Profesionalisme Guru Pascasertifikasi

Andi Sukri Syamsuri, Nurdin Nurdin

Abstract


Penelitian tentang Profesionalisme Guru Pascasertifikasi di Masyarakat Kabupaten Pinrang. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh sertifikasi profesionalisme guru terhadap kinerja pascasertifikasi di masyarakat Kabupaten Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sertifikasi profesionalisme guru terhadap kinerja pascasertifikasi di masyarakat Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data digunakan dengan cara observasi, wawancara mendalam, teknik dokumentasi dari hasil foto. Dan yang menjadi sasaran penelitian adalah masyarakat  yang benar-benar di anggap telah mengikuti program sertifikasi guru. Responden di pilih langsung oleh peneliti melalui teknik purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru sebelum sertifikasi belum begitu maksimal dalam membuat perangkat pembelajaran yaitu Silabus dan RPP, ketika mengajar para guru masih menggunakan metode ceramah, belum menggunakan media pembelajaran dan strategi pembelajaran, sehingga kurang inovasi kreatifitas mengembangkan pembelajaran karena hanya terpaku pada metode, strategi dan media yang sudah sering di lakukan. Tetapi setalah sertifikasi kinerja guru dikatakan meningkat karena dapat dilihat bahwa para guru membuat Silabus dan RPP secara mandiri, menggunakan strategi dalam metode pembelajaran ketika proses belajar mengajar, menggunakan metode pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang dimiliki serta dapat meningkatkan kesejahteraan para guru karena adanya tunjangan profesi tersebut.

 

Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Pascasertifikasi


References


Danim, Sudarwan. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Djamarah, S. B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif ( Teori dan Praktik dalam Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: AV Publisher

Gunawan Iman. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Hasanah, Nur. Makalah Teori David Mcclelland, (Online). Dari Http://izulblogs. blogspot.com/2010/04/teori-motivasi-kebutuhan-david-mcclelland. html ( Diakses : 10 April 2015, Pukul: 20.15 WITA )

Muslich, Mansur. (2007). Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nur, Hidayath, Irfan. (2013). Profesionlisme Guru Pai Pasca Sertifiksi. (Online). Dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24276/1/Irfan%20Nur%20Hidayat.pdf. ( Diakses 19 April 2015, Pukul: 10.35 WITA )

Payong, Marselus, R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta: PT Ideks.

Peraturan Pemerintah Republik Idonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Saondi, Ondi. & Aris Suherman. (2012). Etika Profesi Keguruan. Bandung: PT Refika Aditama

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta CV.

Suyanto & Asep Djihad. (2012). Bagaimana Menjadi Calon Guru da Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Tim Penyusun FKIP Unismuh. (2013). Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press Unismuh Makassar

Undang – Undang Republik Indoesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang – Undang Rebublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasioanal.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya