Evaluasi Program Praktek Dunia Kerja Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo Tahun Akademik 2018/2019

Abdul Zahir, Andi Rosman, Supriadi Supriadi

Abstract


Penelitian Evaluasi Program Praktik Kerja Dunia (PDK) Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo Tahun Akademik 2018/2019 bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan PDK dengan pendekatan model CIPP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Penelitian ini ditunjukkan untuk mengevaluasi program Praktik Kerja Tahun Akademik (2018/2019) yang dilaksanakan oleh Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo (FTKOM UNCP) dengan model evaluasi CIPP. Penelitian ini dilakukan di FTKOM UNCP dan di 65 lokasi implementasi PDK. Penelitian ini dilakukan sepanjang Februari hingga April 2019. Hasil penelitian menunjukkan: 1) dari segi konteks, pelaksanaan PDK telah berjalan sesuai dengan tujuan dan visi dan misi pendidikan tinggi (universitas, fakultas dan program studi ), 2) dalam hal input; PDK telah dilaksanakan sesuai dengan kurikulum dan prosedur yang telah ditentukan, pengelola telah mengelola PDK dengan baik karena didukung oleh sarana dan prasarana serta anggaran yang memadai, dan mahasiswa yang menjadi peserta telah memenuhi persyaratan pelaksanaan PDK, 3) dari proses, kerja sama yang baik antara institusi dan tempat PDK berjalan dengan baik sehingga implementasi PDK berjalan dengan baik dan pelaksanaan PDK tepat waktu, 4) dalam hal produk, ada peningkatan dalam kognisi, afeksi dan psikomotor siswa setelah menerapkan tujuan PDK dan nilai mahasiswa rata-rata baik.


Keywords


Evaluasi Program, PDK, CIPP

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi & Safruddin, Cepi, Abdul Jabar. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi & Abdul Jabar. (2008). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Brinkerhoff, R.O., et.al, (1983). Program evaluation: A practitioner‟s guide

for trainers and educators. Western Michigan: Kluwer-Nijhoff.

Daryanto. (2007). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gronlund, N. E., & Robert, L. L. (1990). Measurement and evaluation in

teaching (6th ed.). New York: Macmillan

Kamil, Mustofa. (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan: Prinsip Dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tayibnapis, Farida Yusuf. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Widoyoko, Eko Putro. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zahir, A. (2016). Pengembangan Karakter Mahasiswa Melalui Praktek Dunia Kerja. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo 2016 (p. 627-636). Palopo: UNCP Press.

Sumber Jurnal

Mahmudi,Ihwan. (2011). “CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan”. Jurnal At-Ta’dib. Vol. 6 (1)

Mohebbia, Nooshin.Akhlaghib,Faezeh.Yarmohammadianc ,Mohammad Hossein. Khoshgamd ,Masumeh. (2011). “Application of CIPP model for evaluating the medical records education course at master of science level at Iranian medical sciences universities”. Procedia Social and Behavioral Sciences. Vol.15, hal : 3286–3290 Owen, John M. 1993. Program Evaluasi: Forms and Approaches. St. Leonards: Allen & Unwin Pty Ltd.

Mutrofin. (2010). Evaluasi Program Teks Pilihan untuk Pemula. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Phattharayuttawat, dkk. (2009). “An evaluation of the curriculum of a graduate programme in clinical psychology”. Journal of Medical Educatio. Vol. 3 no. 1.

Sukajaya, I Nyoman. (2010). “Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikasi di Jenjang SMAN di Kota Singaraja”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jilid 43 (1) : hlm 1 - 72




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i1.3010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya