Pendidikan Anak Perempuan di Komunitas Nelayan Kepulauan Saugi, Kabupaten Pangkep: Antara Tradisi dan Harapan
DOI:
https://doi.org/10.26618/0shafe83Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Kondisi Akses Pendidikan Anak Perempuan di Komunitas Nelayan Kepulauan Saugi, 2) Harapan Keluarga Nelayan terhadap Pendidikan Anak Perempuan di Pulau Saugi, 3) Nilai Tradisional yang Membentuk Pilihan Pendidikan Anak Perempuan di Pulau Saugi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap anak perempuan, orang tua, guru, dan tokoh masyarakat; observasi partisipan terhadap aktivitas sehari-hari; serta dokumentasi dari catatan sekolah dan data resmi. Analisis data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan, dengan triangulasi sumber dan metode untuk menjaga keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) akses pendidikan anak perempuan masih terbatas akibat kondisi geografis kepulauan, biaya transportasi, serta minimnya fasilitas pendidikan menengah. 2) Sebagian besar keluarga nelayan memiliki harapan besar agar anak perempuan dapat melanjutkan sekolah sebagai jalan keluar dari kemiskinan, keterbatasan ekonomi sering kali menjadi penghalang. 3) Nilai tradisional yang menekankan peran domestik perempuan masih berpengaruh kuat, meski mulai muncul aspirasi baru dari generasi muda untuk melanjutkan pendidikan. Penelitian ini menegaskan perlunya intervensi kebijakan pendidikan yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat kepulauan dan kesetaraan gender.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id