Nilai-Nilai Feminisme Guru Taman Kanak-Kanak

Nursalam Nursalam, syarifuddin Syarifuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat terhadap nilai-nilai feminisme yang dimiliki guru taman kanak-kanak di Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara dan bagaimana proses penanam nilai-nilai yang dilakukan guru Taman Kanak-Kanak terhadap peserta didiknya. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dengan penelitian ini diharapkan dapat mengungkap berbagai informasi kualitatif dengan deskripsi-analisis yang teliti dan penuh makna, yang juga tidak menolak informasi kuantitatif dalam bentuk angka maupun jumlah. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Karena permasalahan dan fokus penelitian sudah ditentukan dalam proposal sebelum terjun ke lapangan, maka jenis strategi penelitian ini secara lebih spesifik dapat disebut sebagai studi kasus terpancang (embedded case study research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai feminisme telah memperbaiki posisi perempuan dalam masyarakat dan pemberian hak perempun. Pandangan setiap masyarakata terhadap sosok seorang guru akan berbedah-bedah tegantung darimana kita mengambil sudut pandang. Dengan sifat-sifat kewanitaan dan keibuannya seorang guru taman kanak-kanak mampu membentuk karakter anak didiknya, mengembangkan keterampilan dasar dan dasar-dasar pemahaman dalam semua bidang mampu memenejemen kelas. Dalam proses penanaman nilai-nilai pada anak, pendidikan moral disisipkan secara terstruktur dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan kuantitas dan kualitas pembelajaran yang dilaksanakannya.

 

Kata Kunci: Nilai, Feminisme, Guru


References


Bachri, Bachtiar S. (2010). “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif”. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.10 No.1. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Dimyanti & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Echols, John M. dan Hassan Shadily (1983). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta:

Eviota, Elizabeth, (1992). The Political Economy of Gender. London: Zed Books, Ltd.

Fakih, Mansour, (1996). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar..

Garis-garis Besar Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-Kanak (1994). Jakarta. Depdiknas.

Gettwicki, Carol. (2007). Developmentally Appropriate Practice: Curriculum and Development in

Gramedia. Cet. XII.

Gutama,dkk. (2005). Mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang Holistik. Seminar dan Lokakarya Nasional 2005 PendidikanAnakUsiaDini, kampus UGM 14-16 Nopember 2005.

Gutama. (2002). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas: direktorial Pendidikan Luar Sekolah

Haryanto, Sindung. (2012). Spektrum Teori Sosial dari Klasik hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Heraty, Toeti Noerhadi, (2002). “Perihal Rekayasa dan Bias Gender”. Dalam

Jalal, Fasli. 2004. Potret Pengasuhan, Pendidikan dan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Forum Padu.

Jamaris, Martini. (2005). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia TK. Jakarta: Grasindo.

Kamalfachri, “Teori Behaviorisme” ,dalam Website file:///H:/Teori behaviorisme dan permasalahn/Kamalfachri. Weblog.htm, data diakses pada tanggal 2 Juni 2011.

Latief, Dochak, (2006), Etika Bisnis: Antara Norma dan Realitas, Muhammadiyah Universitas Press, Surakarta.

Lutfian, Alvi, (2004). “Perupa Perempuan Yogyakarta Tinjauan Dalam Perspektif Gender”. Dalam EKSPRESI Seni dan Perempuan Jurnal ISI Yogyakarta.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori, (2010). Judul : Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Dididik). Penerbit PT Bumi Aksara : Jakarta.

Moleong, Lexy J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mosse,Julia Cleves. (2007). Gender & Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Quraisy, H., & Nawir, M. (2015). Kesetaraan Gender Pegawai Dinas Pertanian. equilibrium, 3(1), 77-86.

Sugihastuti & Suharto. (2002). Kritik Sastra Feminis : Teori dan Aplikasinya Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti, B.M, (2000). “Penelitian Tentang Perempuan Dari Pandangan Androsentris ke Perspektif Gender”. Dalam EKSPRESI Dari Bias lelaki menuju Kesetaraan Gender Jurnal ISI Yogyakarta.

Vioranova.blogspot.com 2013

Whelehan, Imelda, (1993), Modern Feminist Thought: From the Secondwaveton “Post Modernism”. New York: New York University Press




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya