Analisis Sosial Terhadap Sekolah Unggulan dan Non Unggulan Kabupaten Enrekang
Abstract
Tujuan umum dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui sudut pandang sosial tentang perbedaan kualitas antara sekolah unggulan dan non unggulan,Untuk mengetahui persepsi masyarakat dari segi kekurangan, dan kelebihan antar sekolah unggulan dan non unggulan. Secara khusus penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang Mengetahui secara khusus yang menjadi wacana perbedaan di sosial tentang sekolah unggulan dan non unggulan Faktor-faktor yang membedakan antar sekolah unngulan dan non unggulan. adapun Jenis penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah Jenis penelitian kualitatif dan Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan fenomenologi.
Adapun Analisis data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan dan verifikasi dan selain itu adapun Instrumen Penelitian di lakukan peneliti sebgaia berikut Interview atau wawancara dan Observasi.
Hasil analisis dari hasil wawancara dengan masyarakat berkaitan dengan sudut pandang terhadap sekolah unggulan dan non unggulan di mana masyarakat melihat kualitas sekolah dari segi fasilitas yang layak dan itu hanya dimiliki oleh sekolah unggulan di mana fasilitas dalam hal dunia pendidikan hampir semua mencakupi di sekolah unggulan sedangkan sekolah non unggulan bukannya tidak memiliki Cuma kurang maksimal, Yang selanjutnya kualitas yang di hasilkan oleh sekolah unggulan lebih baik dibandingkan sekolah non unggulan di mana sistem cara mendidik di sekolah unggulan lebih baik dibandingkan di sekolah non unggulan,
Sesuai hasil penelitia di mana pendapat dari pihak pemerintah yang hanya menjalankan aturan sudah di perlakukan, pemerintah tidak aslal ambil keputusan di mana parapemerintah hanya mengikuti seusatu yang sudah di tetapkan dalam hal pengadaan sekolah unggulan dan non unggulan dimana mereka hanya menjalankan sesuai dengan job yang telah mereka tempati dan ikuti aturan dan apabila sekolah sudah memenuhi aturan maka pemerintah tidak berhak menundanya.
Kata Kunci : Analisis Sosial , Sekolah Unggulan dan Non Unggulan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alis Muhlis dan Norkholis, 2018 Analisis Tindakan Sosial Max Weber Dalam Tradisi Pembacaan Kitab Mukhtashar Al-Bukhari (Studi Living Hadis). Teknik Penentuan Informan
Upe,Ambo, 2010 : Tradisi Aliran Dalam Sosiologi , Positivisistik ke Post Positivistik : Kharisma Putra Utama Offset
Baharuddin, Pardigma Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2016,
Bogdan dan Biklen (dalam Syamsuddin dan Damaianti, 2011, hlm. 14) proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis transkrip wawancara PT Rineka Cipta, 2015
Bungin,2016: 55-57 mengacaukan konsep-konsep lama tentang kontak sosial Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2004
Calhoun dan Acocella (2017: 13) : interaksi individu sebab tanpa interaksi adaptasi tidak akan mungkin tercapai; Kumpulan-kumpulan pendapat para ahli tentang sosial : yokyakarta 2011
Gillin dan Gillin dalam Soekanto 2018: 71-104, dua golongan proses sosial sebagai akibat dan interaksi sosial, yaitu proses sosial asosiatif dan proses sosial disosiatif
Hubert Bonner (Santoso. 2017: 164) seperti yang dikutip oleh Dr. W. A. Gerungan, ia menjelaskan bahwa interaksi sosial mengubah atau memperbaiki kelakuan individu
Menurut Soekanto (2016: 54) interaksi sosial, sebab tanpa interaksi adaptasi tidak akan mungkin tercapai; Kumpulan-kumpulan pendapat para ahli tentang sosial : yogyakarta 2011
Mustofa Kamil, 2017:10 : lembaga khusus untuk pelatihan teknis dan profesional. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004
Skripsi : Rachmat Indryanto, 2018. Analisis Sosial Etnis Jawa Pada Masyarakat Di Kelurahan Sumpang Binangae Di Kecamatan Barru, Kabupaten Barru perpustakaan.upi.edu
Skripsi : Alis Muhlis dan Norkholis, 2013 Analisis Tindakan Sosial Max Weber Dalam Tradisi Pembacaan Kitab Mukhtashar Al-Bukhari (Studi Living Hadis). perpustakaan.upi.edu
Snowball sampling proses penentuan informan berdasarkan informan Jakarta: Darus Sunna Press, 2008
Sulherland (Huky BA & Wila D.A.) interaksi sosial pengaruh-mempengaruhi secara dinamis antara kekuatan-kekuatan dalam mana kontak diantara pribadi dan kelompok menghasilkan perubahan sikap dan tingka laku dari pada partisipan : Surabaya: Usaha Nasional,
UUD Negara repobik Indonesia, Pasal 1 Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2016
Zuhairini, 1018 : 9 memiliki perana pokok dalam membentuk generasi muda agar memiliki kepribadian yang utama.: Bandung : Sinar Baru, 2002,)
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2596
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .