Implementasi Pengelolaan Sumber Daya Alam Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Pada Masyarakat Pariwisata Dante Pine Kabupaten Enrekang

Nur Ariska, Rahman Rahim, Lukman Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui Implementasi Pengelolaan Sumber Daya Alam Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Pada Masyarakat Pariwisata Dante Pine Kabupaten Enrekang. (2). Mengetahui  Pula Dampak Sosial Ekonomi Terhadap Pengelolaan Sumber Daya AlamPariwisata Dante Pine Kabupaten Enrekang.

         Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriftif  kualitatif, dengan Lokasi Penelitian berada disekitar Objek Wisata Dante Pine di Kelurahan Lakawan, Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang, Penentuan informan secara snowball sampling yaitu sampel yang diperoleh melalui proses bergulir dari satu responden ke responden yang lainnya. Metode pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Metode analisis data menggunakan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

         Hasil penelitian menunjukkan bahwa(1). Tempat wisata dante pine memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Salah satu wahana yang disuakai pengunjung di dante pine adalag Zip Bike yangmerupakan wahana bersepeda yang lintasanya berupa tali yang diikat dipohon diatas ketinggian 10 meter dari perukaan tanah. (2). Keberadaan Wisata Dante Pine telah memberikan dampak pada kehidupan sosial  maupun  dampak ekonomi masyarakat. Dante Pine memang telah membawa dampak dalam interaksi sosial mereka terkhusus dalam bentuk persaingan dalam menjalankan usaha yang mereka jalani.

         Untuk dampak ekonominya tercermin dalam peningkatan pendapatan kearah yang lebih baik, dan hasil dari peningkatan pendapatan tersebut, mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, pembayaran barang maupun yang mereka simpan/tabung sebagai sesuatu yang bersifat positif dari keberadaan Wisata Dante Pine.


Keywords


Implementasi, Pengelolaan dan Dampak Sosial Ekonomi.

Full Text:

PDF Download

References


Devi, Angga Herlin. 2017. Pengembangan Objek dan Daya Tarik Wisata Alam Sebagai Daerah Tujuan Wisata Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Sosiologi DILEMA. 32(1):34-44.

Marliastri,S. 2015. Dampak Sosial Ekonomi Masyarakat Terhadap Obyek Wisata Maros Water Park Pattunuang Isue Kabupaten Maros. Makassar: Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nursalam. 2016.Teori Sosiologi Klasik, Modern, Postmodern, Saintifik, Hermaneutik. Yogyakarta. Penerbit Writig Revolution.

Riswandi. 2015. Dampak Sosial Wisata Pantai Galesong Kabupaten Takalar. Makassar: Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Risfaisal. 2013. Perubahan Sosial Budaya Pada Masyarakat Adat Ammaoa Kajang. Makassar: Tesis Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Bagus, Denny.2009. dampak pengembangan obyek wisata. http://jurnal- sdm.blogspot.com/2009/08/dampak-pengembangan-obyek-wisata.dampak.html#. (online) di akses pada tanggal 1 Januari 2019

Dammar, Swarni.2018. eksotisme wisata alam dante pine. http://www.google.co.id/amp/s/makassar.sindonews.com/newsread/8238/7/eksotisme-wisata-alam-dante-pine-enrekang-nan-memukau-1524290654. (online). Diakses tanggal 15 Januari 2019.

Havis Amran’s. 2015. Pengertian sumber daya Alam. https://apitswar.wordpress.com//pengertian-sumber-daya-alam–dan-jenisnya/. (online) Diakses tanggal 5 Januari 2019.

Madebayu. 2009. Dampak sosial pengembangan wisata. http://10/dampak-sosial-pengembangan-pariwisata-terhadap-masyarakat-dikawasan-tanjungbenoa. (online) diakses pada 15 Januari 2019.

Nur Fatih, 2016. seputar pengertian umum. http://seputar-pengertian-umumblogspot.com/2016/0 / pengertian-defenisi-pariwisata.html/m=1 . (online)

di akses tangga 13 Februari 2019.

Teropong. 2017. Pengertian sumber daya alam. https://formteropong.id/2017/10/16/pengertian-sumber-daya-alam-klasifikasi-jenispengelolaan-pemanfaatan-sumber-daya-alam-dan-hambatannya/. (online) di akses tanggal 14 Februari 2019.

Parepos. Fajar. 2019. Potensi ekonomi kabupaten enrekang.http://parepos.fajar.co.id/2019/06/melirik-potensi-ekonomi-kabupatenenrekang/.(online) diakses tanggal 09 Februari 2019.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v7i1.2605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya