Implementasi Pendidikan Kewanitaan di Perguruan Tinggi Pesantren

Ach. Nurholis Majid

Abstract


Problematics of high pregnancy before marriage, abortion case, and divorce in Indonesia, showing that education has not implicated positive for woman character. However, woman is a key of genesis superior prospective in the future. This thing is also realized by Islamic boarding school based on religion dogmas interrelated education for woman. This article examine deeply about concept and implementation of woman education in the tertiary educational institution of Islamic boarding school. Data in this research are collected by method of participant observation, interview and documentation. Then those data are reduced, provided as conceptual to be taken the conclusion. Result of research indicated that woman education in the tertiary educational institution of Islamic boarding school included by three elements: regulation, actor and feedback. This woman education is being on expression values Islamic, Tarbawi and Ma’hadi. By purpose producing Muslim woman who are salihah, qanitah, hafidzah linafsiha, raiyah fi baiti zaujiha, murabbiyah liawladiha dan qa’idah liqaumiha.


Keywords


Woman Education, Woman Character, Tertiary Educational Institution of Islamic Boarding Scho

Full Text:

PDF

References


Abdulmannan, Ukasyah. 1998. Wanita Mengapa Merosot Akhlaknya. Jakarta: Gema Insani Press.

Algifahmy, Ayu Faiza. 2018. “KONSEP PENDIDIKAN PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF KIAI HAJI AHMAD DAHLAN.” 10.

Alparizi, Patur, and Ach. Nurholis Majid. 2021. “PENDIDIKAN EMANSIPATORIS DALAM PERSPEKTIF PAULO FREIRE DAN MUHAMMAD ABDUH.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(9):1885–96. doi: 10.47492/jip.v1i9.352.

Anon. 2018. “Pengertian Pendidikan dan Makna Pendidikan Menurut Para Ahli.” SILABUS. Retrieved September 17, 2020 (https://www.silabus.web.id/pengertian-pendidikan-dan-makna-pendidikan/).

Anon. n.d. “KESEHATAN REPRODUKSI DAN NIKAH DINI.” Retrieved September 17, 2020a (https://www.bkkbn.go.id/detailpost/kesehatan-reproduksi-dan-nikah-dini).

Anon. n.d. “Tekan Angka Hamil Di Luar Nikah Tak Dengan Kondom, Efektifkah?” Retrieved September 16, 2020b (http://blokbojonegoro.com/2020/01/14/tekan-angka-hamil-di-luar-nikah-tak-dengan-kondom-efektifkah/).

Anon. n.d. “Video Panas Gadis Madura Berzina 10 Kali Dengan Pacar Disebar Di Grup WhatsApp, Ini Kronologinya - Surya.” Retrieved September 16, 2020c (https://surabaya.tribunnews.com/2020/03/27/video-panas-gadis-madura-berzina-10-kali-dengan-pacar-disebar-di-grup-whatsapp-ini-kronologinya).

Asmaniyah. 2021a. “Implementasi Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”

Asmaniyah. 2021b. “Konsep Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”

Bagian Akademik. 2021. “Materi-Materi Kuliyah Pagi.”

Hasanah, Uswatun. 2021a. “Implementasi Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”

Hasanah, Uswatun. 2021b. “Konsep Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”

Jayani, Dwi Hadya. n.d. “Ramai RUU Ketahanan Keluarga, Berapa Angka Perceraian di Indonesia? | Databoks.” Retrieved September 16, 2020 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/20/ramai-ruu-ketahanan-keluarga-berapa-angka-perceraian-di-indonesia).

Ma’had Al-Amien. 2021. “Data Peraturan-Peraturan Tertulis.”

Mahfud, Mahfud. 2018. “DILEMATIS TENTANG PENDIDIKAN PEREMPUAN (KONSEP KESETARAAN GENDER).” Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam 3(1). doi: 10.24235/tarbawi.v3i1.2860.

Muri’ah, Siti. 2011. Nilai-Nilai Pendidikan Islam & Wanita Karir. Semarang: RaSAIL Media Group.

Muthoifin, Muthoifin, Mohamad Ali, and Nur Wachidah. 2017. “PEMIKIRAN RADEN AJENG KARTINI TENTANG PENDIDIKAN PEREMPUAN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM.” Profetika: Jurnal Studi Islam 18(1):36. doi: 10.23917/profetika.v18i1.6299.

Putra, Ary Antony. 2017. “Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1(1):41–54. doi: 10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617.

Qamar, Mujamil. n.d. Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: ERLANGGA.

Risdianti, Ana. 2019. “Pengaruh Corrective Feedback dalam Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Pencapaian Kemampuan Representasi Matematis Siswa.” 6.

Rizqiyyah, Fajriyatur. 2021a. “Observasi Aktivitas Mahasiswa Intensif Putri.”

Rizqiyyah, Fajriyatur. 2021b. “Observasi Kegiatan Kuliah Pagi.”

Rohman, Nur Moh Arif. 2017. “Pemikiran R.A KartiniI Tentang Pendidikan Wanita Di Jawa 1891-1904.” Universitas Jember.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Syahid, Akhmad. 2017. “Metode Pendidikan Rasulullah Muhammad SAW Terhadap Kaum Perempuan.” 01:13.

Takarini, Tifa. 2021. “Konsep Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”

Tidjani, Afifah. 2020. “Konsep Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”

Tidjani, Afifah. 2021. “Implementasi Pendidikan Kewanitaan Pesantren Tinggi.”

TIM PENGEMBANG ILMU PENDIDIKAN FIP-UPI. 2007. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. 1st ed.

Wahid, Musleh. 2018. Pedoman Akademik Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep. 1st ed. Prenduan: IDIA Press.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya