Pengaruh Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Surakarta

Haninda Nabila Rahmani, Wachidi ., Hafidz .

Abstract


April 2024 menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik sangat rendah, dikarenakan guru PAI dan Budi Pekerti di sekolah ini mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan memberikan tugas saja. Hal ini berakibat pada motivasi peserta didik di SMP Negeri 2 Surakarta menurun. Dengan demikian berdasarkan hasil evaluasi prestasi belajar peserta didik pada ulangan harian kelas 7 tahun ajaran 2023 / 2024 dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti juga rendah. Hal ini ditunjukkan dengan adanya nilai rata-rata kelas 60, dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40 dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65.

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pengaruh aplikasi Canva dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Surakarta; (2) Untuk mengetahui pengaruh aplikasi Canva dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Surakarta; (3) Untuk mengetahui efektifitas penggunaan aplikasi Canva terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik pada mata PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Surakarta.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi atau (Mixed Method) yaitu gabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Bentuk penelitian ini adalah bentuk penelitian sekuensial, karena menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Kuasi Eksperimen. Pada Penelitian Tindakan Kelas yang menjadi subjek penelitiannya adalah kelas 7C  dengan jumlah 31 peserta didik. Sedangkan pada penelitian Kuasi Eksperimen jumlah populasinya sebanyak 62 peserta didik. Sampel kelompok Eksperimen kelas 7E berjumlah 31 peserta didik dan sampel kelompok kontrol kelas 7F sejumlah 31 peserta didik.

                Tekhnik pengumpulan data pada penelitian PTK dengan menggunakan lembar observasi. Sedangkan tekhnik pengumpulan data penelitian Kuasi Eksperimen dikumpulkan melalui tes. Tekhnik pengolahan data pada penelitian PTK dengan prosentase. Sedangkan tekhnik pengolahan data Kuasi Eksperimen dengan t Test. Hasil penelitian PTK menunjukkan bahwa motivasi belajar pada siklus I dengan nilai sebesar 1,80, kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai 2,86 dan meningkat lagi pada siklus III dengan nilai 3,80. Hasil dalam penelitian Kuasi Eksperimen dari hasil perhitungan uji t-test taraf signifikasi 95% dari derajat kebebasan (db) = n1 + n2 = 31+ 32 = 63-2 = 61 dilihat pada ttabel yaitu 2,0024 diperoleh thitung = 5,443. Karena thitung >ttabel  maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka terdapat perbedaan prestasi belajar peserta didik diajar dengan  menggunakan aplikasi Canva dengan peserta didik yang diajar secara konvensional.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Bahwa aplikasi Canva berpengaruh signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Surakarta; (2) Bahwa aplikasi Canva berpengaruh signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Surakarta; (3) Bahwa aplikasi Canva efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik.

 


Keywords


Pengaruh; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Aplikasi Canva

References


Adiputra, Sofwan dan Mujiyati. 2017. Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta didik di Indonesia: Kajian Meta-Analisis, Jurnal Konselor, Vol. 6, No 4.

Faujiah, Nursifa Dkk. 2022. Kelebihan dan kekurangan jenis- jenis Media, Jurnal Telekomunikasi, Kendali dan Listrik, Vol. 3, No. 2.

Fuady rizal, Abdul Muthalib Arifin. 2018. Audio Visual in learning, Juornal -k6em Vol. 1, No. 2.

Idris Harun. 2021. Efektifitas Penggunaan Audio Visual terhadap Pembelajaran PAI, Potensi Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2.

Khumaedi Muhammad. 2021. Evaluating the Impact of Audio-Visual Media on Learning Outcomes of Drawing Orthograpic Projections, International Journal of Education and practice, Vol 9, No 3.

Latifah, Miqro Fajari. 2020. Analisis Penggunaan media pembelajaran terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik Abad ke 21, Jurnal Pendidikan, Vol. 5, No. 2.

Maesaroh, Siti. 2012. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Kependidikan, Vol. 1, No.1.

Mansur Umar, Mahgfur Ramdlani. 2019. Aplikasi Canva dalam Pembelajaran PAI, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 5, No. 1.

Nabila. 2021. Tujuan Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 2, No. 5.

Nasir. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Penddikan Agama Islam (PAI) berbasis Web, Jurnal Akademika, Vol 9, No.1.

Noeraida, Modul Guru Pembelajaran: Modul-Modul Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dan Implementasinya, ( Jakarta: aplikasi Canva Kemendikbud, 2016), hlm.38.

Nur Annisa, Ayudia. 2019. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Peserta didik di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol. 2, No. 2.

Rachman, Ainur, Anita Dkk. 2023. The Effect of Audio-Visual Based Problem Based Learning on critical Thinking Ability of Elementary Student, Jurnal cakrawala Pendas, Vol. 9, No. 3.

Roshayanti, F., Wijayanti, A., Purnamasari, V., & ... (2022). Analysis of Understanding and Readiness of Elementary School Teachers on the Implementation of the STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics …. … Social Sciences. https://knepublishing.com/index.php/KnE-Social/article/view/11960

Sarwinda, Khairani Dkk.2020. The Development of Audio-Visual Media with Contextual Teaching Learning Approach to Improve Learning Motivation and Critical Thinking Skills. Psycology, Evaluation, and Technology in Education Researc, Vol 2..

Sheilawati, Azzahra Bunga, Enung Hasanah. 2022. Strategi Pembelajaran untuk meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik SMP, JIMP Jurnal Inovasi dan Manajemen Pendidikan, Vol. 2, No. 2.

Untay, Royana dan M. Lubis Iman Nugroho. 2021. Pengaruh penggunaan Aplikasi Canva terhadap minat belajar Peserta didik pada pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Widya Wastara: Vol. 1, No. 1.

Wastiani, R., Taufiq, M., & Wijaya, A. B. (2023). Pengaruh Pendekatan Steam Berbasis Project based learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa SMP …. Jurnal Konatif …. http://jurnalkonatif.labschoolcibubur.id/index.php/JKJIP/article/view/10

Winarno winarno, Dkk. 2020. Effectiveness the Use of Audio-Visual Media in Teaching Islamic Relegion Education. International Journal of Contemporary Islamic Education, Vol 2, No. 1.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i3.15733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya