Analisis Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Literasi Awal Kelas III Laboratorium School ⁠ SD UNISMUH Makassar

Authors

  • Rinaldi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Akhir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Afdal Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Maemunah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Inayati Saiful Iisip Yapis Biak
  • Risfaisal Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/v5cwyq26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pendidikan karakter dalam mengatasi krisis literasi dini pada siswa kelas 3 SD UNISMUH Makassar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus, yang melibatkan observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan karakter ke dalam pembelajaran literasi memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca dan menulis siswa. Siswa yang terlibat dalam program pendidikan karakter menunjukkan peningkatan motivasi belajar, keterampilan sosial, dan prestasi akademik yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak terlibat. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam program "Literasi Keluarga" terbukti efektif dalam mendukung kegiatan literasi anak di rumah. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya, penelitian ini merekomendasikan pengembangan program pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam kurikulum literasi untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan literasi siswa

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Analisis Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Literasi Awal Kelas III Laboratorium School ⁠ SD UNISMUH Makassar. (2025). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 13(3), 447-453. https://doi.org/10.26618/v5cwyq26