Analisis Pengembangan E-Modul STEM Yang Menggabungkan Literasi Sains Tentang Materi Energi

Authors

  • Urip Umayah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali
  • Latifah Nurul Aini Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Rif’ah Rahmatunnisa Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Nabiilah Damayanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.26618/arr5kb04

Abstract

Pengembangan pendidikan yang berbasis STEM memiliki potensi besar untuk meningkatkan dan 
melatih literasi sains siswa. Oleh karena itu, bahan ajar harus ditingkatkan agar siswa lebih mudah memahami 
konsep-konsep ilmiah secara mandiri. Salah satu inovasi yang relevan adalah pengembangan bahan ajar digital 
dengan mengubah modul cetak menjadi modul elektronik (e-modul). Tujuan penelitian ini adalah untuk 
menganalisis kebutuhan pengembangan e-modul berbasis STEM yang dapat meningkatkan literasi sains siswa 
sekolah dasar pada materi gaya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana 
kesiapan guru dan sekolah dalam menerapkan pembelajaran STEM secara efektif. Metodologi yang digunakan 
adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan 
studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi 
reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar 
yang tersedia saat ini belum sepenuhnya mendukung pembelajaran mandiri dan integrasi konsep STEM masih 
terbatas. Selain itu, sebagian besar guru belum memiliki pemahaman mendalam tentang penerapan literasi 
sains dalam pembelajaran gaya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan e-modul 
berbasis STEM yang interaktif, kontekstual, dan mendukung penguatan literasi sains siswa di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-10-11

How to Cite

Analisis Pengembangan E-Modul STEM Yang Menggabungkan Literasi Sains Tentang Materi Energi. (2025). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 13(3), 407-413. https://doi.org/10.26618/arr5kb04