Pengembangan Modul Kearifan Lokal sebagai Upaya Pelestarian Rumah Tongkonan melalui Pendidikan

Authors

  • Ulul Azmi Mustari Universitas Negeri Makassar
  • Evi Alfira Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Rizal Arizaldy Ramly Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Suhenrik P Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Supardi Salam Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Marwan Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Eka Ariaty B Universitas Pejuang Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/nhgzhn79

Abstract

Pengintegrasian mata Pelajaran dengan kearifan lokal merupakan salah satu hal yang penting dalam mewujudkan Pendidikan di Indonesia yang menekankan pengalaman belajar yang sesuai dengan minat, bakat dan karakteristik, sehingga perlu dilakukan identifikasi unsur-unsur budaya dan kearifan lokal dalam bahan ajar. Namun dalam kenyataannya banyak guru yang belum mengintegrasikan kearifan lokal dalam pembelajaran sehingga masih banyak peserta didik yang tidak mengenal kearifan lokal di lingkungan mereka. Oleh karena itu, penelitian ini hadir bertujuan untuk mengintegrasikan materi kearifan lokal sebagai Upaya pelestarian rumah tongkonan melalui Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan Research & Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, dan Evaluate). Peneliti memilih tipe ADDIE yang menjadi salah satu dari beberapa model desain pembelajaran yang sistematis melalui pengembangan modul berbasis kearifan lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul kearifan lokal sebagai Upaya pelestarian rumah tongkonan melalui pendidikan dapat diterima oleh peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari perolehan nilai penilaian dari ahli media, ahli materi, dan uji coba. Penilaian ahli media menunjukkan persentase sebanyak 85% dinyatakan dengan kategori "sangat layak", penilaian ahli materi menunjukkan persentase sebanyak 95% dengan kategori "sangat layak", dan uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebanyak 92% dengan kategori "sangat layak". Sehingga dapat dikatakan bahwa modul ini dapat diterima oleh peserta didik, baik dari segi materi dan medianya. 

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Pengembangan Modul Kearifan Lokal sebagai Upaya Pelestarian Rumah Tongkonan melalui Pendidikan. (2025). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 13(3). https://doi.org/10.26618/nhgzhn79