Kepemimpinan Kepala SDIT Muhammadiyah Truko Dimasa Covid-19

Galuh Andi Luxmana

Abstract


ABSTRAK

Kepala sekolah adalah penanggung jawab atas kesuksesan lembaga pendidikan dalam pembelajaran. Covid 19 adalah wabah yang sangat mempengaruhi dunia pendidikan. Kepemimpinan kepala sekolah menjadi ujung tombak lembaga pendidikan ditengah pendemi covid19. Sehingga kepala sekolah yang dapat berinovasi ditengah pandemilah yang dapat meraih kesuksesan terhadap lembaga yang dipimpinnya. SDIT Muhammadiyah Truko adalah salah satu dari sekian sekolah yang terdampak akibat wabah covid19 ini. Sehingga tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana upaya  yang dilakukan oleh kepala sekolah ditengah pandemic covid19 agar menejemen disekolahnya tetap sehat dan trobosan apa yang diambil kepala sekolah dalam menghadapi wabah covid19 ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dalam rangka mendapatkan informasi yang faktual dari lisan kepala sekolah langsung dan dibantu dengan teknik eksploratif maka didapatkan informasi yang lebih akurat terhadap fakta dilapangan yang telah dilakukan terhadap kepala sekolah. Sehingga diperoleh hasil bahwa kepala sekolah SDIT Muhammadiyah Truko merumuskan program disaat pandemic dengan memperbaharui kurikulum, jam pembelajaran, dan metode pembelajara. Kemudian membuat terobosan pelayanan pembelajaran dengan perubahan format kurikulum, jam pembelajaran yang lebih fleksibel dan metode pembelajaran yang berfariasi.

 

Kata kunci: Kepala sekolah,Pandemi covid19, Kepemimpinan, Metode Penelitian


Keywords


sinta5

Full Text:

PDF

References


Bennis, W. & Nanus, B. (2006). Leaders Strategi untuk Mengemban Tanggung Jawab. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Barth, R. S. (2001). Teacher Leader. Phi Delta Kappan, 82(6), 443–449. https://doi.org/10.1177/003172170108200607

Creswell, J. W. (2009). Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches The Selection of a Research Design. In Research design.

Fadlillah, M. (2018). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI TK IT QURROTA A’YUN BABADAN PONOROGO. EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.200

Hasanah, S. M. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Pandemi Covid 19. INCARE: International Journal of Educational Resources.

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027.

Julaiha, S. (2019). Konsep Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran.

Khairuddin. (2020a). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Tengah Pandemi COPID-19. Jurnal Pendidikan “EDUKASI.”

Mahardhani, A. J. (Universitas M. P. (2015). Kepemimpinan ideal kepala sekolah. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 1–4.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Republik Indonesia.

Mudjiyanto, B. (2018). TIPE PENELITIAN EKSPLORATIF KOMUNIKASI. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media.

Rahmi, S. (2019). Headmaster’s Leadership in Solving Problems at Islamic Elementary School (SDI) Hikmatul Fadhillah Medan. Jurnal Pendidikan Islam.

Riyani, E. O. (2020). IMPLEMENTASI METODE GROUP RESUME DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MASA PANDEMI COVID-19.

Sudarnoto, L. F. N. (2015). IMPLEMENTASI TUGAS, KOMPETENSI, DAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR (studi kasus di 11 SD swasta). PSIBERNETIKA, 8(2), 10–17.

Zenger, J. H. & Folkman, J. (2004). The Handbook for Leaders. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Gerlach, V.S. & Ely, D.P. (1980). Teaching and Media a Systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall.

Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Jurnal Aksara Public, 4(2), 155–165.

Burd, B. and Buchanan, L. (2004), "Teaching the teachers: teaching and learning online", Reference Services Review, Vol. 32 No. 4, pp. 404-412.

Asbari, M., Wijayanti,L.M, Hyun, C.C., Purwanto, A., Santoso, P.B,(2020).Effect of Tacit and Explicit Knowledge Sharing on Teacher Innovation Capability,Dinamika Pendidikan, 14(2),47-59,




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya