Perubahan Perilaku Konsumen di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Pandemi Covid-19 telah banyak membuat perubahan. Perubahan yang terjadi begitu cepat membuat konsumen mengubah perilakunya dalam memperoleh barang dan jasa. Berdasarkan alasan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah memberikan informasi atau gambaran umum tentang situasi yang terjadi pada perubahan perilaku konsumen di saat pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kuantitaif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan perilaku konsumen pada indikator mencari informasi terkait barang dan jasa dilakukan dengan mendatangi lokasi disaat pandemi covid-19 .Perubahan perilaku konsumen pada indikator membeli barang / jasa sedikit dilakukan dengan mendatangi pasar tradisional atau pun minimarket terdekat disaat pandemi covid-19. Perubahan perilaku konsumen pada indikator menggunakan barang / jasa lebih banyak dilakukan dengan syarat dan mensterilkan terlebih dahulu sebelum pandemi Covid-19 . Tidak terdapat perubahan perilaku konsumen pada indikator mencampakkan kemasan barang sebelum atau disaat pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian disingkat bahwa terdapat perubahan pada perilaku konsumen disaat pandemi Covid-19 pada indikator mencari informasi, menggunakan, dan membeli.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, V., Hadisantoso, E. P., Wahyuni, I. R., & Supriatna, A. M. (2020). Penanganan limbah infeksius rumah tangga pada masa wabah COVID-19. Lp2M, 2.
Arifah, N. (2020). Manajemen Perubahan Dalam Mewujudkan Madrasah Berprestasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.
Bambang Sudarsono, M. T. R. (2020). DAMPAK CORONAVIRUS DISEASES (COVID 19) TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PENGGEMAR KOPI GIRAS di JAWA TIMUR. Eco-Entrepreneurship, 6(1), 15–24.
Hutauruk, M. R. (2020). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap faktor yang menentukan perilaku konsumen untuk membeli barang kebutuhan pokok di Samarinda. Jurnal Riset Inossa, 2(1), 1–15.
Iksal, M. (2020). ANALISIS BELANJA ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA PADA MASA PANDEMI COVID 19. 21(1), 1–9.
Khairunas. (2020). Bahaya impulse buying pada pelanggan online shop saat pandemi covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 349–353. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Nurmalia, N., Nurani, F., Publik, A., Administrasi, F. I., Brawijaya, U., & Timur, J. (2019). Strategi Kepemimpinan Dalam Perubahan Ekonomi G-20. (3), 1–12.
Pitoewas, B. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Sikap Remaja Terhadap Perubahan Tata Nilai. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 8–18. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n1.2018.pp8-18
Siti Nur Fatoni, Cucu Susilawati, Lina Yulianti, I. (2020a). Dampak Covid-19 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan E-Wallet Di Indonesia. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30953
Siti Nur Fatoni, Cucu Susilawati, Lina Yulianti, I. (2020b). Dampak Covid-19 Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Penggunaan E-Wallet Di Indonesia. UIN Sunan Gunung Djati Digital Library.
Suprihatin, W. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat ). Jurnal Bestari, 19, 56–66.
Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri. (2013). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah : Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Wisenblit, L. G. S. dan J. L. (2015). Consumer Behavior. USA: Pearson Education.
World Health Organization. (2020). Penyakit Corona Virus 2019 (Covid-19).
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .