Application of the differentiated learning model To improve intensive reading skills in Indonesian Fiction Books

Andi Wapa, Ida Bagus Putrayasa, I Nyoman Sudiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kebijakan pendekatan proses dengan model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif buku fiksi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 19 siswa kelas VIII MTs Sabielil Muttaqien. Pada pertemuan pertama kegiatan membaca intensif 3 buku fiksi cerita yang sama dengan durasi maksimal 10 menit telah tercapai padahal durasi waktu membaca intensif banyak siswa yang mencapai batas waktu maksimal yang telah ditentukan. Pada pertemuan II dengan cerita yang berbeda, jumlah lembar yang sama dengan pertemuan I yaitu 3 lembar, dan durasi waktu yang berbeda dengan pertemuan I yaitu maksimal 8 menit dapat dicapai dengan durasi waktu yang lebih lama dibandingkan pertemuan I. Pada pertemuan III dengan cerita yang berbeda dengan pertemuan II, jumlah lembar lebih banyak dibandingkan pertemuan II yaitu 5 lembar, dan durasi waktu yang sama dengan pertemuan II yaitu maksimal 8 menit yang dapat dicapai dengan peningkatan durasi waktu bahkan dengan lebih banyak lembar cerita. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca intensif siswa semakin meningkat.


Keywords


Learning Outcomes; Reading Skills; Differentiated Models

Full Text:

PDF

References


Abdillah, L. A. (2021). Pengertian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya.

El Moutawaqil, N., & Nisa, A. F. (2023). Peningkatan Literasi melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 395–407.

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249

Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Penggerak. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 224. https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.14701

Laraswati, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Model Complex Instruction Dan Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Membaca …. 13(September), 341–354. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.500

Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898

Sugiyono. (2018). Penelitian Kuantitatif (p. 432). Alfabeta.

Suratimah, D. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. 1(2).

Tilamsari, B. Y., Komarayanti, S., & Purwaningsih, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X.3 Sman Rambipuji. ScienceEdu, 6(1), 48. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40001

Wapa, A. (2020). Influence of Creative Problem Solving To Study Result Social Sciences Study As Reviewed From the Multicultural Attitude of Students Class V Elementary South Kuta. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(2), 160. https://doi.org/10.22460/pej.v4i2.1774




DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.12808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan:

Program Studi Pendidikan Sosiologi 
Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Muhammadiyah Makassar 
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259 
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id   

Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)


 

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .

Lihat Statistik Saya