Analisis Pengembangan E-Modul STEM Yang Menggabungkan Literasi Sains Tentang Materi Energi
DOI:
https://doi.org/10.26618/arr5kb04Abstract
Pengembangan pendidikan yang berbasis STEM memiliki potensi besar untuk meningkatkan dan
melatih literasi sains siswa. Oleh karena itu, bahan ajar harus ditingkatkan agar siswa lebih mudah memahami
konsep-konsep ilmiah secara mandiri. Salah satu inovasi yang relevan adalah pengembangan bahan ajar digital
dengan mengubah modul cetak menjadi modul elektronik (e-modul). Tujuan penelitian ini adalah untuk
menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis STEM yang dapat meningkatkan literasi sains siswa
sekolah dasar pada materi gaya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana
kesiapan guru dan sekolah dalam menerapkan pembelajaran STEM secara efektif. Metodologi yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi
reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar
yang tersedia saat ini belum sepenuhnya mendukung pembelajaran mandiri dan integrasi konsep STEM masih
terbatas. Selain itu, sebagian besar guru belum memiliki pemahaman mendalam tentang penerapan literasi
sains dalam pembelajaran gaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan e-modul
berbasis STEM yang interaktif, kontekstual, dan mendukung penguatan literasi sains siswa di sekolah dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id