Strategi Penguatan Nasionalisme Peserta Didik Berbasis Budaya Sekolah di SMA Negeri 1 Belitang

Tiar Hajunilato, Sumaryati .

Abstract


Semakin maju peradaban dan teknologi ilmu pengetahuan, disitu paham nasionalisme diuji apakah akan tetap eksis atau bahkan hilang terbawa arus globalisasi atau etnisitas. Nasionalisme adalah suatu pemahaman kebencian, dimana suatu bangsa dari suatu negara memiliki perasaan cinta terhadap bangsa dan negara tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penguatan nasionalisme berbasis budaya sekolah di SMA Negeri 1 Belitang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, dokumentasi, dan observasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Wakil Kepala sekolah bidang kesiswaan, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), dan 4 orang siswa SMA Negeri 1 Belitang, sedangkan objek pada penelitian ini adalah strategi penguatan nasionalisme berbasis budaya sekolah di SMA Negeri 1 Belitang. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penguatan nasionalisme berbasis budaya sekolah di SMA Negeri 1 Belitang adalah dengan pembiasaan program/peraturan sekolah seperti program 5s (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), menyanyikan lagu wajib di setiap kelas sebelum melakukan pembelajaran, pemasanagan poster pahlawan, Program Zone Armed (program militer bagi siswa baru), dan merencakan adanya buku skor pelanggaran peserta didik yang diguankan untuk mencatat saat peserta didik yang melakukan pelanggaran di sekolah, pembiasaan melalui ekstrakurikuler diantaranya: Organisasi Siswa Intera Sekolah (OSIS), Marching Band , Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRAKA), Praja Muda Karana (PRAMUKA), Palang Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan yang terakhir yaitu dengan pembiasaan Melalui kompetisi sekolah contohnya: kompetisi membuat gravitasi, kompetisi menyanyikan lagu wajib/daerah, kompetisi pentas seni kebudayaan daerah, kompetisi membuat film pendek tentang budaya lokal,dll.


Full Text:

PDF

References


Aulia, Z., & Trihantoyo, S. (2019). Strategi Kepala Sekolah dalam Membangun Karakter Siswa melalui Program Budaya Nasionalisme di MTs Negeri 2 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1).

Ferry Kurniawan, Ruslan, A. (2018). Pelaksanaan Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Pada Siswa SD Negeri Unggul Sibreh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7, 1–25.

Fusnika, F., & Tyas, D. K. (2018). Nilai Pembentuk Karakter Kebangsaan Pada Budaya Lokal Kee’Rja Banyau. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 126. https://doi.org/10.17977/um019v3i2p126-131

Hendrastomo, G. (2007). Nasionalisme vs Globalisasi ‘Hilangnya’ Semangat Kebangsaan dalam Peradaban Modern. Dimensia, I(1), 1–11.

Ismayanti1), A., & Rukman3), A. S. & A. A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah Menengah Atas Nasional Makassar. JURNAL ETIKA DEMOKRASI, III(1), 75–84.

Lan, T. J., & Manan, M. A. (Eds.). (2011). Nasionalisme dan Ketahanan Budaya di Indonesia: Sebuah Tantangan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suryono, A. Y. R. dan Y. (2020). Implementasi Delapan Metode Kepramukaan Sebagai Bentuk Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. JURNAL KEPENDIDIKAN, 13(1), 104–116.

Widiatmaka, P. (2016). Pembangunan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Di Sekolah Berbasis Agama Islam. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1), 25–33.

http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/301

Yusuf, N., & Rohmah, T. (2020). Konsep Nasionalisme Menurut Sayyid Muhammad Dalam Kitab Al-Tahliyyah Wa Al-Targhib Fi Al-Tarbiyyah Wa Al-Tahzib Dan Implikasinya Pada Pengembangan Karakter Cinta Tanah Air. 274–282.




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.13001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya