Analisis Peran Ganda dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Dosen Perempuan di Kabupaten Sumbawa

Ramla Fatma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa apakah ada pengaruh peran ganda dan lingkungan kerja terhadap kinerja dosen perempuan serta apa saja harapan-harapan para dosen perempuan dan faktor-faktor apa yang berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja dosen perempuan di Kabupaten Sumbawa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, studi dokumen serta observasi dengan dibantu program Microsoft Excel. Dengan hipotesa awal bahwa peran ganda dosen perempuan dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerjanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ganda tidak mempengaruhi kinerja dosen perempuan terlihat dari sekitar 74%  dosen perempuan merasa nyaman dengan peran gandanya.Mayoritas Dosen perempuan yang menjalani peran gandanya selama ini telah merasa puas atas segala yang mereka capai dan lakukan saat di rumah maupun di kampus tempat mereka bekerja. Lingkungan kerja tidak mempengaruhi kinerja dosen perempuan, walaupun fasilitas yang ada di kampus masih belum optimal dalam mendukung kinerja mereka, ada 58% yang menganggap demikian, sehingga dibutuhkan perhatian dari pihak kampus dalam menyiapkan fasilitas yang mendukung tersebut. Untuk meningkatkan kinerja dosen perempuan dibutuhkan perhatian dari pihak kampus dalam menyiapkan fasilitas yang mendukung peran ganda dosen perempuan. Sebanyak 33,8% (48 responden) mengharapkan adanya ruangan khusus bagi dosen perempuan seperti tempat istirahat siang, pojok laktasi dan daycare. 27,5% (39 responden) mengharapkan adanya peningkatan fasilitas belajar mengajar seperti buku referensi, LCD, komputer dan printer. Sebanyak 19,7% (28 responden) mengharapkan adanya penambahan prasarana fisik seperti ruang kelas, laboratorium, mushollah dan tempat parkir. 12,0% (17 responden) mengharapkan adanya fasilitas kenyamanan ruang kerja seperti AC, kipas angin, lemari arsip dan locker). Dan 7,0% (10 responden) mengharapkan fasilitas-fasilitas lain seperti kesesuaian biaya operasional saat bertugas di lapangan.

 


Keywords


Peran Ganda, Lingkungan Kerja, Kinerja Dosen Perempuan.

Full Text:

PDF

References


Karniawati, N. (2013) Kinerja Dosen Perempuan : Studi Relasi Gender di Unikom. Jurnal Ilmiah Ilmu Politik dan Konumikasi, 1(1), 11-12.

McMunn, A. (2006). Life course social roles and women’s health in mid-life : causation or selection? Journal of Epidemiology & Community Health, 60(6), 484-489. https : //doi.org/10.1136/jech.2005.042473.

Ndraha, T. (1990). Pembangunan Masyarakat. Mempersiapkan Masyarakat Tinggal Landas. Penerbit : Rineka Cipta. Jakarta.

Onong, U. (2001). Dinamika Komunikasi. Penerbit : Reamaja Rosdakarya. Bandung.

Rosita, S. (2014). Pengaruh konflik Peran Ganda dan Stress Kerja terhadap Kinerja Dosen Wanita di Fakultas Ekonomi Universitas Jambi.Jurnal Manajemen Bisnis, 2(2).

Supriyanto, A.S. dan Machfudz, M. 2010, Metodologi Riset Manajemen Sumberdaya Manusia, UIN-Maliki Press, Malang.

Sutrisno, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit : Kencana Prenada Media Berat. Jakarta.

Syafrina, N. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan pada PT. Aspacindo Kedaton Motor Kandis Kabupaten Siak. Jurnal Benefita, 3(3), 455-468.Soedjatmoko, 1986. Wanita, Budaya dan Ekonomi, Sosial, Rajawali Pers, Jakarta.

Tewal, B., & Tewal, F.B., (2014).Pengaruh Konflik Peran Terhadap Kinerja Wanita Karir pada Universitas Sam Ratulangi Manado.Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1).

Zain, I (2018). Peran Work-Family Balance dan Kualitas Pengasuhan Terhadap Subjective Well-Being Pada Ibu Bekerja dengan Sistem Shift. Tesis Program Magister Psikologi. Fakultas Psikologi. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya