Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 20 Gowa )

Nur Inayati Saiful, Rudiyansyah Rudiyansyah, Sri Lestari Aslam

Abstract


Efektivitas pembelajaran yang berani selama masa pandemi Covid-19 di SMAN 20 Gowa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa. Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Dibimbing Oleh H. Nurdin dan Risfaisal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana meningkatkan pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 di SMAN 20 Gowa. Peneltian ini bersifat kualitatif. Teknik wawancara, termasuk: observasi langsung dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di SMAN 20 Gowa. Teknik analisi data menggunakan reduksi data, display data, penarikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang efektif selama masa pandemi covid-19 yang dilakukan oleh siswa dan guru kurang efektif. Karena banyaknya hal yang merusak selama proses belajar seperti terkendala karena jaringan yang kurang baik serta media pembelajaran yang kurang mendukung. Siswa juga kadang-kadang dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru karena tugas yang diberikan terlalu banyak namun siswa kurang memahami materi pembelajaran.


Keywords


Pendemi Covid 19; Efektivitas pembelajaran daring; Kendala

Full Text:

PDF

References


Arzayeva, M., Rakhimzhanov, K., Abdrahmanova, A., & Umitkaliev, U. (2015).Special aspects of distance learning in educational system. Anthropologist, 22(3), 449–454.

Arifah Prima Satrianingrum,(2020) Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Universitas Negeri Yogyakarta.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4).

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education : A case study of Peking University. March, 113–115.

Ericha Windhiyana Pratiwi.(2020). Dampak Covid -19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Disebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia, Bandung.

Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5.

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Education, 1(2), 61–70.

Hartono, W.(2020).Penggunaan E-learning sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1-18

Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Jones, K., & Sharma, R. (2019). REIMAGINING A FUTURE FOR Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya