Pendidikan Karakter Menurut Guru Haji Ismail Mundu

Reno Piansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan dan membahas Pendidikan karakter menurut  Guru Haji Ismail Mundu, peneliti menggunakan metode konten analisis yang terdapat pada karya-karya beliau. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa prinsip dan nilai Pendidikan karakter menurut Guru Haji Ismail Mundu yaitu 1) nilai religius, Guru Haji Ismail Mundu menganjurkan seseorang untuk berusaha dalam belajar Agama dan Ilmu yang berkaitan dengan Ibadah. 2) larangan fitnah dan mengumpat. 3) sikap dermawan, pada sikap ini Guru Haji Ismail Mundu mengajak untuk gemar bersedekah dari harta yang telah dititipkan Allah Ta’ala SWT. 4) Guru Haji Ismail Mundu melarang untuk bersifat tamak dan rakus


Keywords


Character Building; Guru Haji Ismail Mundu

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, R., & Kurniawan, R. R. (2022). Sedekah Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 1. https://osf.io/bhkcs/download

Ad, M., Nurmansyah, I., & Oktaviana, S. K. (2022). Biography of the Mufti Sultanate in West Kalimantan: H. Muhammad Basiuni Imran (1885-1976 AD) and H. Ismail Mundu (1870-1957 AD). 01(02), 91–108. https://doi.org/10.24090/jihm.v1i2.6958

Basri, H., Suhartini, A., & Nurhikmah, S. (2023). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MA Miftahul Ulum Kabupaten Purwakarta. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 1521–1534. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4269

Dewa, R. S., Lathifah, Z. K., & Indra, S. (2023). Konsep Kurikulum Pendidikan Akhlak Perspektif Imam Abu Hamid Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya Ulumuddin. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 1(5).

Firmansyah, H. (2023). Biografi Dan Pengaruh Guru H. Ismail Mundu Di Teluk Pakedai Kubu Raya. 8(4), 5570–5576.

Fitria, N. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona Dan Yusuf Qardhawi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Husain, M. (2016). Karya ulama dalam membangun kedamaian di Kalimantan Barat. Al-Qalam. http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/view/223

Jabbar, L. A., Mahrus, E., Bunsu, H., & Yapandi, Y. (2013). Sejarah Kerajaan Kubu. digilib.iainptk.ac.id. https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/4231/Sejarah Kerajaan Kubu___Buku Luqman AJ dkk.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Latif, U. (2015). Konsep fitnah Menurut Al-qur’an. Jurnal Al-Bayan, 22(31).

Mahrus, E. (2007). Falsafah dan Gerakan Pendidikan Islam Maharaja Imam Sambas Muhammad Basiuni Imran (1885-1976) (F. Ihwan (ed.)). Yayasan Pesisir, STAIN PONTIANAK PRESS.

Marzuki., D. (2015). Pendidikan Karakter Islam (N. L. Nusroh (ed.); ke 1). Impritn Bumi Aksara. https://staffnew.uny.ac.id/upload/132001803/penelitian/34. Pendidikan Karakter Islam.pdf

Mu’in, F. (2019). Pendidikan Karakter : Perspektif Teoritis dan Gagasan Praktis.

Muh. Idris. (2018). Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dan Thomas Lickona. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, VII, 77–102. https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran-bocah-sd-

Mundu, I. (1345). Khutbah Peresmian Masjid Batu.

Musawwamah, S., & Taufiqurrahman, T. (2019). Penguatan karakter dalam Pendidikan sistem persekolahan (implementasi PERPRES nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan Pendidikan karakter). NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 16(1), 40–54.

Muslih, M. (2022). Pendidikan Karakter Religius pada Peserta didik di Sekolah Dasar At-Tarbiyah Al-Islamiyah. Conference of ElementaryStudies, 254–260.

Nofiaturrahmah, F. (2018). Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 4(2), 313. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3048

Omeri, N. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044–1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457

Prof. Darmiyati Zuchdi, E. D., & Wiwiek Afifah, M. P. (2021). Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory, dan Hermeneutika Dalam Penelitian. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=YoM_EAAAQBAJ

Ramadhan, Y. L. (2022). Pendidikan Karakter Persepektif Thomas Lickona (ANALISIS NILAI RELIGIUS DALAM BUKU EDUCATING FOR CHARACTER). UIN Syarif Hidayatullah.

Rianawati. (2014). Implementasi Nilai -Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran. IAIN Pontianak Press. https://books.google.co.id/books?id=yhtaDwAAQBAJ

Ripai, M. M. (2018). Korupsi dalam Perspektif Al-Qur’an: Studi Terhadap Tafsīr Ṣafwat Al-Tafāsīr Karya Muhammad Ali Al-Ṣabūnī [UIN Sunan Gunung Djati]. https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/8711

Riyadhi, B. (2011). Guru Haji Ismail Mundu : ulama legendaris dari Kerajaan Kubu (N. Mujahidah (ed.)). Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Kubu Raya.

Salim, M. H., (Indonesia), P. L. dan K. K., & Masyarakat, S. T. A. I. N. P. P. P. dan P. pada. (2011). Sejarah Kesultanan Sambas, Kalimantan Barat. Kerjasama Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI dengan Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M), STAIN Pontianak. https://books.google.co.id/books?id=ez93MAEACAAJ

Sani, R. A., & Kadri, M. (n.d.). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=Vq_xDwAAQBAJ

Sistia, N., Putri, E., Setiani, F., Sandy, D. M., & Fath, A. (2023). Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 194–201. https://app.dimensions.ai/details/publication/pub.1166945052%0Ahttps://journal.umpr.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/5557/3493

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Tahir, M. (2013). Tamak dalam perspektif hadis. Jurnal Al Hikmah, XIV(1), 13–28. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_hikmah/article/view/413

Zakariya, D. M. (2020). Teori Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghozali. Tadarus, 9(1), 92–108. https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5463




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i3.15442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya