Kampung Sampah Bernilai (SALAI) Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Sempaja Timur Kota Samarinda
Abstract
Abstract. This research aims to analyze the awareness stage, capacity building stage, empowerment stage and to describe the factors that support and inhibit community empowerment. The research was carried out at RT 43, Sempaja Timur Subdistrict, with SALAI village administrators, empowerment facilitators, and the community of SALAI RT 43 village. This research used qualitative research methods and used observation, interview and documentation study techniques. Data analysis techniques are carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of research on Community Empowerment through the Valued Waste Village Program (SALAI), namely the awareness stage which is carried out by identifying needs and socializing the program to the community, the capacity building stage which is carried out by providing capacity through training programs, the empowerment stage is carried out by giving the community greater opportunities to take responsibility responsible for program sustainability. The supporting factors in community empowerment are community motivation and government policy, while the inhibiting factors in implementing the valuable waste village program are infrastructure.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha, A. M. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Penyandang Disabilitas Melalui Program Inkubator Bisnis Permata Bunda Pada Wilayah Binaan CSR PT Pupuk Kaltim Bontang.Skripsi. Universitas Mulawarman
Admin DLH. (Oktober,2019). Pengertian Dan Pengelolaan Sampah Organik Dan Anorganik. Diakses dari https://dlh.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pengertian-dan-pengelolaan-sampah-organik-dan-anorganik-13 pada tanggal 15 September 2023
Akbar, M. F. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Bank Ramli Ceseri Oleh CSR Pertamina Fuel Terminal Samarinda. Skripsi, FKIP. Universitas Mulawarman
Akhyadi, K. (2015). Pengembangan sumber daya manusia. Bandung: Alfabeta.
Andina, E. (2019). Analisis Perilaku Pemilahan Sampah di Kota Surabaya. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(2), 119-138.
Anggraini, F. F., & Djumiarti, T. (2019). The Process Of Community Empowerment In Integrated Waste Management In The Pedurungan Kidul Village Semarang City. Journal of Public Policy and Management Review, 9(1), 329-342.
Astuti, S., & Sukardi, T. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian untuk berwirausaha pada siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3).
Badan Pusat Statistik. Provinsi Kalimantan Timur, Jumlah Produksi Sampah di Kota Samarinda Tahun 2020-2022. Samarinda : Badan Pusat Statistik.
Darmawan, Dadan dkk. 2021. “Perencanaan Pengumpulan Data sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga Pelatihan”. Nonformal Education and Community Empowerment. Vol 5 No.1
Djarwo, C. F. (2020). Analisis faktor internal dan eksternal terhadap motivasi belajar kimia siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1-7.
Djaya, S. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Di Moderasi Kompensasi. Buletin Studi Ekonomi, 26(1), 72-84.
Endah, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat: Menggali potensi lokal desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135-143.
Ermi, N. (2015). Penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar materi perubahan sosial pada siswa kelas XII SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Sorot, Vol 10 No,2, halaman 155-168.
Irmawati, I. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Jagung Di Desa Tanah Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Karmila, K., Said, A., & Fatmawati, F. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa Berbasis Program Padat Karya Tunai Di Desa Tongkonan Basse Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(3), 966-979.
Kulla, T., Rumapea, P., & Tampongangoy, D. (2018). Kualitas sumber daya manusia dalam meningkatkan pembangunan desa tinggilbet distrilk beoga kabupaten Puncak provinsi Papua. Jurnal Administrasi Publik, 4(58).
Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan NonFormal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180 – 190.
Margayaningsih, D. I. (2018). Peran masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa. Publiciana, 11(1), 72-88.
Morseletto, P. (2020). Targets for a circular economy. Resources, Conservation and Recycling, 153, 104553.
Musa. (2017). Optimalisasi Peran Pemerintah dalam Pemberdayaan Masyarakat: Sebuah Tawaran dalam Mengentaskan Kemiskinan. Mawa’izh: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan. Vol. 8. no. 1.
Mustangin, M. (2020b). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656
Mustangin. (2020a). Local Resources Based Empowerment Through Non-Formal Education for Women Communities in Kampung Babakan Cianjur. Proceedings of the 1st International Conference On Lifelong Learning and Education for Sustainabiity (ICLLES 2019), 405, 107- 111.
Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah. Diakses dari. https://peraturan.bpk.go.id/Details/5295/pp-no-81-tahun-2012 pada tanggal 20 Oktober 2023
Rakib, M., & Syam, A. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Life Skills Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Produktivitas Keluarga Di Desa Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Jurnal Administrasi Publik. 6(1). 97
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-'Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54-64.
Santoso, A. A. P. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Desa Wisata Di Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. J-3p (Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintahan), 33-48.
Saptadi. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudi Mobil Roda Empat Di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28-34
Sitinjak, L., & Kadu, A. U. (2016). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester IV Akper Husada Karya Jaya Tahun Akademik 2015/2016. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 2(2).
Triwinarti, H. (2020) Komunikasi Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Kompetensi, 13(1), 16-23.
Wahyuni, S. (2021). Peran Pamong Belajar : Studi Naturalistik Terhadap Pamong Belajar Dalam Melaksanakan Layanan Program Pendidikan Non Formal. Pepatuzdu : Media Pendidikan dan Sosial Kemasyarakatan. Vol 17, No.2
Widiyana, Dini dkk. (2020). Pengaruh Sosialisasi Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Di Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Publika. Vol.8 No.1. halaman 46
Yunika, E dkk. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Binaan CSR PT. Badak NGL Berbasis Pendidikan Pada Pengembangan Ekowisata Kampung Selangan Bontang. SOSIO DIALEKTIKA, 7(2), 181-197.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i3.15984
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .