Diskontinuitas Kurikulum Pendidikan Indonesia

Sopian Tamrin, Syamsu A Kamaruddin, Arlin Adam

Abstract


Pendidikan di Indonesia tidak pernah benar-benar dirumuskan secara mendalam dan beorientasi jangka panjang. Hal ini terbukti dengan perubahan kurikulum dari waktu-waktu. Kurikulum di Indonesia setidaknya mengalami perubahan sebelas kali. Perubahan tersebut paling sering terjadi pada transisi pergantian kekuasaan dalam pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji patahan historis kurikulum pendidikan di Indonesia melalui perspektif teori diskontinuitas Michel Foucault. Penelitian ini merupakan jenis studi literature dan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis historis. Data dikumpulkan melalui sumber literatur yang relevan, seperti artikel jurnal, buku, laporan penelitian, serta kebijakan pendidikan yang pernah diterapkan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kurikulum di Indonesia menunjukkan adanya perubahan diskursus dominan setiap rezim kekuasaan. Oleh karena itu, perkembangan kurikulum di Indonesia tidaklah bersifat linear dan berkelanjutan melainkan sekumpulan patahan historis dari waktu ke waktu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan yang lebih berkesinambungan dan berorientasi jangka panjang sangat diperlukan dalam perumusan kurikulum di Indonesia agar mampu menciptakan sistem pendidikan yang stabil dan berorientasi jangka panjang. 

Keywords


Kurikulum; Pendidikan; Diskontinuitas

Full Text:

PDF

References


Abidin, D., Retnaningrum, E., Dessye Parinussa, J., Sri Kuning, D., Manoppo, Y., & Made Kartika, I. (2023). Curriculum Development in Indonesia from a Historical Perspective. In Journal of Education Research (Vol. 4, Issue 2).

Adam, A., & Kamaruddin, S. A. (2024). Power, Knowledge, and Language Hegemony from the Perspective of Michel Foucault. 101~108 International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 6(1), 101–108. https://doi.org/10.56338/ijhess.v6i1.4746

Adventyana, B. D. , Asdiniah, E. N. A. , Afriliani, M. , Magdalena, M. , F. S. F. N. , &, & Prihantini, P. (2024). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Bagi Guru dan Peserta Didik.

Alhamuddin, A. (2014). SEJARAH KURIKULUM DI INDONESIA (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum).

Ananda, A. P. , &, & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa.

Asri, M. (2017). DINAMIKA KURIKULUM DI INDONESIA. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2). http://marifudin.wordpress.com/2011/06/18/sejarah-madrasah-di-indonesia/.

Beyer, L. E. , &, & Apple, M. W. (Eds. ). (1998). The Curriculum: Problems, Politics, and Possibilities.

Budio, S. , S. S. , Yanti, Y. , I. W. , &, & Kadri, J. (2021). Kebijakan Kurikulum Pendidikan Nasional (Kebijakan Kurikulum 1975, Kurikulum 1984, Kurikulum 1994 Dan Suplemen Kurikulum 1999, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004). Jurnal Menata: Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. https://jurnal.staiyaptip.ac.id/index.php/menata/article/view/264/244

D, R. (2024). Analisis Wacana Kritis Narasi Tentang Sukarno dalam Buku Teks Pembelajaran SMA (Kurikulum 1975, 1984, 1994, 2006, 2013). Digilib Uns.

Daniel, I. K. A. (2018). Historical, Political, and Societal Factors in Curriculum Design That Affect Academic Achievement in Nuba Mountains Region Schools.

Driver, F. (1985). Power, space, and the body: a critical assessment of Foucault’s Discipline and Punish. . Sage Journals , 425–446.

Erin Aprillia, Cut Nurhayati, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). PERUBAHAN KURIKULUM PADA PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 402–407. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.78

Foucault, M. , & Nazzaro, A. M. (1972). History, discourse and discontinuity. Salmagundi, (20), 225-248. Skidmore College.

Giroux, H. A. (1980). Critical Theory and Rationality in Citizenship Education. Curriculum Inquiry.

Hanipah, S., Jalan, A. :, Mopah, K., & Merauke, L. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. In Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI) (Vol. 1, Issue 2).

Haryono, P. , Ridani, H. A. , Setyandari, A. , & Ardiansyah, W. (2024). Manajemen Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. .

Hasibuan, A. T. , B. S. A. , Khairani, M. , &, & Siagian, E. A. ,. (2023). Telaah Kurikulum Dari Masa Ke Masa:Studi Evaluasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5.

Hoyle, E. (1969). How Does the Curriculum Change? I. A Proposal for Inquiries. Journal of Curriculum Studies.

Imron, M. (2018). Pengembangan Kurikulum 1994. INTAJUNA: Jurnal Hasil Penelitian, 2(1).

Insani, F. D., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (1947). Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat ini.

Izmi, A. (2017). Politik Kurikulum di Indonesia: Studi tentang Transisi Kurikulum 1964 ke Kurikulum 1968.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Made Intan Dharma Santy, N., & Nasution, M. (2024). Efektivitas Penerapan Kurikulum Merdeka Bermain pada Taman Kanak-Kanak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 290–299. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.529

Mark Bevir. (1999). Foucault, Power, and Institutions.

McHoul, A. , & G. W. (2015). A Foucault primer: Discourse, power and the subject. Routledge.

Miller, S. (1990). Foucault on discourse and power. Theoria: A Journal of Social and Political Theory, 76, 115–125.

Mubarok, A. A., Aminah, S., Nasional, I., & Roiba, L. (2021). Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia. https://doi.org/10.17467/jdi.v3i2.324

Muqorrobin, M. , &, & Nisak, M. (2018). Kurikulum 2004/KBK (Kurikulum Brbasis Kompetensi). INTAJUNA: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Produk Bidang Pendidikan Bahasa Arab, 2(1).

Rahim, A., & Ismaya, B. (2023). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Belajar: Tantangan dan Peluang. JSE: Journal Sains and Education, 1.

Retno, T., Sekolah, W., Atas, M., Amanatul, U., & Surabaya, U. (2022). Analisis Frekuensi Perubahan Kurikulum terhadap Konsistensi Pendidikan. In JOIES: Journal of Islamic Education Studies (Vol. 7, Issue 2).

Santika, G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau dari Kurikulum sebagai Sebuah Ide.

Sari, A. K., & Sirozi, M. (2023). Politik Pendidikan Islam Indonesia Masa Reformasi (1998-Sekarang). Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 20–37. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v10i1.3449

Soekmono, D. (1984). Kurikulum 1984. . Analisis CSIS, 5, 360–371.

Stein, S. (2017). The persistent challenges of addressing epistemic dominance in higher education: Considering the case of curriculum internationalization. . Comparative Education Review, 61, 25–50.

Talavaki, K. Z., Rahimi, A., & Aghajani, M. (2018). Examining The Foundations, Philosophical Schools, Principles and The Nature of Curriculum.

Tri Saputra Aditya Tri Saputra Sekolah Dasar Negeri, A., & Jakarta, D. (2023). Kurikulum 2013 ke kurikulum Merdeka : Revitalisasi Kurikulum Pendidikan di Indonesia (Vol. 2, Issue 2).

Wahyuni, F. (2015). Kurikulum dari masa ke masa (telaah atas pentahapan kurikulum pendidikan di Indonesia).

Wardhana, I. J. K. (2023). Historiografi Pendidikan Indonesia: Genealogi Pendidikan Karakter dalam Lipatan Kesejarahan. Jejak Pustaka.

Wicaksono, J. A. (2021). Kebijakan Pendidikan Nasional Dalam Perkembangan Kurikulum Di Indonesia. Ngabari: Jurnal Studi Islam Dan Sosial.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v13i1.16713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya