Intervensi Pemerintah Terhadap Pendidikan Masyarakat Putus Sekolah Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru

Roy Hartono, Kaharuddin kaharuddin, Sudarsono Sudarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perubahan sosial pada masyarakat Tanete Riaja Kabupaten Barru interaksi yang terjadi Pemerintah dan Masyarakat untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sehingga adanya anak yang tak mampu sekolah.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan adapun lokasi penelitian yaitu di Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Teknik pengambilan sampling yaitu dengan cara menentukan  karakteristik sendiri (purposive sampling) dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

 Hasil penelitian ini yaitu yang menjadi bentuk perubahan sosial di Kecamatan Tanete Riaja adalah Perubahan secara perlahan yang membawa pengaruh secara langsung berarti masyarakat di Kecamatan Tanete Riaja ini bisa dikatakan sudah memasuki tingkat pendidikan yang berkemajuan karena berkat adanya bantuan pemerintah baik melalui secara informal maupun secara non formal adapun bantuan Pemerintah yaitu seperti bantuan beasiswa bagi mereka yang kurang mampu dan beasiswa bagi yang berprestasi dan bantuan lainnya seperti buku.

 


Keywords


Intervensi, Pemerintah dan Pendidikan

Full Text:

PDF Download

References


Creswell, John.W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Darmayanti. (2005) Studi Jangka Panjang Tentang Efektivitas Intervensi Psikologis Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh, Jakarta: Universitas Indonesia.

Eko Hardi Ansyah dan Effy Wardati Maryam, (2016). Efektivitas Intervensi Milieu dan Komunitas Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Anak Panti Asuhan Aisyiyah Celep-Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Firdaus Andrew S.P (2015). Intervensi Terhadap Kedaulatan Suatu Negara Menurut Hukum Internasional. Purwokerto.

H. Hasan Baharun (2012). Desentralisasi dan Implikasinya terhadap pengembangan sitem pendidikan sosial. 1(2). Ilmu Tarbiyah At-Tajdid

Isbandi Rukminto Adi. (2013: 211) Intervensi Komunitas & Pengembangan Masyarakat: Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

John W. Creswell (2014). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Yogyakarta Pustaka Pelajar

Munandar Aris (2011). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Nasional Jakarta

Naszir dkk. (2009). Teori-Teori Sosiologi. Bandung: Refika Medika.

Ritzer, George (2012) Teori Sosiologi, Bantul : Kreasi Wacana.

Prof. Dr. Soekanto Soerjono dan Dra. Sulistyowati Budi, M.A.(2015). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun.(2018). Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Prodi Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v7i1.2614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya