Efek Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics (Steam) Terhadap Kemampuan Kognitif dan Prestasi Peserta Didik di SMP N 13 Surakarta

Annas Fajar Rohmani, Waston ., Wachidi .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efek pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM terhadap kemampuan kognitif dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method research) yang menggabungkan penelitian tindakan kelas (action research) dan penelitian eksperiment (experiment research). Pada penelitian ini yang menjadi subjek yaitu peserta didik dengan jumlah 24, dan untuk populasi dalam penelitian ini yaitu 45 yang terbagi ke dalam kelas eksperiment dan kelas kontrol. Pada kelas eksperiment berjumlah 19 peserta didik, dan untuk kelas kontrol berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan test pada kelas PTK, dan untuk kelas eksperiment dan kelas kontrol menggunakan test prestasi belajar. Analisi data dalam PTK dengan menggunakan presentase yang menggambarkan adanya peningkatan kemampuan kognitif peserta didik, dan untuk kelas eksperiment dan kelas kontrol menggunaka uji t tet. Simpulan dalam penelitian ini yaitu pertama pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM dapat meningkatkan kognitif peserta didik yang dibuktikan adanya peningkatan di setiap siklusnya. Kedua pembelajaran dengan pendekatan STEAM dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik, dengan Ho ditolak dan Ha diterima. Ketiga pembelajaran dengan pendekatan STEAM efektif untuk meningkatkan kognitif dan prestasi belajar.

Keywords


Pembalajaran STEAM, Kemampuan Kognitif, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

References


Akbar, F., Waluya, B., & Susilo, B. E. (2023). … REPRESENTASI MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PENDEKATAN STEAM DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Euclid. https://ejournalugj.com/index.php/Euclid/article/view/9222

Asih, B. A., Parwati, D. R., & Susilo, B. E. (2024). Literature Review: The Effect of STEAM-Based Learning on Students’ Mathematical Learning Outcomes. PRISMA, Prosiding …. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma/article/view/3004

Audiana, M., & Rusnilawati, R. (2024). Pendekatan STEAM dengan Model Inquiry Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah …. Jurnal Basicedu. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7423

Dewi, A. W. T., Wulandari, I., & ... (2022). Instrument evaluation based on steam (science, technology, engineering, art, and mathematics) for fifth grade. Journal of Innovation …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIL/article/view/44997

Fadhila, S., Awalia, S. N. F., & ... (2022). Inovasi pendidikan digital di era pandemi. Prosiding Amal Insani …. http://prosiding.amalinsani.org/index.php/semnas/article/view/16

Fadillah, Z. I. (2024). Pentingnya Pendidikan STEM (Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Matematika) di Abad-21. JSE Journal Sains and Education. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jse/article/download/317/168

Fatimah, S., Suriati, S., & Usman, A. (2022). Pengelompokkan Tingkat Pemahaman Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Berbasis STEAM Menggunakan Metode X-Means Clustering. Explorer. https://journal.fkpt.org/index.php/Explorer/article/view/139

Hasibuan, R. H., Awaliyah, R., & ... (2023). Pendampingan Komunitas Guru PAUD dalam Merancang Capaian Pembelajaran Berbasis Muatan Literasi dan STEAM. … Inovasi Penelitian Dan …. https://www.journal.iel-education.org/index.php/JIPPMas/article/view/270

Hasnawati, H., Anggraini, D., & ... (2024). Analisis Buku Tematik Siswa SD Muatan Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) Ditinjau dari Unsur STEAM. Attadib: Journal of …. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/2702

Januardi, A., & Susiaty, U. D. (2023). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa dengan Pendekatan STEAM pada Open Class Materi Pola Bilangan. Juwara Jurnal Wawasan Dan …. https://pdfs.semanticscholar.org/09cb/8360fcdcb5608a1c91cb2cd1c10ea24d6785.pdf

Jelita, J., & Mazlan, M. (2023). The Effectiveness of the Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics, and Religious (STEAM. R) Approach on Students’ Concept Understanding in Science …. … , Pengajaran Dan Pembelajaran. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/8303

Jumarniati, J. (2023). Pembelajaran STEAM dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu. https://www.pusdig.my.id/pelita/article/view/315

JUWITA, R. (2022). Best Practice Membangun Keterampilan Proses Sains Melalui Model Project Based Learning Pendekatan Steam Materi Asam Basa Kelas Xi Ipa Sman 1 Bontang. … Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://www.jurnalp4i.com/index.php/learning/article/view/1581

Kho, R., Tyas, D., & Doo, K. (2022). Pembelajaran Berbasis Steam Bagi Guru-Guru SD Negeri Emereuw Kota Jayapura. Abdi Masyarakat. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/PB/article/view/4019

Kurniawan, I., Abdillah, R., & ... (2021). Sosialisasi Penerapan Metode Pembelajaran Steam Pada Kurikulum K-13. Indonesian Journal Of …. http://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/141

Lubis, E., & Rahmania, S. (2022). The Effectiveness of STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Math) to Improve Students’ Achievement in Electrochemistry. … : Chemistry Education Journal. https://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/Lavoisier/article/view/6733

Marta, R., Surya, Y. F., Viora, D., Sumianto, S., & ... (2024). Pelatihan Penggunaan Pendekatan STEAM Berbasis Proyek pada Pembelajaran Matematika di SDN 192 Pekanbaru. Dedikasi: Jurnal …. https://dedikasi.net/index.php/dedikasi/article/view/68

Maulana, B. S., Elfitria, L. S., Maftukhah, L., Islami, S. N., & ... (2022). Pengintegrasian STEAM pada Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa dalam Materi Geometri. Jurnal …. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/majemuk/article/view/459

Mulder, W., Khoiri, N., & Hayat, M. S. (2023). … media pembelajaran IPA berbasis web dengan pendekatan STEAM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik: The validity of web-based science …. Practice of The Science of …. http://jurnal.hafecs.id/index.php/hafecspost/article/view/31

Musyafiatun, M., & Hayat, M. S. (2022). Potensi Penerapan STEAM dalam Pembelajaran Pencemaran Lingkungan. Jurnal Kualita Pendidikan. http://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/view/155

Pahmi, S., Juandi, D., & Sugiarni, R. (2022). The effect of STEAM in mathematics learning on 21st century skills: A systematic literature reviews. Prisma. https://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/2039

Permana, I. S., Matsum, J. H., & ... (2024). Analisis Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematics) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 …. … (TEACHER) e-ISSN …. https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/teacher/article/view/3143

Purwaningsih, P., Munawar, M., & ... (2022). Analisis Pembelajaran Lingkungan Sosial Berbasis STEAM pada Anak Usia Dini. … Jurnal Pendidikan Anak …. https://www.murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/68

Riawati, E., Rosadi, K. I., & ... (2022). Penerapan Pembelajaran Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak Usia Dini. Journal of Educational …. https://journal.centrism.or.id/index.php/jer/article/view/141

Roshayanti, F., Wijayanti, A., Purnamasari, V., & ... (2022). Analysis of Understanding and Readiness of Elementary School Teachers on the Implementation of the STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics …. … Social Sciences. https://knepublishing.com/index.php/KnE-Social/article/view/11960

Safitri, N. A. (n.d.). The STEAM approach to Improve 21st Century Skills in Elementary Schools. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/view/65493

Shabrina, S. Z., & Sholihah, H. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar. EduCurio: Education Curiosity. http://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/126

Sriyanto, S. (2021). Pengembangan supervisi berbasis STEM untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Action Research Journal. http://journal.kualitama.com/index.php/arj/article/view/174

Sudiasa, I. B. P. (2022). … Dalam Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan STEAM Saat Melaksanakan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan …. Jurnal Nalar: Pendidikan Dan Pembelajaran. https://ejournal.fublin.id/index.php/jnalar/article/view/24

Susilowati, A. A., Wahyuni, T., & ... (2022). Aktivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi dengan Pendekatan STEAM: Pemanfaatan Wrapper dalam Mendesain Artificial Flower berdasarkan Konsep …. Ebook CGANT …. http://ebook-cgantunej.or.id/index.php/cgant/article/view/19

Tabiin, A. (2020). Implementation of steam method (science, technology, engineering, arts and mathematics) for early childhood developing in kindergarten mutiara paradise …. Early Childhood Research Journal (ECRJ). https://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj/article/view/9903

Wastiani, R., Taufiq, M., & Wijaya, A. B. (2023). Pengaruh Pendekatan Steam Berbasis Project based learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa SMP …. Jurnal Konatif …. http://jurnalkonatif.labschoolcibubur.id/index.php/JKJIP/article/view/10

Wiarta, I. W. (2023). STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS) APPROACH BASED ON PERFORMANCE ASSESSMENT OPTIMIZING HIGHER …. Synesis (ISSN 1984-6754). https://seer.ucp.br/seer/index.php/synesis/article/view/2667

Yulia, D. C., Rahmawati, Y., & ... (2024). Pendekatan STEAM-PjBL untuk Mengembangkan Scientific Creativity Siswa Kelas V Pada Topik Ekosistem dan Magnet. Cetta: Jurnal Ilmu …. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/3416




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i3.15714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya