Komparasi Desain Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Model Jerrold E Kemp,Walter Dick dan Lou Carey serta I Nyoman Sudana Degeng
Ahmad Akbar, Wahab ., Syamsul Kurniawan
Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah dalam mengorganisasi, menetapkan, dan mengembangkan strategi pengorganisasian konten pembelajaran pendidikan agama Islam melalui desain pembelajaran profesional pendidikan agama Islam (PAI). Sementara itu, teori yang digunakan dalam masalah ini adalah teori model desain pembelajaran yang merujuk pada pendekatan sistem, yang dikembangkan oleh Kemp, Dick dan Carey, serta model Degeng, di mana semuanya mencakup analisis kondisi pembelajaran, pengembangan strategi pembelajaran, dan pengembangan prosedur pengukuran pembelajaran.Artikel ini merupakan jenis penelitian kepustakaan, yang bersifat deskriptif-analitis. Metode berpikir dalam artikel ini menggunakan metode induktif, di mana pembahasannya menganalisis data dari fakta-fakta yang spesifik menuju fakta-fakta umum mengenai desain pengembangan pembelajaran PAI.
Hasil studi dalam artikel ini menunjukkan bahwa: (1) Desain pengembangan pembelajaran PAI dengan menggunakan model Kemp bertumpu pada empat elemen dasar perencanaan pembelajaran, yaitu siswa, tujuan, metode, dan evaluasi. Model desain pengembangan Dick dan Carey merujuk pada pendekatan sistem, sementara model desain pengembangan Degeng didasarkan pada variabel-variabel yang memengaruhi pembelajaran dalam bentuk tujuan dan karakteristik bidang studi, sumber daya dan hambatan pembelajaran, karakteristik peserta didik, tujuan pembelajaran serta isi pembelajaran, strategi pengorganisasian konten pembelajaran, strategi penyampaian konten pembelajaran, strategi manajemen pembelajaran, dan pengembangan prosedur pengukuran hasil pembelajaran. (2) Langkah-langkah dalam desain pengembangan pembelajaran PAI di sekolah dan madrasah meliputi: analisis standar kompetensi, bahan ajar, karakteristik siswa, pemilihan dan penentuan pendekatan, serta evaluasi hasil belajar.
Keywords
Komparas; Desain Pengembangan Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Arifai, A. (2018). Kompetensi kepribadian guru dalam perspektif pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1), 27–38.
Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131–147. https://doi.org/10.22373/jm.v7i1.1913
Chania, Dinda Nurazli. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Jerold E Kemp Terhadap Hasil Belajar Manajemen Keuangan Pada Progam Studi Pendidikan Akutansi FKIP Umsu Tahun A Kademik 2019/2020.” Journal of Chemical Information and Modeling 21 (1): 1–9.
Diknas,2015” Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMU” dalam Maksudin, Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam Pendekatan Dialektik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. (2008)Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo,
Fatimah, S. H. (2023). Desain Pembelajaran PAI Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Indonesia,
Program Studi Pendidikan Sosiologi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id