Cryptolec: Kajian Sosiologis tentang Interaksi dan Sosialisasi dalam Bahasa Sandi Widal
DOI:
https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i2.17862Keywords:
Widal Code Language, Social Interaction, SocializationAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah memahami Bahasa Sandi Widal dalam perspektif interaksionisme simbolik dan menganalisis proses sosialisasi Bahasa Sandi Widal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur sebagai teknik pengambilan data. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas tiga bagian yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahasa Sandi Widal merupakan bahasa yang ada sejak zaman kolonial dan digunakan sebagai alat perlindungan serta untuk menjaga informasi dari penjajah. Bahasa Sandi Widal bisa dilafalkan melalui simbol khusus yang telah dibuat sejak dulu dan dapat dilafalkan oleh orang yang telah menguasai. Proses sosialiasi Bahasa Sandi Widal dimulai dari tingkatan keluarga hingga komunitas sehingga keberadaan Bahasa Sandi Widal masih tetap berlanjut hingga saat ini.References
Anasti, R. R., Ridanta, S., & Ramadhan, S. (2020). Proses Fonologis Generatif Bahasa Prokem Remaja di Indonesia. DEIKSIS, 12(01), 69. https://doi.org/10.30998/deiksis.v12i01.3799
Citraningsih, D., & Noviandari, H. (2022). Interaksionisme Simbolik: Peran Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan. Social Science Studies, 2(1), 072–086. https://doi.org/10.47153/sss21.3152022
Dewi, M., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar.
Dwiyanti, A., & Supriatna, E. (2025). Pemertahanan Bahasa Baduy sebagai Identitas Budaya.
Eleazer, J. (2022). Teori Konflik Sosiologi Modern terhadap Pembentukan Identitas Manusia. In Journal Jurnal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Sejarah, Sosiologi dan Perpustakaan (Vol. 4).
Fadilla, A., & Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data.
Lubis, B. A. R. (2024). Fanatisme Viking Yogyakarta terhadap Klub Sepak Bola Persib Bandung. Commsphere: Jurnal Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 2(I), 67–85. https://doi.org/10.37631/commsphere.v2ii.1356
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., Lazuardi, J., & Komunikasi, P. I. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia (Vol. 1, Issue 2). Online. www.plus62.isha.or.id/index.php/kampret
Murdiyanto, E. (2020). Sosiologi Perdesaan: Pengantar untuk Memahami Masyarakat Desa.
Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93
Rasyid, R., Marjuni, M., Achruh, A., Rasyid, M. R., & Wahyuddin, W. (2020). Implikasi Lingkungan Pendidikan terhadap Perkembangan Anak Perspektif Pendidikan Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 111. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i2a1.2020
Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Purnomo, E., Tiyo, A., & Seriawaty, R. (2023). Sumber dan Sikap Bahasa terhadap Fenomena Argot Komunitas LGBT di Media Sosial. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 19(1), 1–10. https://doi.org/10.25134/fon.v19i1.5830
Sukmawati, L., Tuhuteru, A., & Rahayu, R. M. (2022). Eksistensi Bahasa Wiwdal pada Masyarakat Tipar Sukabumi, Provinsi Jawa Barat (The Existence of Widal Language in Tipar Community, Sukabumi, The Province of West Java). TOTOBUANG, 10, 181–194. https://doi.org/10.26499/ttbng.v10i2.369
Wardhani, A. D. W. (2023). Analisis Bahasa Slang Dalam Novel Dikta dan Hukum Karya Dhia’an Farah. Deiksis, 15(3), 278. https://doi.org/10.30998/deiksis.v15i3.20979
Zanki, H. A. (2020). Teori Psikologi dan Sosial Pendidikan (Teori Interaksi Simbolik). https://communication.binus.ac.id,
Zulqadri. (2022). Interaksi Simbolik dalam Tradisi “Marosok” di Pasarternak Cubadak Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Dengan diterimanya artikel oleh Tim Editor Equilibrium : Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) dan adanya keputusan untuk menerbitkan artikel tersebut, maka hak cipta tentang artikel ini akan dialihkan ke Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221). Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar memegang hak cipta mengenai semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini. Selain itu Equilibrium Jurnal Pendidikan (p-ISSN: 2339-2401, e-ISSN: 2477-0221) memiliki hak untuk memperbanyak dan mendistribusikan artikel dan setiap penulis tidak diperbolehkan untuk menerbitkan artikel yang sama yang dimuat di jurnal ini.
Surat Pernyataan Keaslian Artikel dan Hak Cipta Naskah dapat anda unduh : di sini
Setelah mengisi dengan lengkap surat pernyataan tersebut, silahkan anda kirimkan lewat e-mail ke alamat : jurnalsosiologi@unismuh.ac.id