Analisis Sosial Terhadap Sekolah Unggulan dan Non Unggulan Kabupaten Enrekang

Sri Iril Anjani, Nursalam Nursalam, Risfaisal Risfaisal

Abstract


Tujuan umum dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui sudut pandang sosial tentang perbedaan kualitas antara sekolah unggulan dan non unggulan,Untuk mengetahui persepsi masyarakat  dari segi kekurangan, dan kelebihan antar sekolah unggulan dan non unggulan. Secara khusus penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Mengetahui secara khusus yang menjadi wacana perbedaan di sosial tentang sekolah unggulan dan non unggulan Faktor-faktor yang membedakan antar sekolah unngulan dan non unggulan. adapun Jenis  penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Jenis penelitian kualitatif dan Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan fenomenologi.  

                Adapun Analisis data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan dan verifikasi dan selain itu adapun  Instrumen Penelitian di lakukan peneliti sebgaia berikut  Interview atau wawancara dan Observasi. 

                Hasil analisis dari hasil wawancara dengan masyarakat berkaitan dengan sudut pandang terhadap sekolah unggulan dan non unggulan di mana masyarakat melihat kualitas sekolah dari segi fasilitas yang layak dan itu hanya dimiliki oleh sekolah unggulan di mana fasilitas dalam hal dunia pendidikan hampir semua mencakupi di sekolah unggulan sedangkan sekolah non unggulan bukannya tidak memiliki Cuma kurang maksimal, Yang selanjutnya kualitas yang di hasilkan oleh sekolah unggulan lebih baik dibandingkan sekolah non unggulan di mana sistem cara mendidik di sekolah unggulan lebih baik dibandingkan di sekolah non unggulan,

Sesuai hasil penelitia di mana pendapat dari pihak pemerintah yang hanya menjalankan aturan sudah di perlakukan, pemerintah tidak aslal ambil keputusan di mana  parapemerintah hanya mengikuti seusatu yang sudah di tetapkan dalam hal pengadaan sekolah unggulan dan non unggulan dimana mereka hanya menjalankan sesuai dengan job yang telah mereka tempati dan ikuti aturan dan apabila sekolah sudah memenuhi aturan maka pemerintah tidak berhak menundanya.  

 

Kata Kunci : Analisis Sosial , Sekolah Unggulan dan Non Unggulan


Keywords


Analisis Sosial , Sekolah Unggulan dan Non Unggulan

Full Text:

PDF

References


Alis Muhlis dan Norkholis, 2018 Analisis Tindakan Sosial Max Weber Dalam Tradisi Pembacaan Kitab Mukhtashar Al-Bukhari (Studi Living Hadis). Teknik Penentuan Informan

Upe,Ambo, 2010 : Tradisi Aliran Dalam Sosiologi , Positivisistik ke Post Positivistik : Kharisma Putra Utama Offset

Baharuddin, Pardigma Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2016,

Bogdan dan Biklen (dalam Syamsuddin dan Damaianti, 2011, hlm. 14) proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis transkrip wawancara PT Rineka Cipta, 2015

Bungin,2016: 55-57 mengacaukan konsep-konsep lama tentang kontak sosial Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2004

Calhoun dan Acocella (2017: 13) : interaksi individu sebab tanpa interaksi adaptasi tidak akan mungkin tercapai; Kumpulan-kumpulan pendapat para ahli tentang sosial : yokyakarta 2011

Gillin dan Gillin dalam Soekanto 2018: 71-104, dua golongan proses sosial sebagai akibat dan interaksi sosial, yaitu proses sosial asosiatif dan proses sosial disosiatif

Hubert Bonner (Santoso. 2017: 164) seperti yang dikutip oleh Dr. W. A. Gerungan, ia menjelaskan bahwa interaksi sosial mengubah atau memperbaiki kelakuan individu

Menurut Soekanto (2016: 54) interaksi sosial, sebab tanpa interaksi adaptasi tidak akan mungkin tercapai; Kumpulan-kumpulan pendapat para ahli tentang sosial : yogyakarta 2011

Mustofa Kamil, 2017:10 : lembaga khusus untuk pelatihan teknis dan profesional. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004

Skripsi : Rachmat Indryanto, 2018. Analisis Sosial Etnis Jawa Pada Masyarakat Di Kelurahan Sumpang Binangae Di Kecamatan Barru, Kabupaten Barru perpustakaan.upi.edu

Skripsi : Alis Muhlis dan Norkholis, 2013 Analisis Tindakan Sosial Max Weber Dalam Tradisi Pembacaan Kitab Mukhtashar Al-Bukhari (Studi Living Hadis). perpustakaan.upi.edu

Snowball sampling proses penentuan informan berdasarkan informan Jakarta: Darus Sunna Press, 2008

Sulherland (Huky BA & Wila D.A.) interaksi sosial pengaruh-mempengaruhi secara dinamis antara kekuatan-kekuatan dalam mana kontak diantara pribadi dan kelompok menghasilkan perubahan sikap dan tingka laku dari pada partisipan : Surabaya: Usaha Nasional,

UUD Negara repobik Indonesia, Pasal 1 Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2016

Zuhairini, 1018 : 9 memiliki perana pokok dalam membentuk generasi muda agar memiliki kepribadian yang utama.: Bandung : Sinar Baru, 2002,)




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya