Efektifitas Program Peer Teaching dan Dampaknya Terhadap Keterampilan Kolaborasi: Studi Kualitatif di MAN 1 Ketapang
Abstract
Pembelajaran abad ke-21 menuntut penguasaan keterampilan kolaborasi untuk menghadapi tantangan global. Salah satu pendekatan inovatif untuk mendukung keterampilan ini adalah program peer teaching, yang melibatkan siswa sebagai pengajar sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas program peer teaching di MAN 1 Ketapang dan dampaknya terhadap keterampilan kolaborasi siswa. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan dalam penelitian ini, melibatkan metode observasi, wawancara..Hasil penelitian menunjukkan bahwa peer teaching mampu meningkatkan keterampilan komunikasi, kerja sama, dan pemecahan masalah siswa. Selain itu, program ini juga meningkatkan rasa percaya diri dan tanggung jawab siswa sebagai tutor. Namun, terdapat tantangan berupa kesiapan siswa dalam peran sebagai tutor dan keterbatasan waktu pelaksanaan program. Solusi yang diterapkan meliputi pendampingan intensif oleh guru, pelatihan tutor, dan fleksibilitas jadwal.Temuan ini memiliki implikasi praktis bagi sekolah untuk mengintegrasikan program peer teaching sebagai bagian dari strategi pembelajaran kolaboratif. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan pada ruang lingkup lokus yang spesifik dan durasi waktu penelitian yang terbatas. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengkaji implementasi program di lingkungan sekolah lain dengan variasi konteks.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdelkarim, R., & Abuiyada, R. (2016). The Effect of Peer Teaching on Mathematics Academic Achievement of the Undergraduate Students in Oman. International Education Studies, 9(5), 124. https://doi.org/10.5539/ies.v9n5p124
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.
Akmal, N. (2019). Pengaruh Metode Peer Teaching terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Operasi Aljabar. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 10(2), 69- 77.
Anistyani, T. A., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 15-22.
Boud, D., Cohen, R., & Sampson, J. (1999). Peer learning and assessment. Assessment & Evaluation in Higher Education, 24(4), 413–426. Retrieved from https://pes.concordia.ca/docs/peer_ learning_and_assessment.pdf
Edy, E., & Maryam, S. (2022). Kompetensi Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 48–67. https://doi.org/10.56146/edusifa.v6i1.4
Evans, D. J. R., & Cuffe, T. (2009). Near‐peer teaching in anatomy: An approach for deeper learning. Anatomical Sciences Education, 2(5), 227–233. Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/pdf/10.1002/ase.110
Fakhrurrazi, F. (2016). Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 37(5), 3531-3542.
Fitriawati, H., Fadriati, F. & Imamora, M. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an Kelas IV di SDN 21 Sijunjung. El-Hekam: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 73-86.
Harper, G. F., & Maheady, L. (2007). Peer-mediated teaching and students with learning disabilities. Intervention in School and Clinic, 43(2), 101–107. Retrieved fromhttp://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.1016.1 925&rep=rep1&type=pdf
Kurniawati, A., Prasetiyo, A. F., Pratama, A. K., & Supardi, A. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Renang Gaya Dada di Sekolah Dasar. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 186-198.
Kusumaningtyas, E. (2016). Pengaruh Model Peer Education dengan Metode Storytelling terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar dalam Memilih Makanan Jajanan. Journal of Health Education, 1(1), 14-20.
Megawati, E. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Peer Teaching dalam Pengajaran Tenses pada Mahasiswa EFL. Deiksis, 11(01), 39-50.
Mufidah, H. A., & Tirtoni, F. (2023). Pengaruh Metode Peer Teaching terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(1), 72–84. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i1.11980
Novitasari, N., Tahir, M., & Affandi, L. H. (2021). Pengaruh Peer Teaching Method terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 26 Dompu. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 1(1), 18-23
Putri, D. Y. (2022). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Melalui Pengembangan Model Learning Cycle 7e Setting Peer Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 238-245
Rees, E. L., Quinn, P. J., Davies, B., & Fotheringham, V. (2016). How does peer teaching compare to faculty teaching? A systematic review and meta-analysis. Medical Teacher, 38(8), 829–837. Retrieved fromhttp://elib.vums.ac.ir/bitstream/Ha nnan/21780/1/2016 MT Volume 38 Issue 8 August %2822%29
Rusli, M., Degeng, N. S., Setyosari, P., & Sulton. (2020). Peer teaching: Students teaching students to increase academic performance. Teaching Theology & Religion, n/a(n/a). https://doi.org/10.1111/teth.12549
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.
Suhartono, S., & Rahma Yulieta, N. (2019). Pendidikan Akhlak Anak Di Era Digital. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 36–53. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.9
Suketi, E. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Lesson untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas 6 SD Negeri Tonjong 1 Kota Sukabumi. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 15–31.
Sumarni, E. (2022). Peningkatan Hasil dalam Belajar IPA Materi Ciri Khusus pada Hewan melalui Metode Peer Teaching. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(1), 136-154.
Vasay, E. T. (2010). The effects of peer teaching in the performance of students in mathematics. E- International Scientific Research Journal, 2(2), 161–171. Retrieved fromhttp://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.682.73 95&rep=rep1&type=pdf
Wahdah, N., Mubarak, M. R., Hamidah, H., Audina, N. A., & Ilmiani, A. M. (2022). Peer Teaching Method to Support the Students’ Learning Motivation In Arabic Speaking Skills During The Covid-19 Pandemic. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 5(2), 573–582. https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v5i2.11660
Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan 2(2), 1-17
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i1.17134
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .