Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Swasta Titfen di Yayasan Titfen Kabupaten Kupang

Saul Fina

Abstract


Penelitian ini berjudul “Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Swasta Titfen Di Yayasan Titfen Kabupaten Kupang”. Masalah Penelitian adalah ; Mengapa Manajemen Berbasis Sekolah dipilih untuk meningkatkan Kinerja Guru pada SMP Swasta Titfen? Fokus masalahnya adalah (1). Manajemen Sekolah berbasis Yayasan; (2). Manajemen Berbasis Sekolah; dan (3). Kinerja Guru. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan interaksi simbolis. Peneliti mengidentifikasi esensi pengalaman manusia tentang fenomena manajemen Yayasan dan MBS serta menguraikan semua perilaku manusia yang pada dasarnya memiliki makna-makna sosial (social meanings), bertolak dari fenomena yang dialami. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Analisis data digunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian dan analisis data. Fokus kajiannya didasarkan pada data dan sejumlah informasi yang diperoleh dengan tidak menetapkan jumlah informan. Hasil menunjukan bahwa (1). Manajemen sekolah berbasis yayasan kinerja guru rendah; (2). Manajemen Berbasis Sekolah dapat meningkatkan kinerja guru. Dengan MBS ddiberlakukan otonomi sekolah, adanya tranparansipenelitiannya, akuntabilitas dan adanya kemandirian sekolah dalam mengelola sekolah; dan (3). Upaya meningkatkan kinerja guru adalah menerapkan MBS di SMP Swasta Titfen. Di samping itu, yayasan pendidikan Titfen perlu merubah diri dan siap menerima manajemen perubahan, yakni MBS, agar kinerja guru dapat ditingkatkan sehingga mutu pendidikan dapat ditingkatkan.


Keywords


Manajemen Yasayan, MBS, Upaya Meningkatkan, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, H., 2014, Pengantar Bisnis, Bandung: Alfhabeta

Apriliya, Seni, 2007, Manajemen Kelas Untuk Menciptakan Iklim Belajar yang Kondusif, Jakarta: Visindo Media Persada.

Arikunto, Suharsimin, 2012, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Danim, Sudarwan, 2012, Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik, Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto, 2013, Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Gava Media

Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional, Jakarta

………….. 2005, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.Jakarta

Evans, R., 1996, The Human Side of School Change: Reform, Resistance, and the Real Life Problems of Innovation, San Francisco, Jose Bass.

Fattah, Nanang, 2002, Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya