, D., Reeves, D. B., Schiffer, J. T., & Dimitrov, D. (2021). Widespread testing, case isolation and contact tracing may allow safe school reopening with continued moderate physical distancing: A modeling analysis of King County, WA data. Infectious Disease Modelling, 6, 24–35. https://doi.org/10.1016/j.idm.2020.11.003

Chang, T.-Y., Hsu, M.-L., Kwon, J.-S., Kusdhany, M. L. S., & Hong, G. (2021). Effect of online learning for dental education in asia during the pandemic of COVID-19. Journal of Dental Sciences, xxxx. https://doi.org/10.1016/j.jds.2021.06.006

Cleopatra, M., Sahrazad, S., & Wulansari, L. (2020). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mencegah Berita “Hoax” Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 100–103. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983

Derung, T. (2019). Pastoral Yang Mengembangkan Persaudaraan Insani Ditinjau Dari Sosiologis. 48–59.

Diana, R. (2019). Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang tua terhadap Anak di Era Revolusi Industri 4.0. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(1), 27–39. https://doi.org/10.34307/b.v2i1.79

Fadlan, A., & Kasmadi, N. (2019). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembinaan Moral Anak Usia Dini. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 37. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.55

Fahruni, E. F., & Wiryosutomo, H. W. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Malas Belajar Daring Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Jurnal BK UNESA, 12(2), 22–36. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/36431

Farantika, D., & Indrawati, D. (2021). Sistem Pembelajaran Dari Rumah Melalui Model Daring TK Al Muhajirin Kota Malang Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 5(1), 128. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v5i1.326

Hidayaturrahman, M., & Husamah, H. (2021). Participation in building human resources: Independent strategies for facing a demographic expansion in a remote island. In Ashadi, J. Priyana, & Basikin (Eds.), Teacher Education and Professional Development in Industry 4.0 (pp. 141–150). CRC Press. https://doi.org/10.1201/9781003035978-22

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Jogezai, N. A., Baloch, F. A., Jaffar, M., Shah, T., Khilji, G. K., & Bashir, S. (2021). Teachers’ attitudes towards social media (SM) use in online learning amid the COVID-19 pandemic: the effects of SM use by teachers and religious scholars during physical distancing. Heliyon, 7(4), e06781. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06781

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Kirsch, C., Engel de Abreu, P. M. J., Neumann, S., & Wealer, C. (2021). Practices and experiences of distant education during the COVID-19 pandemic: The perspectives of six- to sixteen-year-olds from three high-income countries. International Journal of Educational Research Open, 2–2(April), 100049. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2021.100049

Kurniati, E., Alfaeni, N. D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Lidiawati, K. R., Simanjuntak, E. J., & Dewi, W. P. (2020). Psikoedukasi Pendidikan Seksualitas: “Love, Sex And Dating” Pada Remaja. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 440–445. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.1004

Lutfi, L., & Suryati, S. (2019). Pendidikan Kesehatan Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang Seksualitas. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 6(3). https://doi.org/10.35842/jkry.v6i3.394

Mansur, & Bare, Y. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 84–89. https://doi.org/10.29405/j.bes/3284-893298

Moa, A. (2013). Tugas perutusan keluarga kristen dalam pendidikan moral anak menurut amanat apostolik familiaris consortio. Logos, Jurnal Filsafat-Teologi, 10(2), 31–50. http://www.ejournal.ust.ac.id/index.php/LOGOS/article/view/877

Mogaji, E. (2020). Impact of COVID-19 on transportation in Lagos, Nigeria. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 6, 100154. https://doi.org/10.1016/j.trip.2020.100154

Nguyen, M. H., Hargittai, E., & Marler, W. (2021). Digital inequality in communication during a time of physical distancing: The case of COVID-19. Computers in Human Behavior, 120, 106717. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106717

Noti, F. B., & Darmawan, I. P. A. (2016). Identitas kristen dan peran pendidikan agama kristen di tengah kemajemukan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen, April, 68–73. https://semnas.sttsimpson.ac.id/index.php/SNPK/article/view/9

Portegijs, E., Keskinen, K. E., Tuomola, E. M., Hinrichs, T., Saajanaho, M., & Rantanen, T. (2021). Older adults’ activity destinations before and during COVID-19 restrictions: From a variety of activities to mostly physical exercise close to home. Health and Place, 68, 102533. https://doi.org/10.1016/j.healthplace.2021.102533

Purnama, S., Ulfah, M., Machali, I., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2021). Does Digital Literacy Influence Students’ Online Risk? Evidence from Covid-19. Heliyon, 7(June), e07406. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07406

Putri, E. R. (2021). EFL teachers’ challenges for online learning in rural areas. Teflin Nasional Seminar, 402–409. http://utns.proceedings.id/index.php/utns/article/view/133/119

Putri, R. S., Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Wijayanti, L. M., & Hyun, C. C. (2020). Impact of the COVID-19 pandemic on online home learning: An explorative study of primary schools in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 4809–4818. http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/13867/7119

Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2020). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang pada Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 61–67. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/81

Rekret, P. (2018). The posthumanist tabula rasa. Research in Education, 101(1), 25–29. https://doi.org/10.1177/0034523718792162

Rifai, R. (2019). Upaya Meningkatkan Sikap Solidaritas dan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Grafis “Monas Mama.” DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 3(2), 212–222. https://doi.org/10.30648/dun.v3i2.196

Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Jurnal Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203

Saidang, S., & Suparman, S. (2019). Pola Pembentukan Solidaritas Sosial dalam Kelompok Sosial Antara Pelajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 122–126. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.140

Sari, T. T. (2020). Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga Dalam Keberhasilan Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 4(2), 127–136. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.346

Savitri, G. A., Kholis, N., & Zunaidah, A. (2019). Pola Interaksi Orang Tua dan Anak di Perkotaan Dalam Menghadapi Dampak Negatif Penggunaan Gadget. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(1), 15–20. https://doi.org/10.33319/sos.v20i1.17

Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). Covid-19 Pandemic: the Influence of Full-Online Learning for Elementary School in Rural Areas. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 114–123. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v6i2.8400.g5942

Shofiyah. (2020). Dampak Media Sosial dan Pornografi Terhadap Perilaku Seks Bebas Anak di Bawah Umur. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 57–68. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/download/503/373/

Sinulingga, S. P. (2016). Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak Di Indonesia. Jurnal Filsafat, 26(2), 214. https://doi.org/10.22146/jf.12784

Siron, Y., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2020). Factors Affecting the Adoption of E-Learning in Indonesia: Lesson From Covid-19. Journal of Technology and Science Education, 10(2), 282--295-. https://doi.org/10.3926/jotse.1025

Sugiharto, A. (2020). Keselamatan Eksklusif dalam Yesus di Tengah Kemajemukan Beragama. Angelion Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 98–112. https://doi.org/https://doi.org/10.38189/jan.v1i2.66

Tanggur, F. S., & Nitte, Y. M. (2019). Praktik Pendidikan Agama Pada Siswa-Siswi Non Katolik Di Sekolah Dasar Katolik Se-Kota Kupang. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(2), 179–316. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/162

Tanjung, A. W., Ellesia, N., Budiharjo, I. S., & Hanis, U. (2020). Meningkatkan Rasa Persaudaraan Dan Solidaritas Pertemanan Antar Siswa Untuk Menghindari Bullying. Dedikasi Pkm, 1(1), 111. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6064

Ummah, S., Mansur, R., & Setiawan, E. (2021). Storytelling melalui daring terhadap kemampuan kognitif anak usia dini di kelompok bermain (kb) nanda ceria bocek karangploso kabupaten malang. Dewantara, 3(1), 20–34. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Wulandari, S. P., Umayaroh, S., & Mahanani, P. (2021). Analisis Dampak Negatif Penggunaan Smartphone pada Pembelajaran Daring Ditinjau dari Perilaku Anak Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 456–464. https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p456-464

Yafie, E. (2017). Pendidikan seksual anak usia dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and EducationResearch and Education), 4(2), 18–30. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/956

Yang, J. (2020). Major Power Relations in a Post-Pandemic World Order. China Quarterly of International Strategic Studies, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.1142/S2377740020500074

Zaluchu, S. (2017). Penderitaan Kristus Sebagai Wujud Solidaritas Allah Kepada Manusia. DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 61–74. https://doi.org/10.30648/dun.v2i1.129




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya