Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi : Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru

Yuni Kasmawati

Abstract


Abstract. Yuni Kasmawati, 2020. Teacher collaboration is a means for teachers to improve their competence in the form of knowledge, skills and experience. Competence is needed by teachers to support their performance. This study aims to examine the improvement of teacher competency through the teacher collaboration approach. The study was conducted using the literature review method by utilizing the publication of previous research results. The results of the study concluded that teacher collaboration has a positive impact not only on teachers, but also on students and schools. From the teacher's side, collaboration plays a role in increasing competencies in the form of teacher's knowledge, skills and experience. Furthermore, teacher competence will play a role in supporting teacher performance which will ultimately improve student achievement.

Keywords:

Abstrak. Yuni Kasmawati, 2020. Kolaborasi guru merupakan sarana bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya baik berupa pengetahuan, ketrampilan maupun pengalaman. Kompetensi dibutuhkan guru untuk menunjang kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kompetensi guru melalui pendekatan kolaborasi guru. Penelitian dilakukan dengan metode tinjauan literatur dengan memanfaatakan  publikasi hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kolaborasi guru mempunyai dampak positif tidak hanya bagi guru, tetapi juga bagi siswa dan sekolah. Dari sisi guru, kolaborasi berperan dalam meningkatkan kompetensi berupa pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman guru. Selanjutnya kompetensi guru akan berperan dalam menunjang kinerja guru yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi siswa.

Kata kunci : kompetensi, kolaborasi, tinjauan teoritis


Abstrak. Yuni Kasmawati, 2020. Kolaborasi guru merupakan sarana bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya baik berupa pengetahuan, ketrampilan maupun pengalaman. Kompetensi dibutuhkan guru untuk menunjang kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kompetensi guru melalui pendekatan kolaborasi guru. Penelitian dilakukan dengan metode tinjauan literatur dengan memanfaatakan  publikasi hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kolaborasi guru mempunyai dampak positif tidak hanya bagi guru, tetapi juga bagi siswa dan sekolah. Dari sisi guru, kolaborasi berperan dalam meningkatkan kompetensi berupa pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman guru. Selanjutnya kompetensi guru akan berperan dalam menunjang kinerja guru yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi siswa.

Kata kunci : kompetensi, kolaborasi, tinjauan teoritis



Keywords


Abstrak. Yuni Kasmawati, 2020. Kolaborasi guru merupakan sarana bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya baik berupa pengetahuan, ketrampilan maupun pengalaman. Kompetensi dibutuhkan guru untuk menunjang kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menela

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya