Strategi Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Hidayatullah Daik Lingga Kepulauan Riau

Romi Aqmal, Yahya Komarudin, Martanto ., Rajabbul Amin

Abstract


Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai peran dan fungsi strategis untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas tidak hanya dalam bidang keagamaan tetapi juga dalam bidang kewirausahaan. Strategi pengembangan pendidikan kewirausahaan di pesantren sangat perlu diterapkan. Berdasarkan tujuan penelitian, maka strategi yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini pengelola Pondok Pesantren Hidayatullah Daik Lingga bertindak sebagai informan. Hasil penerapan strategi manajemen yang baik mulai dari persiapan, pelatihan, pengolahan dan pengawasan telah memberikan hasil yang positif dalam meningkatkan dan mengembangkan sektor kewirausahaan di Pondok Pesantren Hidayatullah Daik Lingga. Diantaranya, pertama, melalui strategi seperti Sumber Daya Manusia, kedua, pengolahan lahan di sektor pertanian dan peternakan, dan ketiga, optimalisasi pelatihan di bidang penjahitan, pengemasan, dan pemasaran. Namun strategi penerapan ini masih menghadapi banyak kendala, seperti kekurangan tenaga ahli, keterbatasan lahan dan peralatan, serta manajemen waktu yang belum memadai.

Keywords


Strategy; Education; Entrepreneurship; Islamic boarding school

Full Text:

PDF

References


Aminah, S., Siregar, H., & Faturohman, N. (2023). Strategi Pengembangan Desa Wisata di Desa Cikolelet Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang Banten. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(3), 312–322.

Burhanuddin, H. (2014). Post-Tradisionalisme Pesantren; Mengukuhkan Tradisi Pesantren sebagai Basis Transformasi di Era Modern. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 1(1), 16–32.

Darim, A. (2020). Manajemen perilaku organisasi dalam mewujudkan sumber daya manusia yang kompeten. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 22–40.

Hidayat, A. N., & Ismelani, N. (2022). PERAN BALAI LATIHAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MASYARAKAT. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(4), 181–190.

Indriyani, S. (2017). Peran Wirausahaan Dan Ukm Untuk Mengatasi Pengangguran Dan Kemiskinan Ditinjau Dari Geografi Ekonomi Indonesia. Seminar Ekonomi Dan Bisnis (Snebis), 1(1).

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, H. (2017). FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA MANAJEMEN BISNIS SYARIAH FAKULTAS EKONOMI.

Nata, H. A. (2012). Manajemen pendidikan: Mengatasi kelemahan pendidikan Islam di Indonesia. Kencana.

Rafsanjani, H. (2016). Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2).

Rosyadi, I. (2014). Strategi pengembangan usaha mikro milik mahasiswa. BENEFIT: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(2), 111–122.

Silvia, S. (2019). E Modul Ekonomi kelas X: Konsep dasar ilmu ekonomi. https://cahayabangsa.sch.id/wp-content/uploads/2020/12/Kelas-X_Ekonomi_KD-3.1-2.pdf

SUKIMAN, S. (2022). FUNGSI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DALAM PENGEMBANGAN LIFE SKILL REMAJA DI TANJUNGKARANG BARAT BANDAR LAMPUNG [PhD Thesis]. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Triyawan, A., Nizar, N., & Mustika, A. (2019). Optimalisasi Strategi Pengembangan Usaha Unit-Unit Usaha Di Pesantren Gontor Putri Kampus 2. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Darusalam Gontor (221).




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.13552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya