Pengembangan Materi Akhlak untuk Generasi Z di MAN 1 Ketapang

Ahmad Akbar, Mas’adah Mas’adah, Mochammad Pandu Agustiawan, Sukino Sukino, Triyo Supriyatno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan materi akhlak yang relevan dengan kebutuhan Generasi Z, khususnya dalam menghadapi tantangan moral di era teknologi digital. Teknologi digital menghadirkan peluang dan tantangan baru bagi siswa, seperti akses informasi tanpa batas, media sosial, dan pola interaksi virtual. Hal ini menuntut pembelajaran akhlak yang dapat membimbing siswa menjadi pengguna teknologi yang bijak dan bertanggung jawab.Pendekatan penelitian menggunakan metode kualitatif, melibatkan observasi, wawancara, dan evaluasi untuk memahami kebutuhan siswa di MAN 1 Ketapang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan materi akhlak berbasis pendidikan karakter meliputi lima tahap utama: analisis kebutuhan, penyusunan kurikulum berbasis teknologi, pengembangan materi yang relevan, implementasi pembelajaran, dan evaluasi dampaknya. Materi dirancang untuk membangun kesadaran siswa terhadap penggunaan teknologi yang positif, seperti memanfaatkan media sosial untuk kebaikan, menghindari penyebaran informasi palsu (hoaks), dan mencegah perilaku negatif seperti perundungan siber (cyberbullying).Evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang pentingnya etika digital, empati dalam komunikasi online, serta integritas dalam memanfaatkan teknologi. Peran guru sebagai fasilitator sangat penting dalam membimbing siswa menjadi generasi yang bermoral, adaptif, dan bijaksana di tengah perkembangan teknologi. Penelitian ini merekomendasikan integrasi nilai-nilai akhlak dengan literasi digital sebagai pendekatan strategis dalam pembelajaran di era digital

Keywords


Akhlak; Generasi Z; Pendidikan Karakter; Era Digital; Literasi Digital

Full Text:

PDF

References


Aditya, O. (2020). PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI AKIDAH AKHLAK

HUBUNGANNYA

DENGAN PERILAKU MEREKA SEHARI-HARI. Matriks: Jurnal Sosial Dan Sains, 2(1), 40–57.

Agustianti, R., Nussifera, L., Angelianawati, L., Meliana, I., Sidik, E. A., Nurlaila, Q., Simarmata, N.,

Himawan,

I. S., Pawan, E., & Ikhram, F. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Tohar Media.

Azis, A. (2020). Kesalehan Sosial dalam Bermasyarakat Islam Modern. Jurnal Mathlaul Fattah : Jurnal

Pendidikan Dan Studi Islam, 11(1), 54–70.

http://www.stitdaarulfatah.ac.id/journal/index.php/jmf/article/view/24

Basari, I., Al-ghazal, S., & Sobarna, A. (n.d.). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Bidayatul Hidayah

dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak Kelas XI Madrasah Aliyah. Bandung

Conference Series: Islamic Education, 745–749.

Damsy, Y. J., Supriadi, & Rivaei, W. (2020). Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengatasi Sikap dan

Perilaku Menyimpang Anak. FKIP Universitas Tanjungpura, 1(1), 1–11.

Daulai, A. F. (2017). TANGGUNG JAWAB PENDIDIKAN ISLAM. 7(2), 93–103.

file:///C:/Users/User/Downloads/6704-13749-1-PB-1.pdf

Faradiba, D. G., & Budiningsih, C. A. (2020). Pengembangan media komik berbasis pendidikan

karakter peduli sosial pada pembelajaran tematik-integratif. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan,

(2), 196–204.

Farazdaq Az-zahra. (2023). Integrasi Islam Dan Sains Serta ImplikasinyaDalam Teknologi Pendidikan.

Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 5, 86–88.

Hakim, A. R., & Sitorus, N. I. K. (2023). Menumbuhkan Sikap Dermawan Pada Peserta Didik Di

Lingkungan Sekolah. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(3), 183–189.

https://doi.org/10.59059/tarim.v4i3.226

Hapsari Wijayanti, S., Sihotang, K., Emmily Dirgantara, V., & Maytriyanti. (2022). Bentuk-Bentuk Etika

Bermedia Sosial Generasi Milenial. Jurnal Komunikasi, 16(2), 129–146.

https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol16.iss2.art3

Hasan, S., & Hidayati, L. (2023). Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Nussa dan Rara. Jurnal

Pendidikan Islam Nusantara, 02(01), 74–93.

Kamalia, D. N., & Hidayah, F. (2022). KONTEKSTUALISASI NILAI-NILAI AKIDAH DAN AKHLAK DALAM

NOVEL DIARY UNGU RUMAYSHA KARYA NISAUL KAMILAH TERHADAP MATERI AKIDAH

AKHLAK MADRASAH ALIYAH. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 6(1).

Kholipia, R. S., Sobarna, A., & Aziz, H. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe Make A Match pada Materi Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al Islam Yuppi. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 243–248.

Lismijar. (2019). Pembinaan sikap ikhlas menurut pendidikan islam. Jurnal Intelektual, 5(2), 83–

https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/proceeding/article/view/3754

Majid, M. F. A. F. (2020). Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mengaktualisasikan Sikap Toleransi Pada

Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 67–80.

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab

Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5),

–3071. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1229

Mulyani, S., & Subandi, A. (2020). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Melalui Group Whasapp

Reminder Berkala Dengan Metode Ceramah Terhadap Pemberian Asi Eksklusif Pada Ibu Pasca

Seksio Sesarea. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2),

–203. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11607

Nur ‘Afiatus Sa’adah, Udin, T., Jaelani, A., & Muhafidin. (2022). Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak

dalamFilm Serial Animasi Riko The Series dan Relevansinya Terhadap Materi Pelajaran Akidah

Akhlak di MI.JURNAL LENSA PENDAS, 7(1).

Pahrul, M., Azharullail, & Suparman. (2023). STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM

MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTS NW SAJANG. Tabiat Nahdlah:

Jurnal

Pendidikan, Sosial, Dan Dakwah, 1(1), 13–17.

Pratiwi, T. (2018). Konsep Kehormatan Manusia dalam al-Qur’an dan Relevansinya dengan

Kehidupan Masyarakat Modern (Studi Tafsir Tematik). Thesis, 1–87.

Rahayu, E. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO

VISUAL SISWA KELAS VI MI NU 50 MLATIHARJO. 2(2), 690–700.

Rohman, F. T. (2022). Kekuatan Ikhlas Dalam Menggapai Sikap Toleransi. Spiritual Healing : Jurnal

Tasawuf Dan Psikoterapi, 2(2), 98–103. https://doi.org/10.19109/sh.v2i2.11643

Rukin, S. P. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Konsep Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam. Cross-Border, 4(2), 390–398




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i3.16586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya