Application of the differentiated learning model To improve intensive reading skills in Indonesian Fiction Books
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kebijakan pendekatan proses dengan model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif buku fiksi pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 19 siswa kelas VIII MTs Sabielil Muttaqien. Pada pertemuan pertama kegiatan membaca intensif 3 buku fiksi cerita yang sama dengan durasi maksimal 10 menit telah tercapai padahal durasi waktu membaca intensif banyak siswa yang mencapai batas waktu maksimal yang telah ditentukan. Pada pertemuan II dengan cerita yang berbeda, jumlah lembar yang sama dengan pertemuan I yaitu 3 lembar, dan durasi waktu yang berbeda dengan pertemuan I yaitu maksimal 8 menit dapat dicapai dengan durasi waktu yang lebih lama dibandingkan pertemuan I. Pada pertemuan III dengan cerita yang berbeda dengan pertemuan II, jumlah lembar lebih banyak dibandingkan pertemuan II yaitu 5 lembar, dan durasi waktu yang sama dengan pertemuan II yaitu maksimal 8 menit yang dapat dicapai dengan peningkatan durasi waktu bahkan dengan lebih banyak lembar cerita. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca intensif siswa semakin meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, L. A. (2021). Pengertian Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas: Teori Dan Penerapannya.
El Moutawaqil, N., & Nisa, A. F. (2023). Peningkatan Literasi melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 395–407.
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249
Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Penggerak. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 224. https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.14701
Laraswati, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Model Complex Instruction Dan Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Membaca …. 13(September), 341–354. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i2.500
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898
Sugiyono. (2018). Penelitian Kuantitatif (p. 432). Alfabeta.
Suratimah, D. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. 1(2).
Tilamsari, B. Y., Komarayanti, S., & Purwaningsih, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X.3 Sman Rambipuji. ScienceEdu, 6(1), 48. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.40001
Wapa, A. (2020). Influence of Creative Problem Solving To Study Result Social Sciences Study As Reviewed From the Multicultural Attitude of Students Class V Elementary South Kuta. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(2), 160. https://doi.org/10.22460/pej.v4i2.1774
DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v12i1.12808
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Equilibrium: Jurnal Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diterbitkan:
Program Studi Pendidikan Sosiologi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
Alamat: Jalan Sultan Alauddin No 259
Email: jurnalsosiologi@unismuh.ac.id
Bekerjasama Dengan Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI)
Karya ini dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .