Peran Modal Sosial dalam Pendidikan Sekolah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acar, E. (2011). Effect of Social Capital on Academic Success: A Narrative Synthesis. Journal Educational Research & Riviews, 6, 456-461.
Agus Salim. (2008). Pengantar Sosiologi Mikro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Agusyanto, R. (2010). Fenomena Dunia Mengecil: Rahasia Jaringan Sosial. Jakarta: Institut Antropologi Indonesia.
Damsar. (2011). Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Pranada Media.
Dwiningrum, S. I., A. (2014). Modal Sosial Dalam Pengembangan Pendidikan (Perspektif Teori dan Praktik). Yogyakarta: UNY Press.
Fathy, Rusydan. (2019). Modal Sosial: Konsep, Inklusivitas dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6 (1), 1-17.
Field, J. (2010). Social Capital. London: Routledge. Dalam Nurhadi (et.al). Modal Sosial. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Fukuyama, F. (2002). Trust: Kebijakan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran. Yogyakarta: Qalam.
Fukuyama, F. (2005). Guncangan Besar: Kodrat Manusia dan Tata Sosial Baru. Penerjemah: Masri Maris. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Haridison, Anyualatha. (2013). “Modal Sosial dalam Pembangunan”. JISPAR: Jurnal Ilmu Politik, Sosial dan Pemerintahan, 2 (2), 31-40.
Hasbullah, J. (2006). Social Capital (Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia). Jakarta: MR-United Press.
Huwaida, Deskha Irbakh. (2019). Peran Modal Sosial dalam Perbaikan Kualitas Sekolah di SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: UNY.
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’, 5(1).
Lawang, R.M.Z. (2004). Buku Materi Pokok Pengantar Sosiologi (modul 1-5). Jakarta: Universitas Terbuka.
Nirfadhilah. (2016). Jaringan Sosial dalam Penjualan Pedagang Makanan di Pasar Inpres Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang. Ejournal Sosiatri-sosiologi, 4 (1).
Pantoja, Enrique. (2000). Exploring the Concept of Social Capital and Its Relevance for Community-Based Development: The Case of Coal Mining Areas in Orissa, India, The World Bank Social Development Family and Socially Sustainable Development Network, Social Capital Initiative, Working Paper No. 18. USA: Washington.
Pelu, Musa. (2016). Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah: Refleksi Modal Sosial dan Modal Budaya (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dan SMP Kasatriyan 11 Surakarta). Disertasi. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Pelu, Musa. (2015). Pendidikan Budi Pekerti Di Sekolah. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 3 (2), 198-213.
Pontoh, Otniel. (2010). Identifikasi Dan Analisis Modal Sosial Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Desa Gangga Dua Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Perikanan dan Kelautan Tropis, 6 (3), 125-134.
Putnam, R. (2000). Bowling Alone: The Collapse and Revival of American Community. New York: Simon & Shuster Paperbacks.
Soekanto, S. (2003). Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Subekti. T. (2011). Social Capital sebagai Strategi Pengmebangan Madrasah. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Prodi Ilmu Pendidikan Program Doktor Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Suharjo. (2014). Peran Modal Sosial dalam Perbaikan Kualitas Sekolah Dasar di Kota Malang. Disertasi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Svendsen, T.G. (2009). Handbook o Social Capital: The Troika of Sociology, Political Science and Economics. Massachusetts: Edward Elgar Publishing.
Syahra, R. (2003). Modal Sosial: Konsep dan Aplikasi. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 5 (1).
Usman, Sunyoto. (2018). Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fathurrohman, F. (2019). Pemanfaatan Modal Sosial dalam Peningkatan Kualitas Sekolah di SDIT Bina Insan Kamil Turi. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
El-Khuluqo, Ihsana. (2015). Manajemen PAUD Pendidikan Taman Kehiduapan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putnam, R.D. (1993). The Prosperous Community: Social Capital and Publicc Life. The American Prospect, 4 (13).
Simanjutak, Bungaran Antonius dan Sosrodihardjo, S. (2014). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Yayasan Obor.
Suyata. (2010). Pemberdayaan Pendidikan: Kepala Sekolah Logo Sekolah. Paper disampaikan dalam Workshop Strategi Pengembangan Kualitas Sekolah bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Tanggal 7 Agustus 2010 di PPS UNY.
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yogyakarta: Yayasan Obor.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .