Discovery learning dengan memanfaatkan kemasan kudapan: Analisis keterampilan menulis teks persuasi
Abstract
Abstract. This studi aimed to investigate the form of persuasive text written by eight grade students of MTs Darussalam Deru, Sumberrejo, Indonesia in discovery learning. This study was qualitative research in form of case study with 28 students as the research subjects. Four students were chosen to be interviewed because the persuasive text was in line with the indicators. Techniques of collecting data were observation, test method, interview, and documentation. The data was validated by using triangulations of data sources and method. Technique in analysing data was content analysis that was started from 1) data reduction, 2) data presentation, 3) drawing conclusion and verification. The results of this study showed that the structure of persuasive text written by the eight grade students of MTs Darussalam Deru, Sumberrejo, Indonesia had been referred to the structure that was well appropriated to the theory of Kosasih. The conclusion of this study showed that the discovery learning by using a wrapped media was appropriate to be implemented. It could train the students in improving their cognitive skills and curiosities.
Keywords: Persuasive text, discovery learning, wrapped media
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk teks persuasi yang ditulis oleh siswa kelas VIII MTs. Darussalam Deru, Sumberrejo, Bojonegoro, Indonesia pada pembelajaran discovery learning. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus dengan jumlah subjek 28 siswa. Dari 28 siswa kemudian peneliti mengambil 4 siswa untuk diwawancarai dengan alasan teks persuasi sesuai dengan indikator. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data divalidasi dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode content analysis yang dimulai dari 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur teks persuasi yang ditulis oleh siswa kelas VIII MTs. Darussalam Deru, Sumberrejo, Bojonegoro, Indonesia sudah mengacu pada struktur teks persuasi sesuai dengan teori Kosasih dengan baik. Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran discovery learning berbantuan media kemasan kudapan sangat tepat diterapkan pada pembelajaran. Pembelajaran discovery learning berbantuan media kemasan kudapan dapat melatih siswa dalam meningkatkan keterampilan kognitif dan mengembangkan rasa ingin tahu siswa.
Kata kunci: Teks persuasi, discovery learning, kemasan kudapan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka cipta.
Kemendikbud. (2017). Buku siswa bahasa dan sastra Indonesia wahana pengetahuan untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud.
Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII. Jakarta: Kementrian pendidikan dan kebudayaan.
Rukin, (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Sulawesi selatan: Yayasan ahmar cendekia Indonesia.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2015). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, G. H. (2008). Menulis, sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Yusuf, M. (2017). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Kencana.
Sumber Jurnal
Amalia, F., Syahrul, R., & Arief, E. (2018). Pengaruh model discovery learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 1(7), 125-132. Retrieved from. http://103.216.87.80/ index.php/pbs/article /view/9551.
Arbi, M. D. P., Thahar, H. E., & Emidar. (2018). Kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP negeri 25 Padang. jurnal pendidikan bahasa Indonesia,7(3), 137-143. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/100723.
Cahyaningsih, S. dan Wikanengsih. (2019). Upaya peningkatan menulis teks persuasi menggunakan metode STAD pada siswa SMP. jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 2(2), 209-214. Retrieved from. https://journal.ikipsiliwangi. ac.id /index .php /parole/article/view/2671/pdf.
Djuandi, D. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap sikap siswa pada lingkungan (studi eksperimen quasi pada mata pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Purwadadi). jurnal pendidikan geografi, 16(1), 24-33. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/3465.
Fathur, Rohim, Susanto, H., & Ellianawati. (2012). Penerapan model discovery terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. unnes physics education journal, 1(1), 2-5. Retrieved from. https://journal.unnes.ac .id/sju/ index.php/upej/article/view/775.
Fauzi, A. R., Zainuddin, & Atok, R. A. (2017). Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. jurnal teori dan praksis pembelajaran IPS, 2(2), 27-36. Retrieved from. http://journal2.um.ac.id /index.php/jtppips/article/view /2500.
Fitri, M. & Derlina. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. jurnal inpafi, 3(2), 89-96. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac .id/2012/ index. php/inpafi/article/view /5130.
Hasanudin, C. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Pintar Membaca sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sd Menghadapi MEA. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1-12. Doi http://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.84.
Hidayah, R. N., Darmuki, A. & Hasanudin, C. (2019). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode quantum learning dan media video pada siswa kelas X IPA I SMA Negeri 2 Blora tahun ajaran 2018/2019. Jurnalistrendi: Jurnal linguistik, sastra, dan pendidikan, 4(1), 309-320. Retrieved from http://ejournal .unwmataram.ac.id /trendi /article/view/152
Idris, Y., Thahar, H. E., & Juita, N. (2014). Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui metode discovery dengan menggunakan media gambar mahasiswa prodi pendidikan bahasan dan sastra Indonesia Ta 2011/2012 universitas ekasakti padang. jurnal bahasa, sastra dan pembelajaran, 2(3), 16-28. Retrieved from. http://ejournal.unp.ac.id/index. php/bsp/article/view/5012.
Kasiyan, (2015). Kesalahan implementasi teknik triangulasi pada uji validitas data skripsi mahasiswa jurusan pendidikan seni rupa FBS UNY. jurnal imaji, 13(1), 1-13. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/ index.php/ imaji/ article/ download/4044/3498.
Mania, S. (2008). Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran. jurnal lentera pendidikan, 11(2), 220-233. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera pendidikan/ article/view /3781.
Mardhiyah, N. (2019). Peningkatan proses dan hasil belajar bahasa Indonesia materi teks persuasif dengan pendekatan inkuiri pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 2 Girimarto tahun ajaran 2018/2019. jurnal penelitian pendidikan, 3(3), 279-283. Retrieved from. https://scholar.google.co.id / scholar?hl=id&as_ sdt=0,5&q = jurnal+PENINGKataN+PrOsEs+DaN+HasIL+BELaJar+BaHasa+INDONEsIa+MatErI+tEKsPErsUasIf+DENGaN+PENDEKata
Mayasari, N., Hasanudin, C., & Fitrianingsih, A. (2020). The use of wingeom software in geometry subject, how is the learning outcomes of junior high school students? Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 1-6. Doi https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042042.
Mubarok, N. dan Sulistyo, E. (2014). Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV pada standar kompetensi melakukan instalasi sound system di SMK Negeri 2 Surabaya. jurnal pendidikan teknik elektro, 3(1), 215-221. Retrieved from. https:/ /jurnalmahasiswa. unesa. ac.id / in dex.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/ article/view/8495.
Muhamad, N. (2016). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. jurnal pendidikan universitas Garut, 9(1), 9-22. Retrieved from. http://journal.uniga.ac.id /ind ex.php /JP / article/view/83.
Mukhtar, S. dan Nurif, M. (2015). Peranan packaging dalam meningkatkan hasil produksi terhadap konsumen. jsh jurnal sosial humaniora, 8(2), 181-191. Retrieved from. http://iptek.its.ac.id/index.php/jsh/article/view/1251.
Nurfaedah. (2019). Keefektifan media audio visual dalam meningkatkan kompetensi siswa sekolah menengah pertama dalam menulis puisi. Indonesian journal of instructional media and mode, 1(1), 36-44. Retrieved from. http://journal.univetbantara. ac.id/index .php/ijimm /article/view /316.
Nurmalasari. (2020). Kemampuan menulis paragraf persuasu siswa kelas VIII MTSN 4 Palu. jurnal bahasa dan sastra, 5(2), 60-72. Retrieved from. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ index.php/BDS/article/view/12717.
Permana, A. B & Pujiastuti, P. (2017). Pengembangan buku ajar tematik intergratif berbasis discovery learning dalam peningkatan motivasi belajar dan karakter tanggung jawab. jurnal pendidikan karakter, 1(1), 46-55. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index. php/ jpka/article/view /15499 /9692.
Putrayasa, M., Syahruddin, H., & Margunayasa, G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. jurnal mimbar PGSD universitas pendidikan ganesha, 2(1), 1-11. Retrieved from. https://ejournal.undiksha.ac.id /index.php/JJPGSD /article/ view/3087.
Qodariyah dan Hendriana. (2015). Mengembangan kemampuan komunikasi dan disposisi matematika siswa SMP melalui discovery learning. jurnal ilmu pendidikan dan pengajaran, 2(3), 241-252. Retrieved from. http://ejournal. sps.upi.edu/index.php /edusentris/article/view/177.
Retnowati, R., Suharyati, H., Manurung, R.T., Maknun, D., Armariena, D.N., Hetilaniar, H., Hasanudin, C., Murniviyanti, L., Anwar, S., Setyorini, R. (2018). The effect of environmental teaching method and the level of natural intelligence on the environmental view of the students behavior. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1), 1-7. Doi https://doi.org/10.1088/17426596/1114/1/012104.
Sari, R. A. & Rachmawati, Y. (2019). Analisis pengaruh parsial, kemasan, warna, rasa dan pengetahuan gizi terhadap keputusan pembelian produk makanan pada siswa SD. jurnal teknovasi, 6(2), 27-34. Retrieved from http://ejurnal.plm.ac.id/index.php /Teknovasi/article/view/344.
Susetyarsi. (2012). Kemasan produk ditinjau dari bahan kemasan, bentuk kemasan dan pelabelan pada kemasan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada produk minuman mizone di kota Semarang. jurnal stie semarang, 4(3), 19-28. Retrieved from http://jurnal3.stiesemarang .ac.id/index.php /jurnal /ar ticle/view/157.
Widodo & Widayanti, L. (2013). Peningkatan aktivitas belajar dan hasil siswa dengan metode problem based learning pada siswa kelas VII A MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo tahun pelajaran 2012/2013. jurnal fisika Indonesia, 49(17), 32-35. Retrieved from https://journal.ugm.ac.id /jfi/ article/view/24410.
Yandis, S. M., Pujilestari, C., & Wuryani, W. (2019). Analisis penggunaan kata ajakan dalam menulis teks persuasi pada siswa kelas SMP. jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, 2(3), 385-390. Retrieved from. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index. Php /parole/article/view/2798.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3375
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .