Manajemen Pendidikan Islam Dalam Menjaga Kualitas Pembelajaran Di Tengah Pandemi Covid-19

Syahrul Ramadhan

Abstract


Artikel ini ingin membahas bagaimana manajemen pendidikan Islam dalam menajaga mutu pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Pendidikan Islam di masa pandemi harus memiliki manajemen yang pas karena pendidikan Islam bukan hanya mementingkan masalah intelektual tapi juga mengenai masalah spiritual. Tujuan dari pendidikan Islam adadalah ahlak yang mulai, maka secara otomatis manajemen dari pendidikan Islam harus tepat. Di masa pandemi, manajemen yang dilakukan oleh Kementrian Agama beserta jajaranya mencanangkan suatu perencanaan, pengelolaan dan pengewasaan dengan cara pemebajaran online. Pelaksananya sekolah masing-masing beserta pengawasan dan orang tua serta teman sejawat menjadi pengawas yang paling inti dalam pendidikan Islam. dengan menggunakan metode kualitatif berdasarkan penelitian terdahulu dan beberapa buku sebagai sumber primer dan sekuder diharapkan bisa memberikan sumbangan besar terhadapa pendidikan Islam dan secara keilmuan ada citra rasa file new bagi keilmuan yang akan datang.


Keywords


Pendidikan Islam, Covid-19, Manajemen, Sekolah, dan Orang Tua.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, H. Abu, dan Nur Uhbiyati. Ilmu pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Al Hakim, STAI Luqman. “PEMASARAN LEMBAGA PENDIDIKAN MASA PANDEMI COVID-19 Faishal,” t.t.

Anshori, Isa. “DAMPAK COVID-19 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI Mts Al-ASYHAR BUNGAH GRESIK.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 02 (2020): 181–99.

Arifin, H. M. Ilmu pendidikan Islam: suatu tinjauan teoritis dan praktis berdasarkan pendekatan interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Daradjat, Zakiah. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah. Jakarta: : Ruhama, 1994.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. Desentralisasi dan partisipasi masyarakat dalam pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Harahap, Ade Chita Putri, Dinda Permatasari Harahap, dan Samsul Rivai Harahap. “Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19.” Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan 3, no. 1 (2020): 10–14.

Kahfi, Shofiyullahul, dan Ria Kasanova. “MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro).” Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 3, no. 1 (2020): 26–30.

Lubis, Masruroh, dan Dairina Yusri. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19).” Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (2020): 1–18.

Ma’arif, Syamsul. Revitalisasi pendidikan Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

Nata, Abuddin. Paradigma pendidikan Islam: kapita selekta pendidikan Islam. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia bekerjasama dengan IAIN Syarif Hidayatullah, 2001.

Pokok-pokok materi metodologi penelitian & aplikasinya / M. Iqbal Hasan ; Editor: M.S. Khadafi dan Lolita. Bogor: Ghalia Indonesia, 2002. http://opac.library.um.ac.id/oaipmh/../index.php?s_data=bp_buku&s_field=0&mod=b&cat=3&id=34567.

Priatmoko, Sigit. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam di Era 4.0.” TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam 1, no. 2 (2018): 221–39.

Purandina, I Putu Yoga, dan I Made Astra Winaya. “Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 2 (2020): 270–90.

Purnomo, Singgih Aji Purnomo Singgih Aji. “Manajemen Pendidikan Islam Ditinjau Dari Tripusat Pendidikan.” Alasma| Jurnal Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah 2, no. 1 (2020): 43–58.

Roqib, Moh. Ilmu pendidikan Islam. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta, 2009.

Rosa, Nadya Nela. “HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DARING MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19.” TANJAK: Journal of Education and Teaching 1, no. 2 (2020): 147–53.

Saifulloh, Ahmad Munir, dan Mohammad Darwis. “Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (2020): 285–312.

Sari, Widya, Andi Muhammad Rifki, dan Mila Karmila. “ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA DARURAT COVID 19.” JURNAL MAPPESONA 2, no. 2 (2020).

Subhi, Imam. “Urgensi Upaya Menjaga Mutu Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid 19.” Edification Journal: Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (2020): 35–56.

Vadhillah, Syukra, dan Hendri Budi Utama. “Manajemen E-Learning Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Imam Bonjol Padang Selama Masa Pandemi Covid-19.” PRODU-Prokurasi Edukasi (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 1, no. 2 (2020).

Wasyik, Torikhul, dan Abdulloh Hamid. “IMPLEMENTASI E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ALQURAN ERA COVID-19 DI SANGGAR TAHFIDZ ENTREPRENEUR KRIAN SIDOARJO.” EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education 4, no. 1 (2020).

Zuhairini, Indonesia, dan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. Filsafat pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama, 1995.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.4487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya