Urgensi Pelatihan Tatacara Pemungutan dan Penghitungan Suara bagi Saksi Partai Politik pada Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Gowa (Studi tentang Pendidikan Politik)
DOI:
https://doi.org/10.26618/g1yw8w94Abstract
Penelitian ini menganalisis urgensi pelatihan tatacara pemungutan dan penghitungan suara bagi saksi partai politik pada Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Gowa dengan menggunakan kerangka Teori Modal Pierre Bourdieu. Pemilu serentak dipandang sebagai momentum konsolidasi demokrasi, namun di tingkat lokal sering menghadapi persoalan lemahnya kapasitas saksi partai dalam memahami prosedur teknis pemungutan dan penghitungan suara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi terhadap saksi partai, pengurus partai lokal, serta penyelenggara pemilu. Hasil penelitian menunjukkan lima kategori utama yang menentukan efektivitas saksi, yaitu pemahaman tatacara pemungutan suara, ketepatan penghitungan suara, kapasitas dan pelatihan saksi, peran pendidikan politik, serta fungsi TPS sebagai ruang demokrasi. Analisis dengan perspektif Bourdieu memperlihatkan bahwa lemahnya modal kultural, sosial, dan simbolik saksi, yang tidak ditopang oleh pendidikan politik berkelanjutan, menurunkan posisi tawar mereka dalam arena pemilu dan berdampak pada berkurangnya kualitas pengawasan.
Kata Kunci: Pemilu Serentak 2024; Saksi Partai Politik; Pendidikan Politik; Teori Modal Pierre Bourdieu.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id