Belenggu Produk Modernisasi Terhadap Disparitas Siswa (Studi Kasus Penggunaan Handphone di SMA Muhammadiyah Sungguminasa)
Abstract
Hasil penelitian dari penggunaan handphone di lingkungan SMA Muhammadiyah Sungguminasa menyebabkan dampak posistif dan dampak negative tapi kebanyakan dampak negative yang ditimbukan seperti, adanya jarak antar siswa dalam hal komunikasi dimana siswa berdekatan tapi jarang terjadi interaksi dikarenakan masing-masing sibuk dengan handphone nya, siswa main handphone pada saat pembelajaran berlangsung, menurunnya motivasi belajar siswa sehingga mempengaruhi prestasi belajarnya.
Masalah penggunaan handphone di lingkungan SMA Muhammadiyah Sungguminasa bisa diatasi dengan mengambil sisi positifnya dengan memanfaatkan handphone kearah yang posistif seperti, mencari materi pelajaran yang tidak ada dalam buku pelajaran. Penggunaan handphone di lingkungan sekolah tidak boleh dibiarkan begitu saja dan itu juga susah untuk dihindari karena memang sekarang zaman modernisasi yang dimana ketika tidak mampu menggunakan teknologi yang ada maka akan menyebabkan ketertinggalan, jadi masalah penggunaan handphone harus dihadapi dengan memanfaatkannya sebagai sumber pembelajaran karena cakupan dari internet itu sangat luas yang bisa kita akses sesuai dengan materi yang akan dipelajari.
Keywords
Full Text:
PDF DownloadReferences
Upe, Ambo. 2010. Tradisi Aliran dalam Sosiologi. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada
Poloma, Margaret M. 2010. Sosiologi Kontemporer. Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada
Pranomo, Bambang M. 2013. Sosiologi Sebuah Pengantar. Tanggerang, Laboratorium Sosiologi Agama
Soekanto, Soerjono. 2007. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
globalisasi-dan-modernisasi
Lauer, Robert H. 2001. Prespektif Tentang Perubahan Sosial. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Shadily, Hasan. 1963. Sosiologi Untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta, PT. Pembangunan
Susanto, Phil Astrid S. 1999. Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial. Jakarta. Putra A. Bardin
Ciremai, Anak. (2010). Makalah Modernisasi dan Globalisasi.
Boudrillard, Jean P. 2004, Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Effendy, Onong Uchjana, 2005. Komunikasi dan Modernisasi. Bandung: Mandar Maju.
Kleden, Ninuk dan Probonegoro, 2004. Ekspresi Karya (Seni) dan Politik Multikultural: Sebuah Pengantar. Jakarta : Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Nazaruddin, Muzayin dan Masduki, 2008. Media, Jurnalisme dan Budaya Populer. Yogyakarta: UII Press.
Tikson, T. Deddy, 2005. Keterbelakangan dan Ketergantungan : Teori Pembangunan di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Makassar : Ininnawa.
Sardiman, A.M. (2004). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Ametembun, N. A. 1981. Supervisi Pendidikan Penuntun Bagi Para Kepala Sekolah dan
Guru-Guru, Suri, Bandung: Suri.
Mulyasa. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Soedijarto. 1991. Mencari Strategi Pengembangan Pendidikan Nasional Menjelang Abad
XXI. Jakarta: PT. Grasindo.
Tilaar, H. A. R. 1990. Pendidikan Dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI.
Jakarta: Balai Pustaka.
Zamroni. 2001. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing.
http://www.afand.cybermq.com/post/detail/2761/dampak-positif-dan-dampak- negatif
http://www.wikipedia.com (diakses pada 10 Mei 2019)
http://id.shvoong.com, (diakses pada 10 Mei 2019)
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v7i1.2599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .