Cryptolec: Kajian Sosiologis tentang Interaksi dan Sosialisasi dalam Bahasa Sandi Widal
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anasti, R. R., Ridanta, S., & Ramadhan, S. (2020). Proses Fonologis Generatif Bahasa Prokem Remaja di Indonesia. DEIKSIS, 12(01), 69. https://doi.org/10.30998/deiksis.v12i01.3799
Citraningsih, D., & Noviandari, H. (2022). Interaksionisme Simbolik: Peran Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan. Social Science Studies, 2(1), 072–086. https://doi.org/10.47153/sss21.3152022
Dewi, M., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar.
Dwiyanti, A., & Supriatna, E. (2025). Pemertahanan Bahasa Baduy sebagai Identitas Budaya.
Eleazer, J. (2022). Teori Konflik Sosiologi Modern terhadap Pembentukan Identitas Manusia. In Journal Jurnal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Sejarah, Sosiologi dan Perpustakaan (Vol. 4).
Fadilla, A., & Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data.
Lubis, B. A. R. (2024). Fanatisme Viking Yogyakarta terhadap Klub Sepak Bola Persib Bandung. Commsphere: Jurnal Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 2(I), 67–85. https://doi.org/10.37631/commsphere.v2ii.1356
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., Lazuardi, J., & Komunikasi, P. I. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia (Vol. 1, Issue 2). Online. www.plus62.isha.or.id/index.php/kampret
Murdiyanto, E. (2020). Sosiologi Perdesaan: Pengantar untuk Memahami Masyarakat Desa.
Qomaruddin, Q., & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting, and Administration, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.52620/jomaa.v1i2.93
Rasyid, R., Marjuni, M., Achruh, A., Rasyid, M. R., & Wahyuddin, W. (2020). Implikasi Lingkungan Pendidikan terhadap Perkembangan Anak Perspektif Pendidikan Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 111. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i2a1.2020
Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Purnomo, E., Tiyo, A., & Seriawaty, R. (2023). Sumber dan Sikap Bahasa terhadap Fenomena Argot Komunitas LGBT di Media Sosial. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 19(1), 1–10. https://doi.org/10.25134/fon.v19i1.5830
Sukmawati, L., Tuhuteru, A., & Rahayu, R. M. (2022). Eksistensi Bahasa Wiwdal pada Masyarakat Tipar Sukabumi, Provinsi Jawa Barat (The Existence of Widal Language in Tipar Community, Sukabumi, The Province of West Java). TOTOBUANG, 10, 181–194. https://doi.org/10.26499/ttbng.v10i2.369
Wardhani, A. D. W. (2023). Analisis Bahasa Slang Dalam Novel Dikta dan Hukum Karya Dhia’an Farah. Deiksis, 15(3), 278. https://doi.org/10.30998/deiksis.v15i3.20979
Zanki, H. A. (2020). Teori Psikologi dan Sosial Pendidikan (Teori Interaksi Simbolik). https://communication.binus.ac.id,
Zulqadri. (2022). Interaksi Simbolik dalam Tradisi “Marosok” di Pasarternak Cubadak Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i2.17862
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .