Moving Class: Eksplorasi Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 4 Makassar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustang, A. (2020). Filosofi Research dalam Upaya Pengembangan Ilmu. Multi Global, Makassar.
Ana Fitra T, Tugiman & Marwoto S. (2013). Pengaruh Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS 2 di MAN 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Riau.
Annezsa, F. (2014). Hubungan Presepsi Siswa Tentang Moving Class Dan Hasil Tes Prestasi Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas XI IPS Di MAN Jakarta. (Jurnal). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Didik Supriyanto. (2014). Meningkatkan Proses Pembelajaran Melalui Moving Class. Metodeing: Jurnal Program Studi PGMI. 1(1) 1-14.
Djola. (2017). Kelemahan dan Kelebihan Moving Class. Diakses pada 19 Oktober 2023. http://belajarpendidikanpkn.com
Ghony Djunaidi dan Fauzan Almanshur. (2012). Metodologi Penelitian kualitatif. JogJakarta: Ar‐Ruzz Media
Muflihatun, Hafidina Nur, & Suryani, Nanik. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar, Kompetensi Profesional Guru, dan Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Kepuasan Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 215-227.
Nur Azizah & Soejoto A. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Moving Class terhadap Hasil belajar Ekonomi Siswa XI IPS MA Raudlatul Muta'Allimin Babat Kota Lamongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1-7.
Picha. (2017). Hubungan Penerapan Moving Class dengan Hasil belajar Geografi di SMA Negeri 3 Prabumulih Tahun Pelajaran 2016/2017. digilib.unila
Rahmadanni Pohan. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Ssiswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Skripsi Fakutas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Ritzer, George. (2016). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Edisi kedua. Cetakan ke-12. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidikan. Bandung: Alfabet
Siti Maqnunah. (2022). Implementasi metode Moving Class dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Solehuddin, Dina, K.S. Arifin, Z. (2022). Konsep dan Metode Pengembangan Kurikulum. (Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Solehudin, Tedi Priatna & Qiqi Yuliati Zaqiyah, Konsep Implementasi Kurikulum Prototype, Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 4, (2022), hal. 7486-7495.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumindar & Lestari W. (2012). Metode Pembelajaran Moving Class Mata Pelajaran Seni Budaya dan Implikasinya terhadap Kemandirian Siswa di SMA Karangturi Semarang. Catharsis: Journal of Arts Education. 1(2), 16-21.
Syaiful Bahri Ddamarah. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa Pandem Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Widiasworo E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.
Yurni Suasti. (2009). Pengembangan Metoda Pembelajaran dan Moving Class Suatu Solusi Mengatasi Pembelajaran IPS. Arsip Universitas Negeri Padang.
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i2.14821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .