Rekonstruksi Sosial Ekonomi (Studi Bumdes Sebagai Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Desa Sangiang Kabupaten Bima)

Irdansyah Irdansyah, Eliza Meiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha Bumdes dikalangan masyarakat Masyarakat Nelayan Desa Sangiang Kabupaten Bima,Untuk mengetahui Rekonstruksi Sosial Ekonomi dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Desa Sangiang Kabupaten Bima. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang pemberdayaan masyarakat lewat bumdes dan kondisi perekonomian masyarakat nelayan. Informan ditentukan secara purposive sampling berdasarkan karakteristik informan yang telah ditetapkan yaitu pengurus BUMDes, pemerintah desa, serta masyarkat nelayan desa sangiang. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data melalui berbagai tahapan yaitu reduksi data, panyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu.

Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini dari aspek Pemanfaatan : Bumdes Dalam pemanfaatan Usaha BUMDES pada masyarakat nelayan Di Desa Sangiang belum membuahkan hasil dan menyentuh nelayan dan belum pernah mendapatkan atau merasakan manfaat dari BUMDES itu sendiri bahkan unit-unit usaha yang dibuat oleh pengurus bumdes BUMDES Sangiang telah gagal dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Sementara dari aspek Rekonstruksi Sosial Ekonomi : Rekonstruksi yang berarti membangun atau pengembalian kembali sesuatu berdasarkan kejadian semula, dimana dalam rekonstruksi tersebut terkandung nilai-nilai primer yang harus tetap ada dalam aktifitas membangun kembali sesuatu sesuai dengan kondisi semula harus dilakukan agar kemudian terjadi perubahan dalam aspek ekonomi maupun social masyarakat nelayan.

 


Keywords


Rekonstruksi Sosial Ekonomi, Bumdes dan Pemberdayaan Masyarakat Nelayan

Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. 2013. Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakrta: Rajawali Pers.

Creswell, John W. 2010. Reserch Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damsar. 2010. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Kencana.

Desyandri. 2013. Aliran Filsafat Rekonstruksi Sosial/Budaya, (online), (https://desyandri.wordpress.com/2013/12/27/aliran-filsafat-rekonstruksi-sosialbudaya/, diakses 24 Januari 2018).

Fink, Hans. Filsafat Sosial Dari Feodalisme Hingga Pasar Bebas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Giddnes, Anthony. 2009. Problematika Utama Dalam Teori Sosial Aksi, Struktur, Dan Kontradiksi Dalam Analisis Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Giddnes, Anthony. 2016. Teori Strukturasi Dasar-Dasar Pembentukan Struktur Soial Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jahar, Asep Saipudin dkk. 2013. Sosiologi Sebuah Pengantar Tinjauan Pemikiran Sosiologi Islam. Jakarta: Laboratorim Sosiologi Agama.

Rahim, Manat dkk. 2014. Model Pemberdayaan Masyarakat Di Wilayah Pesisir Dalam Menanggulangi Kemiskinan Di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Journal The WINNERS. 15 (1): 23-

Ritzer, George. 2014. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Rajawali Pers.

Sujarwa. 2014. Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar Manusia Dan Fenomena Sosial Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Samadara, Salfasina dkk. 2016. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Kemitraan (Studi Kasus Nelayan Desa Sulamu Kabupaten Kupang NTT). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. 4 (1).

Sutoro Eko, 2002, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Materi Diklat Pemberdayaan Masyarakat Desa, Badan Diklat Provinsi Kaltim, Samarinda.

Turner, Bryan S. 2012. Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Usman, Sonyoto. 2010. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widjaja, Haw. 2014. Otonomi Desa Merupakan otonomi yang Asli, Bulat dan Utuh. Jakarta: Rajawali Pers.

Yusuf, Muh. Jufri. 2013. Studi Tentang Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Di Kabupaten Nunukan ( Studi Kasus Di Kelurahan Nunukan Selatan Kecamatan Nunukan Selatan). Journal Ilmu Pemerintahan. 1 (4).

Ratna Azis Prasetyo Airlangga University : Peranan Bumdes Dalam Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pejambon Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Dialektika Volume XI No.1 Maret 2016

Kadek Darwita dan Dewa Nyoman Redana: Peranan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Dan Penanggulangan Pengangguran Di Desa Tejakula Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng 2018. Locus Majalah Ilmiah FISIP Vol 9 No. 1 – Pebruari 2018




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya