Kompetensi Kepribadian Pendidik Berdasarkan Manuskrip Maharaja Imam Basiuni Imran Sambas Mas’alah Ichlas dan Tanggung Jawab

Annisa Rezki Eka Putri Wahyudi, Erwin Mahrus, Sahri Sahri

Abstract


. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Muhammad Basiuni Imran terkait kompetensi pendidik, dengan fokus pada sikap ikhlas dan tanggung jawab. Kompetensi pendidik tidak hanya mencakup kemampuan akademik dan pedagogik, tetapi juga aspek kepribadian yang mempengaruhi efektivitas dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif berbasis studi literatur, dengan pengumpulan data dari buku, artikel, jurnal, dan wawancara. Narasumber utama dalam penelitian ini adalah Dr. Erwin Mahrus, M.Ag, seorang akademisi dan penerjemah manuskrip Basiuni Imran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Basiuni Imran menekankan pentingnya nilai-nilai moral seperti kesabaran, kebijaksanaan, keikhlasan, dan tanggung jawab dalam profesi pendidik. Sikap ini menjadi fondasi utama dalam menghadapi tantangan pendidikan, mencegah konflik akibat perbedaan pemahaman, serta menciptakan lingkungan belajar yang harmonis dan kondusif. Selain itu, pemikirannya sejalan dengan standar kompetensi kepribadian pendidik yang mencakup sikap jujur, berwibawa, dan mampu menjadi teladan bagi peserta didik.Kesimpulannya, pemikiran Basiuni Imran memberikan panduan moral dan profesional bagi pendidik agar dapat menjalankan tugasnya secara efektif dalam membangun karakter dan kecerdasan peserta didik. Konsep ikhlas dan tanggung jawab yang ia tekankan memiliki relevansi tinggi dalam menjawab tantangan pendidikan modern serta dalam membentuk pendidik yang tidak hanya kompeten secara intelektual, tetapi juga memiliki integritas moral yang kuat.

 


Keywords


Kompetensi Kepribadian; Manuskrip; Basiuni Imran

Full Text:

PDF

References


Adrian, Y., & Agustina, R. L. (2019). Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Lentera, 175-181.

Afifah, Darmiyati Zuchdi dan Wiwiek. Analisi Konten Etnografi & Grounded Theory Hermeneutika Dalam Penelitian. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara, 2019.

Aliah B Purwakania Hasan, B. A. (2008). Pengantar Psikologi Kesehatan Islami. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Alimin, K. (2018, Januari-Juni). Buletin Perpustakaan UIN Suska Riau”, Naskah Kuno dan Urgensinya dalam Islamic Studies di UIN Suska Riau. p. 18.

Al-Jauziyyah. (2009). Jakarta: Maghfirah Pustaka.

an-Naisabury, A. Q.-Q. (1996). Risalatul Qusyairyah. Surabaya: Risalah Gusti.

Anwar, S. S. (2014). Tanggung Jawab Pendidikan Dalam Perspektif Psikologi Agama. Jurnal Ilmiah Psikologi Psympathic, 11-21.

Arraiyah, M. (2002). Sabar Kunci Surga. Jakarta: Khazanah Baru.

at-Tuwaiji, S. M. (2014). Ensiklopedi Manajemen Hati Jilid II. Jakarta: Darus Sunnah.

Bandaro, K. (1996). Suatu Study tentang Ilmu Dakwah, Tabligh, Khutbah menuju para Da'i Mubaligh dan Khatib Profesional. Padang: Syamza Offset.

Fajriyah, L. (2019). Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan (Studi Atas Implikasi Teoritis Pada Pembelajaran Agama Islam). Semarang : UIN Walisongo.

Famahatolase, S. M. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Profesional. Jurnal PPKn & Hukum, 36-66.

Getteng, H. R. (2014). Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Yogyakarta: Graha Guru.

Ghazali, I. (2014). Ringkasan Ihya’ ‘Ulumuddin, penerj. Fudhailurrahman. Jakarta: Sahara.

Hamrin, N. K. (2018). Ikhlas Dalam Beramal Menurut Mufassir. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Haris, D. M., & Rahim, R. A. (2017). Pemikiran Keagamaan Muhammad Basuni Imran. Al-Banjari, 161-185.

Hidayah, N., Rosidi, A. R., & Shofiyani, A. (2023). Konsep Ikhlas Menurut Imam Al-Ghazali dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Agama Islam. Urwatul Wustsqo, 190-207.

Hurgronje, C. S. (1419). Dar al-Malik: Abd Aziz.

Imran, M. B. (1339 H). Risalah Cahaya Subuh. Singapura: Al-Ikhwan.

Ismail, A. M. (1993). Muhammad Basiuni Imran (Maha Raja Sambas). Pontianak: Fisip UNTAN.

Jauhari, M. R. (2006). Keistimewaan Akhlak Islami, terj. Dadang Sobar Ali. Bandung : Pustaka Setia.

Jauziyah, I. Q. (2003). Madarijus Salikin, Pendakian Menuju Allah: Penjabaran Konkrit: Iyyaka Nasta'in Terj. Kathur Suhardi. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Jawas, M. Y. (2013). Amar Ma'ruf Nahi Munkar Menurut Ahlus Sunnah Wal Jama'ah . Bogor: At-Taqwa.

Junaedi, D., & Lia, S. (2019). Ikhlas dalam Alquran. Ta'lim JIAI, 34-42.

M.Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran . Bandung: Pustaka Bani Qusairy.

Mahrus, E. (2003). Pemikiran Fiqh Maharaja Imam Sambas Basiuni Imran 1885-1976. Pontianak : Yayasan Leluhur Nusantara.

Mahrus, E. (2007). Falsafah Dan Gerakan Pendidikan Islam, Maharaja Imam Sambas Muhammad Basiuni Imran (1885-1976). Pontianak: STAIN Pontianak Press.

Marhen. (2018). Persiapan Mubaligh Dalam Mengemas Materi Tabligh. IAIN Batu Sangkar, 65-79.

Mubarok, A. (2001). Psikologi Qur'ani. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Mukhlishin, H. (2022). Pemikiran-pemikiran Muhammad Basuni Imran di Bidang Pendidikan, Agama, Politik, dan Sosial. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 53-67.

Nahrowi, I. R. (2016). Ikhlas Tanpa Batas: Belajar Hidup Tulus dan Wajar kepada Sepuluh Ulama-Psikolog Klasik. Jakarta: Zaman.

Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Nasrullah, M.Sewang, A., Syamsudduha, & Said, N. (2018). Pembaharuan Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Basuini Imran (1906-1976). Jurnal Diskursus Islam, 135-155.

Pabali, H. M. (2003). Sejarah Kesultanan Sambas Kalimantan Barat Cet 1. Pontianak: Percetakan Romeo Grafika.

Parwanto, W. (2022). Muhammad Basiuni Imran: Tokoh Legendaris Islam, Sambas, Kalimantan Barat Abad 20. Al-Fanar, 57-70.

Perbedaan Kata ”Kebijakan” dan ”Kebijaksanaan” serta ”Mencolok atau Menyolok?”. (2016, April 11). Retrieved from Kementerian Pertahanan Republik Indonesia: https://www.kemhan.go.id/badiklat/2016/04/11/perbedaan-kata-kebijakan-dan-kebijaksanaan-serta-mencolok-atau-menyolok.html#

Pijper, G. (1985). Beberapa Studi Tentang Sejarah Islam di Indonesia (1900-1950) Terjemahan Tudjiman dan Yessy Augusdin. Jakarta: UI Press.

Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, cet III. Jogjakarta: Ruzz Media.

Prof.Drs.Sutrisno Hadi, M. (2002). Metodelogi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Rahmatullah, M. (2003). Pemikiran Fikih Maharaja Imam Kerajaan Sambas Basiuni Imran, 1885-1976. Pontianak: Bulan Sabit.

Ramadani, R. N. (2019). Konsep Ikhlas Perspektif Imam Al-Ghazali dan Hamka: Studi Komparatif . Journal of Chemical Information and Modeling , 9-25.

Riyani, N. U. (2022). Konsep Sikap Bijaksana sebagai Bentuk Pengendalian Emosi dalam Perspektif Teoisme. Jurnal Riset Agama, 778-793.

Rulitawati. (2018). Tanggung Jawab dan Otoritas Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam. Ad-Man-Pend, 101-108.

Sahrani, R. (2019). Faktor-faktor Karakteristik Kebijaksanaan Menurut Remaja. Jurnal Psikologi Sosial, 36-45.

Shihab, M. Q. (2007). Secercah Cahaya Ilahi. Bandung: Mizan.

Sriwati, I., Harlisa, & Syarif. (2023). Gambaran Manuskrip Al-Qur’an Hj. Rippun di Desa Pambusuang Kabupaten Polewali Mandar (Studi Kodikologi dan Filologi). El-Adabi Jurnal Studi Islam, 89-111.

Sukino. (2018). Konsep Sabar Dalam Al-Quran dan Kontekstualisasinya Dalam Tujuan Hidup Manusia Melalui Pendidikan. Jurnal Ruhama, 63-77.

Sunggono, B. (2005). Metodologi Penelitian Hukum. Jakarta: Pradnya Paramita.

Syarbini.A, & A, J. (2010). Dahsyatnya Sabar, Syukur & Ikhlas Muhammad SAW. Bandung: Kawan Pustaka.

Tamami. (2011). Psikologi Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.

Yunus, M. (1981). Kamus Arab Indonesia . Jakarta: Karya Agung.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i1.17462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya