Komunitas Klinik Belajar Guru Ilmu Sosial di Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Hang Tuah

Authors

  • Irmayanti Irmayanti Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Makassar
  • Najamuddin Najamuddin Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Makassar
  • A. Octamaya Tenri Awaru Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/53yjm544

Keywords:

Komunitas, Klinik Belajar, Kompetensi Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bentuk strategi Klinik Belajar dalam meningkatkan profesionalisme guru ilmu sosial di SMAS Hang Tuah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ada 7 orang informan yang dipilih melalui Teknik purpose sampling dengan kriteria informan yaitu anggota Klinik Belajar, Guru yang telah mengajar 2 tahun terakhir atau memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pengurus Klinik Belajar. Serta menggunakan teknik keabsahan data triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, da kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk strategi Klinik Belajar dalam meningkatkan profesionalisme guru ilmu sosial di SMAS Hang Tuah yaitu dengan Pengembangan profesionalisme guru yang holistik dan berkelanjutan berfokus pada pengoptimalkan pelatihan, memperluas akses ke sumber daya, serta membangun kolaborasi yang efektif, melibatkan evaluasi dan refleksi.

References

Ahmad Tantowi. (2018). Performance Guru (Z. Muammar (ed.); Cetakan Pe). UD. EkSySTIKa Press.

Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak Publisher.

Fadila, E. (2023). Buku Saku Komunitas Belajar Pengawas Sekolah. 1–68.

Ferayanti, M., Nissa, H., Kurnianingsih, S., Irfan, R., Patria, H., TIM IKM Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Tim IKM Ditjen PAUD dan Pendidikan Dasar & Menengah, Tim IKM Ditjen Pendidikan Vokasi, & Tim GovTech Edu. (2023). Panduan Optimalisasi Komunitas Belajar (pp. 1–22).

Firdaus, M. (2024). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY : Journal of Primary Education , 2(2), 39–43.

Harlita, I., Ramadan, Z. H., & Riau, U. I. (2024). Peran Komunitas Belajar di Sekolah Mengembangkan Kompetensi Guru Dasar dalam. 13(3), 2907–2920.

Helaludin, H. W. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik (p. 33).

Heryanto Susilo, Desika Putri Mardiani, M. W. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunitas Belajar (Cetakan Pe). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309.

Jejen Musfah. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar (Cetakan ke). Kencana.

Kasiman, Puspowati, A., Jabar, U., Pratama, P., Lestari, P. R. D., & Silasakti, W. (2020). Belajar di Komunitas Praktisi. 71.

Kemdikbud. (n.d.). Menggerakkan Komunitas Belajar Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Apa yang akan Anda pelajari dalam dokumen ini ?

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 9–46.

Mohune, M. N., Husain, R., & Arifin, I. N. (2022). Urgensi Komunitas Praktisi Dan Implikasinya Terhadap Permasalahan Pendidikan. … Nasional Pendidikan …, November, 136–143.

Nofrion. (2016). Komunitas Pendidikan Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran (cetakan pe). Kencana.

Novelita, N., & Devian, L. (2023). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah Dasar Di Era Digital. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 380–395. https://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1673

Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. P. (2023). Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 4263/B/HK.04.01/2023. 1–2.

Rahayuningsih, S. ., Mardliyah, A. A. ., & Rijanto, A. (2023).

Peningkatan Kompetensi Guru Dan Membangun Budaya Belajar Berkelanjutan Melalui Pembentukan Komunitas Belajar. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(8), 934–940.

Rodi, Sesmiarni, Z., & Ismail, F. (2022). Mengembangkan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Komunitas Praktisi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 466–468.

Rofiqotul Khusna, N. P. (2023). Pengaruh Komunitas Belajar Terhadap Kemampuan Pedagogik Guru Di Ikatan NSIN TK Bekasi. 8(2), 252–260.

Sandu Siyoto, M. A. S. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing.

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Komunitas Klinik Belajar Guru Ilmu Sosial di Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Hang Tuah. (2025). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 13(3), 377-389. https://doi.org/10.26618/53yjm544