Moving Class: Eksplorasi Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 4 Makassar

Sri Utami Wulansari, Darman Manda, Supriadi Torro, Najamuddin Najamuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) menggambarkan penerapan metode moving class dalam pembelajaran sosiologi, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode moving class dalam pembelajaran sosiologi, (3) menganalisis dampak penerapan metode moving class dalam pembelajaran sosiologi di SMAN 4 Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposisive sampling, informan sebanyak 14 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 6 perempuan memiliki kriteria, siswa kelas 3 yaitu ketua kelas, siswa yang rajin masuk dan siswa yang sering membolos. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gambaran penerapan metode Moving Calss di SMAN 4 Makassar yaitu (a) tahap perencanaan dengan cara mengidentifikasi tujuan pembelajaran, (b) tahap pelaksanaan yaitu menciptakan suatu transformasi yang menekankan perpindahan ruangan sebagai strategi utama dan (c) tahap evaluasi itu dilakukan secara sistematis untuk mengukur pencapaian kompetensi yang telah ditentukan oleh guru. (2) Faktor pendukung penerapan metode moving class dalam pembelajaran sosiologi yaitu regulasi sekolah dan penerapan pelatihan guru. Sementara itu, faktor penghambatnya seperti minimnya sarana dan prasarana, serta siswa yang tidak bisa dikondisikan seperti ketidakdisiplinan siswa. (3) Dampak penerapan metode Moving Class dalam pembelajaran sosiologi yaitu dampak positif mencakup, (a) peningkatan kemandirian, kerjasama, dan kepedulian sosial, (b) meningkatkan motivasi belajar dan prestasi siswa, (c) terjadinya interaksi sosial ketika perpindahan kelas, (d) pengembangan keterampilan sosial, (e) kebebasan memilih tempat duduk. Selanjutnya dampak negatif, (a) peningkatan peluang siswa untuk membolos lebih besar dan (b) terpotongnya waktu yang di gunakan ketika perindahan kelas.

Keywords


Metode Moving Class; Pembelajaran Sosiologi; Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Agustang, A. (2020). Filosofi Research dalam Upaya Pengembangan Ilmu. Multi Global, Makassar.

Ana Fitra T, Tugiman & Marwoto S. (2013). Pengaruh Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XII IPS 2 di MAN 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Riau.

Annezsa, F. (2014). Hubungan Presepsi Siswa Tentang Moving Class Dan Hasil Tes Prestasi Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas XI IPS Di MAN Jakarta. (Jurnal). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Didik Supriyanto. (2014). Meningkatkan Proses Pembelajaran Melalui Moving Class. Metodeing: Jurnal Program Studi PGMI. 1(1) 1-14.

Djola. (2017). Kelemahan dan Kelebihan Moving Class. Diakses pada 19 Oktober 2023. http://belajarpendidikanpkn.com

Ghony Djunaidi dan Fauzan Almanshur. (2012). Metodologi Penelitian kualitatif. JogJakarta: Ar‐Ruzz Media

Muflihatun, Hafidina Nur, & Suryani, Nanik. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar, Kompetensi Profesional Guru, dan Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Kepuasan Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(1), 215-227.

Nur Azizah & Soejoto A. (2016). Pengaruh Pelaksanaan Moving Class terhadap Hasil belajar Ekonomi Siswa XI IPS MA Raudlatul Muta'Allimin Babat Kota Lamongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1-7.

Picha. (2017). Hubungan Penerapan Moving Class dengan Hasil belajar Geografi di SMA Negeri 3 Prabumulih Tahun Pelajaran 2016/2017. digilib.unila

Rahmadanni Pohan. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Sistem Pembelajaran Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Ssiswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Skripsi Fakutas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ritzer, George. (2016). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Edisi kedua. Cetakan ke-12. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidikan. Bandung: Alfabet

Siti Maqnunah. (2022). Implementasi metode Moving Class dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Alifya Tamansari Bondowoso. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Solehuddin, Dina, K.S. Arifin, Z. (2022). Konsep dan Metode Pengembangan Kurikulum. (Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Solehudin, Tedi Priatna & Qiqi Yuliati Zaqiyah, Konsep Implementasi Kurikulum Prototype, Jurnal Basicedu, Vol. 6, No. 4, (2022), hal. 7486-7495.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumindar & Lestari W. (2012). Metode Pembelajaran Moving Class Mata Pelajaran Seni Budaya dan Implikasinya terhadap Kemandirian Siswa di SMA Karangturi Semarang. Catharsis: Journal of Arts Education. 1(2), 16-21.

Syaiful Bahri Ddamarah. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa Pandem Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Widiasworo E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.

Yurni Suasti. (2009). Pengembangan Metoda Pembelajaran dan Moving Class Suatu Solusi Mengatasi Pembelajaran IPS. Arsip Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i2.14821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya