Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 4 Kabupaten Bantaeng

Muhammad Afdal, Sulvahrul Amin

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang (1). Bagaimana Implementasi Kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 4 Bantaeng Kabupaten Bantaeng (2) Bagaimana langkah-langkah kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 4 Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriftif kualitatif, dengan Lokasi Penelitian berada di SMAN 4 Bantaeng, kelurahan Pallantikang kecamatan Bantaeng Kabupaten Bantaeng, Penentuan informan pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling, dimana pemilihan dilakukan secara sengaja berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan berdasarakan tujuan penelitian. Metode data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data menggunakan empat tahap yaitu, data, reduksi data, penyajian data dan penarikan / pengungkit. Hasil penelitian Pelaksanaan kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 4 Bantaeng. yaitu : 1) Mengadakan pembinaan profesional. 2) Mengadakan Rapat Guru (3). Meningkatkan kedisiplinan guru. Langkah-langkah yang di ambil kepala sekolah adalah: (1) rapat awal tahun ajaran para guru, (2) memfasilitasi guru untuk lanjut studi (3) membuat surat keputusan (SK) dan (4) rapat kordinator masing-masing bidang. (5) Pembimbingan bersifat membimbing.


Keywords


Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Abd. Majid. (2016). Pengembangan Kinerja Guru melalui Kompetensi, Komitmen, Motivasi Kerja. jurnal

Abdul. Rasyid. (2010). Kebijakan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru (Studi terhadap Perspektif Pembinaan SMA Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap). Tesis Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.

Ahmad Syarifuddin. (2015). Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Multi Situsbdi MTsN Ngantru dan MTsN Bandung Tulungagung). Tesis Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Darliana Sormin, MA. (2017). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Muhammadiyah 29 Padangsidimpuang. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman. 2(1):129-145

Dedeh Sofia Hasanah. (2010). Pengaruh Pendidikan Latihan (diklat) Kepemimpinan Guru dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Sekecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan. 11(2):85-95.

Eka Daryanto, dan Astri Novia Sireger. (2017). Iplementasi Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMA Negeri 3 Medan. Jurnal. X(1):24-38

Elly Puji Astutik. (2014). Implementasi Kebijakan Kepala Sekolah tentang Pembelajaran Praktek Renang di SMP Negeri 1 Cerme Kabupaten Gresik. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. 2 (1):15-19

Hary Susanto. (2012). Fakto-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2 (2):197-210

Kholik Mu’min. (2016). Kebijakan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Siswa di SMK Ma’arif Nu 1 Ajibarang. Skripsi.

Mohamad Juliantoro. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-hikmah. 5(2):24-38

Muh. Fitrah. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu.

Nur Khasanah. (2017). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Darussalam Surakarta. Skripsi.

Nursalam, Suardi, Syarifuddin. (2016). Teori Sosiologi Klasik, Modern, Saintifik, Hermeneutik, Kritis, Evalution, dan Integrative. Writing Revolution.

Sri Setyati. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22(2):201-206

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Tim Penyusun Fkip. (2019). Pedoman Penulisan Skripsi. Unismuh Makassar

Tim Penyusun Pendidikan Sosiologi. (2019). Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi. Unismuh Makassar.

Uray Iskandar. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal visi ilmu pendidikan. 1025.

Yogi Irfan Rosyadi. Pardjono. (2015). Peran Kepala Sekolah sebagai Manejer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 1 Cilawu Garut. Jurnal. 3(1):124-133

Yulia Rachmawati. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Jurnal. 1(1):21

Yusron Razak. (2013). Sosiologi Sebuah Pegantar Laboratorium Sosiologi Agama. Ciputat

Imron. (2014). Pengertian Kebijakan (Online). (https pengertianahli.id/2014/08/pengertian-kebijakan-menurut-para- ahli.html. diakses 22 juni 2019)

Aliham dan. (2017). Implementasi (online)

(https//www.google.co.id/amp/s/alihamdan.id/implementasi /amp/, diakses 22 juni 2019)

Ase Satria. (2015). Defenisi Implementasi dan Teori (online)

(http://www.materibelajar.id/2015/12/defenisi-implementasi-dan-teori.html?m=1# diakses 16 Mei 2019).




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.3382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya