Teaching Kids Fruit and Veggie Benefits through Media Book Design
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. (2021). EDUKASI KESEHATAN DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI: SCOPING REVIEW . Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655. https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.926
Amalia, D., Widiyono, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran STEAM Terhadap Karakter Kreatif Ditinjau Jenis Kelamin Anak Usia 5-6 Tahun. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 123-132. DOI: 10.24235/awlady.v10i2.13212
Aryani, D. I., Santosa, I., & Zpalanzani, A. (2013). Kajian Transformasi Visual Desain Karakter Eevee pada Game Pokémon Series Generasi IV. ITB Journal of Visual Art and Design, 5(2), 155-175.
Aryani, D.I. (2021). Menguak Karakter dan Visualisasi Eevee dalam Franchise Pokemon. Banyumas: Amerta Media.
Azadirachta, F, L. & Sumarni, S. (2017). Pendidikan Gizi Menggunakan Media Buku Saku Meningkatkan Pengetahuan Dan Praktik Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Siswa Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia, 12 (2), 107–115.
Bestari, G.S. & Pramono, A. (2014). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Perubahan Konsumsi Buah dan Sayur Anak Di PAUD Cemara Semarang. Journal of Nutrition College, 3(4), 918-924.
Debeturu, B., and Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 233–40.
De Droog, S.M., Buijzen, M., Valkenburg, P.M. (2014). Enhancing Children’s Vegetable Consumption Using Vegetable-promoting Picture Book: The Impact of Interactive Shared Reading and Character-product Congruence. Elsevier Journal, Appetite, 73, 73-80.
FAO. (2010). Food Consumption-food groups. Retrieved June 19, 2018 from http://www.fao.org/fileadmin/templates/ess/documents/foodsecuritystatistic/FoodConsumptionFoodgroups-en.xls
Fauziddin, M., Asni. Z. (2016). Penerapan Belajar Melalui Bermain Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(3), 1-11. http://doi.org/10.22216/jcc.2016.v1i3.1277.
Hardan-Khalil, K. (2020). Factors Affecting Health-Promoting Lifestyle Behaviors Among Arab American Women. Journal of Transcultural Nursing, 31(3), 267–275. https://doi.org/10.1177/1043659619859056
Hermina, H. dan S, Prihatini. (2016). Gambaran Konsumsi Sayur dan Buah Penduduk Indonesia dalam Konteks Gizi Seimbang: Analisis Lanjut Survei Konsumsi Makanan Individu (SKMI) 2014. Buletin Penelitian Kesehatan, 44(3), 205-218.
Hwang, Y., & Oh, J. (2020). Factors Affecting Health-Promoting Behaviors among Nursing Students. International journal of environmental research and public health, 17(17), 6291. https://doi.org/10.3390/ijerph17176291
Kemenkes. (2014). Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Kemenkes. (2016). Buku Panduan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Krogh, S. L., and Slentz, K. L. (2008). The Early Childhood Curriculum. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.
Lingga, L. (2010). Cerdas memilih sayuran (M. T. Nixon (ed.)). Jakarta: AgroMedia Pustaka.
Mahmudah, U., Yuliati, E. (2021). Edukasi Konsumsi Buah dan Sayur sebagai Strategi dalam Pencegahan Penyakit Tidak Menular pada Anak Sekolah Dasar. WARTA LPM 24(1), 11-19.
Munandar, S. C. U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Niemeier, B.S., Tande, D.L., Hwang, J., Stastny, S. & Hektner, J.M. (2010). Using Education, Exposure, and Environments to Increase Prescool Children Knowledge about Fruit and Vegetables. Journal of Extension. 48(1), 1-5.
Nurani, Y., Hartati, S., Sihadi, S. (2020). Memacu Kreativitas Melalui Bermain: Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.
Owen, L. H., Kennedy, O. B., Hill, C., & Houston-Price, C. (2018). Peas, please! Food familiarization through picture books helps parents introduce vegetables into preschoolers’ diets. Appetite, 128, 32–43. https://doi.org/10.1016/j.appet.2018.05.140
Patrick, H. & Nicklas, T.A. (2005). A Review of Family and Social Determinants of Children’s Eating Pattern and Diet Quality. Journal of the American College of Nutrition, 24(2), 83-92.
Putri, S. U. (2019). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini. Sumedang: Royyan Press.
Safi'i, A. (2019). Creative Learning: Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Safitri, Y. L., Sulistyowati, E., & Ambarwati, R. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Media Puzzle Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Sayur Dan Buah Pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Nutrition College, 10(2), 100–104. https://doi.org/10.14710/jnc.v10i2.29139
Seidel, S., Tishman, S., Winner, E., Hetland, L. and Palmer, P. (2009). The Qualities of Quality : Understanding Excellence in Arts Education. USA: Project Zero.
Stephanie N Pilieci , Saad Y Salim , Daithi S Heffernan , Kamal M F Itani, R. G. K. (2018). A Randomized Controlled Trial of Video Education versus Skill Demonstration: Which Is More Effective in Teaching Sterile Surgical Technique? Surg Infect (Larchmt), 19(3), 303–312. https://doi.org/doi:10.1089/sur.2017.231.
Suhardjo. (2003). Berbagai Cara Pendidikan Gizi. Jakarta: Bumi Aksara.
Zalewska, M., & Maciorkowska, E. (2017). Selected nutritional habits of teenagers associated with overweight and obesity. PeerJ, 2017(9), 1–13. https://doi.org/10.7717/peerj.3681
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i2.17642
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .