Deskripsi Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Watampone

Hapidah Hapidah

Abstract


Deskripsi Alternatif: Kelas VIII SMP Negeri 6 Watampone. 2) untuk meningkatkan pemahaman menulis kelas VIII SMP Negeri 6 Watampone Kabupaten Bone ditinjau dari segi struktur batin puisi. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang mengevaluasi variabel penelitian dalam bentuk angka-angka atau statistik yang diperoleh dari hasil tes yang terdiri dari kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Watampone Kabupaten Bone dalam menulis teks. Hasil Mengolah data pada penelitian ini membahas tentang kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Watampone Kabupaten Bone dalam menulis puisi bebas belum memadai. Berdasarkan hasil pengolahan data, tampak seperti hasil tes kemampuan siswa kelas VIII B Negeri 6 Watampone Kabupaten Bone dalam menulis puisi bebas tergantung pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 64,13.


Keywords


Deskripsi, Kemampuan, Menulis, Puisi.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aminuddin, 1987. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Arifin, Sari Rahayu. 2000. Pemanfaatan Media Gambar Seri dan Pengaruhnya terhadap Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Maros. Skripsi. Makassar FBS UNM

Atmazaki. 1993. Analisis Sajak Teori, Metodologi dan Aplikasi. Bandung: Angkasa.

Aziz, dan Syukri Syamsuri, Andi, 2011. Apresiasi dan Kajian Puisi. Surabya: Penerbit Bintang Surabaya.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra indonesia. Jakarta: Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Effendi, S., 1996. Bimbingan Apresiasi Puisi. Ende: Nusa Indah.

Endraswara, Suardi. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Bandung: STSI Press

Fitriani, Andi. 2006. Kemampuan Siswa Kelas VII SMPN 3 Makassar Menulis

Puisi Berdasarkan Pengalaman Pribadi. Skripsi. Makassar FBS UNM.

Hasanuddin. 1996. Drama Karya dalam Dua Dimensi kajian Teori Sastra dan

Analisi. Bandung: Angkasa.

Kartini. 2011. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Teknik Menulis Akrostik pada Siswa kelas VA semester II MI Semplak Pilar Kabupaten Bogor, Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, Vol. I, No. 01, November 2011.

Khasanah, Umi. 2011. Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi bebas Menggunakan Mind Map untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Soka UPT Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta FIP UNY.

Kinani, Ristu. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Model Active Learning Teknik Imajinasi Siswa Kelas V Sd Godegan Srandakan Bantul. Skripsi. Yogyakarta FIP UNY.

Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Sitaresmi, Nunung. 2011. Struktur Kalimat Bahasa Indonesia dalam Puisi Kontemporer. Artikel. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis

Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurjamal, Daeng, dkk. (2011). Terampil Berbahasa: Menyusun Karya Tulis Akademik, Memandu Acara (MC-Moderator), dan Menulis Surat. Bandung: Alfabeta

Pradopo, Rachmat Djoko. 1987. Pengkajian Puisi Analisis Sastra Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. . 1999. Pengkajian Puisi Analisis Sastra Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2002. Pengkajian Puisi Analisis Sastra Norma dan Analisis Struktural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 2005. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Poerwadarminta, W.J.S. 2005. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Semi, Atar. 1994. Kritik Sastra. Bandung: Angkasa.

Sihabuddin, dkk. 2009. Bahasa Indonesia 2. Surabaya: Amanah Pustaka. Siswanto, Wahyudi. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwanto, dkk. 2002. Bahasa dan Sastra Indonesia Menuju Peran Transformasi

Sosial Budaya Abad XXI. Yogyakarta: Gama Media.

Sulastriningsih dan Mahmudah. 2007. Pengajaran Prosa Fiksi dan Drama.

Makassar: Badan Penerbit UNM.

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Menulis: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Wahyuni, Ristri. 2014. Kitab Lengkap Puisi, Prosa, dan Pantun Lama.

Yogyakarta: Saufa.

Waluyo, Herman J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga. 2002. Apresiasi Puisi. Jakarta: . 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Teknik Menulis Puisi.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i1.3128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya