Pengaruh Ketersediaan Sarana Pendidikan Terhadap Angka Partisipasi Kasar (APK) dI Kota Cilegon

Hesti Pudyastuti, Euis Mulyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persentase ketersediaan sarana pendidikan di Kota Cilegon, serta pengaruhnya terhadap Angka Partisipasi Kasar (APK). Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ketersediaan sarana pendidikan dan APK jenjang pendidikan TK di Kota Cilegon memiliki pengaruh yang moderat, dengan nilai koefisien regresi R2  sebesar 0,482, ketersediaan sarana pendidikan terhadap APK jenjang pendidikan SD di Kota Cilegon memiliki pengaruh yang signifikan, dengan nilai koefisien regresi R2 sebesar 0,854 sedangkan ketersediaan sarana pendidikan terhadap APK jenjang pendidikan SMP di Kota Cilegon tidak memiliki hubungan yang signifikan, dengan nilai koefisien regresi R2  sebesar 0,124.   

Keywords


Sarana Pendidikan; Partisipasi Kasar.

Full Text:

PDF

References


Amaliah, D. (2015). Pengaruh Partisipasi Pendidikan terhadap Persentase Penduduk Miskin. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 2 No. 3, hal 231-239

Ashari, B.H., dkk. (2017). Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Online shop di Instagram (Studi Kasus 6 Universitas di Kota Surabaya). Jurnal Sains dan Seni ITS Vol. 6 No. 1, hal 17-21

Ayuna, Q. (2017). Motivasi Orang Tua Memasukkan Anaknya pada Kelompok Bermain. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Vol. 1 No. 1, hal 69-91

Dini, A. (2015). Pengaruh Partisipasi Pendidikan terhadap Persentase Penduduk Miskin. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 2 No. 3 Nopember 2015, hal 231-239

Etivali, A.U.A., dan Kurnia, A.M.B. (2019). Pendidikan pada Anak Usia Dini. Jurnal: Penelitian Medan Agam Vol. 10 No. 2, hal 212-237

Faisol, dkk. (2016). Peramalan Aids Menggunakan Regresi Linear Sederhana. Zeta-Math Journal Vol. 2 No. 1, hal 22-26

Farawoman, Y., dkk. (2020). Kajian Ketersediaan Sarana Pendidikan di Kawasan Perkotaan Amurang. Jurnal Spasial Vol. 7 No. 1, hal 1-10

Imron, M.I.A. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang Makanan di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Alauddin Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 1, hal 50-64

Istiqomah, A., dkk. (2018). Analisis Partisipasi Pendidikan pada Masyarakat Miskin Dusun Gumuk Limo Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 12 No. 2, hal 227-235

Kurnia, D.C., dkk. (2015). Atikan UNPAD: Upaya Peningkatan Partisipasi dan Penyelesaian Sekolah Tingkat Dasar dan Menengah di Pedesaan Jawa Barat. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat Vol. 4 No. 1, hal 4-9

Lestari, S.A., dan Kusumo, H. (2015). Perbandingan Variasi Jarak Temupuh ke Sekolah terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Kalibawang. Jurnal Bioedukatika Vol. 3 No. 1, hal 33-36

Melati, Z.R. (2018). Analisis Hubungan Ketersediaan Gedung Pendidikan SMA/Sederajat dengan Angka Partisipasi Kasar Di Kabupaten Wonosobo tahun 2017. Universitas Muhammadyah Surakarta (2018)

Nugroho, W. (2016). Peran Pondok Pesantren dalam Pembinaan Keberagaman Remaja. Mudarrisa, Jurnal Kajian Pendidikan Islah Vol. 8 No. 1, hal 89-116

Perdana, N.S. (2018). Analisis Capaian Rombongan Belajar di Provinsi Lampung Tahun 2018 dalam Upaya Implementasi Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017. Jurnal Dewantara Vol. V, hal 1-16

Pulungan, I. (2019). Implementasi Penentuan Zonasi dalam Pemerataan Pendidikan Siswa SMA Negeri 1 Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 07 No. 01, hal 30-44

Putra, C.B.U. (2012). Kecerdasan Sosial Siswa Kelas Akselerasi. Educational Psychology Journal Vol. 1 No. 1, hal 37-43

Rohmani, N. (2020). Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.5 No. 1, hal 625-632

Sugarda, I.A. (2018). Upaya ke Arah Wajib Belajar 12 Tahun di Kabupaten Majalengka; Pendekatan Kebijakan. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXV No.2 Oktober 2018, hal 252-263

Tahir, M.A., dan Nahdatunnisa. (2020). Analisis Ketersediaan dan Pemenuhan Kebutuhan Prasarana dan Sarana Permukiman di Kawasan Perkotaan (Studi Kasus: Ketersediaan dan Kebutuhan Sarana Pendidikan di Kota Kendari). Jurnal Malige Arsitektur Vol. 2 No. 1, hal 20-29




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya