Komunitas Klinik Belajar Guru Ilmu Sosial di Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Hang Tuah
DOI:
https://doi.org/10.26618/53yjm544Keywords:
Komunitas, Klinik Belajar, Kompetensi GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bentuk strategi Klinik Belajar dalam meningkatkan profesionalisme guru ilmu sosial di SMAS Hang Tuah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ada 7 orang informan yang dipilih melalui Teknik purpose sampling dengan kriteria informan yaitu anggota Klinik Belajar, Guru yang telah mengajar 2 tahun terakhir atau memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pengurus Klinik Belajar. Serta menggunakan teknik keabsahan data triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, da kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk strategi Klinik Belajar dalam meningkatkan profesionalisme guru ilmu sosial di SMAS Hang Tuah yaitu dengan Pengembangan profesionalisme guru yang holistik dan berkelanjutan berfokus pada pengoptimalkan pelatihan, memperluas akses ke sumber daya, serta membangun kolaborasi yang efektif, melibatkan evaluasi dan refleksi.
References
Ahmad Tantowi. (2018). Performance Guru (Z. Muammar (ed.); Cetakan Pe). UD. EkSySTIKa Press.
Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak Publisher.
Fadila, E. (2023). Buku Saku Komunitas Belajar Pengawas Sekolah. 1–68.
Ferayanti, M., Nissa, H., Kurnianingsih, S., Irfan, R., Patria, H., TIM IKM Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Tim IKM Ditjen PAUD dan Pendidikan Dasar & Menengah, Tim IKM Ditjen Pendidikan Vokasi, & Tim GovTech Edu. (2023). Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar (pp. 1–22).
Firdaus, M. (2024). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY : Journal of Primary Education , 2(2), 39–43.
Harlita, I., Ramadan, Z. H., & Riau, U. I. (2024). Peran Komunitas Belajar di Sekolah Mengembangkan Kompetensi Guru Dasar dalam. 13(3), 2907–2920.
Helaludin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik (p. 33).
Heryanto Susilo, Desika Putri Mardiani, M. W. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunitas Belajar (Cetakan Pe). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309.
Jejen Musfah. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar (Cetakan ke). Kencana.
Kasiman, Puspowati, A., Jabar, U., Pratama, P., Lestari, P. R. D., & Silasakti, W. (2020). Belajar di Komunitas Praktisi. 71.
Kemdikbud. (n.d.). Menggerakkan Komunitas Belajar Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Apa yang akan Anda pelajari dalam dokumen ini ?
Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46.
Mohune, M. N., Husain, R., & Arifin, I. N. (2022). Urgensi Komunitas Praktisi Dan Implikasinya Terhadap Permasalahan Pendidikan. … Nasional Pendidikan …, November, 136–143.
Nofrion. (2016). Komunitas Pendidikan Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran (cetakan pe). Kencana.
Novelita, N., & Devian, L. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah Dasar Di Era Digital. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 380–395. https://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1673
Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. P. (2023). Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 4263/B/HK.04.01/2023. 1–2.
Rahayuningsih, S. ., Mardliyah, A. A. ., & Rijanto, A. (2023).
Peningkatan Kompetensi Guru Dan Membangun Budaya Belajar Berkelanjutan Melalui Pembentukan Komunitas Belajar. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(8), 934–940.
Rodi, Sesmiarni, Z., & Ismail, F. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Komunitas Praktisi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 466–468.
Rofiqotul Khusna, N. P. (2023). Pengaruh Komunitas Belajar Terhadap Kemampuan Pedagogik Guru Di Ikatan NSIN TK Bekasi. 8(2), 252–260.
Sandu Siyoto, M. A. S. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id